Home » , » Tips Membeli dan Memilih Ikan Koi

Tips Membeli dan Memilih Ikan Koi

Written By Harri Akbar on Senin, 02 September 2013 | 19.52

 
Tips Membeli dan Memilih Ikan Koi

Tips Membeli dan Memilih Ikan Koi (akuariumhias) -Menulis ini menjawab komentar / keluhan yang ditanyakan Pak Djatmiko di Klaten pada posting sebelumnya Tips pelihara ikan koi untuk pemula, Saya ingin Pak Djatmiko janganlah patah motivasi untuk coba pelihara koi. Kesabaran serta ketekunan dapat terbayar dengan sensasi keindahan serta kemolekan ikan koi anda. Yaitu lumrah bila baru pertama pelihara koi alami perihal demikianlah. Jadikanlah ini sebagai pintu awal anda memasuki dunia hobi penyayang binatang serta sebagai pengalaman pertama. Jadi repot serta sukar dikarenakan belum banyak tahu karakter, ciri dan karakteristik ikan koi beserta situasi lingkungan / habitat ikan tersebut. Di bawah ini bebarapa panduan beli ikan koi di pasar :

1. Carilah pedagang yang bisa diakui.
Banyak penjual ikan di pasar dengan beragam jenis type ikan koi yang di tawarkan. seluruh penjual mengklaim bahwa ikan koi kepunyaannya amat bagus serta datang dari keturunan bibit unggul. Anda dapat ajukan pertanyaan pada sebagian penjual atau rekan yang dulu beli ikan di pasar tersebut sebelum saat mengambil keputusan beli.

2. Beli ikan waktu siang / sore hari

Ikan koi umumnya didatangkan dari beberapa peternak saat malam hari dan hingga di pasar pada pagi hari. Sepanjang didalam perjalanan ikan alami situasi stress, area yang kecil dengan jumlah ikan banyak, goncangan didalam pengangkutan, oksigen kurang bikin ikan jadi mabuk serta kelimpungan pada pagi hari. 

Tips Membeli dan Memilih Ikan Koi

Hingga di pasar ikan segera dijual di area dengan sirkulasi air yang kurang. pergantian yang mencolok ini butuh penyesuaian yang cukup lama. waktu pagi hari tidak dapat dibedakan ikan yang sehat serta sakit. Siang/ sore hari baru terlihat ikan yang benar benar sehat senantiasa ada dibawah permukaan air. Pada pagi hari memanglah banyak type varian ikan baru datang, belum terjual hingga banyak alternatif pilihan. Tetapi butuh diketahui bahwa waktu siang/ sore hari, ikan fresh yang tetap ada yaitu benar benar sehat sehingga bisa dijual di besok hari lagi dengan efek kematian kecil. Berhati hatilah jangan sempat terbalik justru ikan yang tetap ada yaitu ikan sisa, tidak terjual dikarenakan sakit atau karena yang lain. Kematian ikan untuk penjual yaitu kerugian, untuk meminimalkan efek kematian, penjual yang nakal umumnya menentukan ikan yang dengan fisik terlihat bagus namun sesungguhnya didalam hitungan jam, barangkali ikan tersebut dapat mati sesampai di tempat tinggal.

3. Menentukan ikan sendiri

Menentukan ikan sendiri lebih bijaksana dari pada dipilihkan oleh penjual. Memilih ikan sendiri dapat memperoleh kepuasan tersendiri. Bila hasil pilihan nyatanya tidak cocok dengan selera di masa datang, dapat menambah pengalaman. yakinkan bahwa pengalaman yaitu yang sangat utama.

4.Ikan yang sehat, 

Ciri ciri ikan sehat salah satunya :
  • Ikan lincah serta sukar ditangkap
  • Senantiasa ada dibawah permukaan dibandingkan lainnya
  • Ikan terlihat fresh serta bersih
  • Tidak ada kutu/ parasit yang melekat di sirip atau ekor
  • Mata menonjol keluar ( tidak cekung )
5. Segera bawa pulang

Umumnya kita beli ikan di pasar senantiasa berbarengan dengan ritual lain contohnya ke mall, berkunjung ke kolega, saudara atau acara yang lain. Upayakan beli ikan adalah ritual paling akhir hingga ikan tidak terlampau lama turut keliling didalam plastik di mobil, kepanasan.

Demikianlah sedikit panduan beli ikan di pasar. semoga berguna. bila pembaca mempunya pengalaman lain silakan ditambahkan.

Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Ikan Hias | Akuarium Hias
Copyright © 2011. Akuarium Ikan Hias - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Akuarium Hias
Proudly powered by Blogger