Header Ads

Memelihara Ikan Piranha di akuarium

Memelihara Ikan Piranha di akuarium

Memelihara Ikan Piranha di akuarium (akuariumhias)- Ikan Piranha yaitu type ikan yg ganas, buas tanpa rasa takut. Bisa menggunakan daging hewan mamalia yg terjatuh di sungai hingga cuma tulang belulang saja.

Terlebih karenanya ada film-film yg meng-eksploitasi piranha sbg ikan yg ditakuti. Bila manusia tak sengaja jatuh ke sungai yg diisi ikan piranha, maka tanpa ampun dapat disantap hingga habis.

Sesungguhnya Mitologi keganasan ikan piranha tak seutuhnya benar seperti yg didengar atau dipandang dlm film-film tsb. Kurang lebih 20 an type ikan piranha di Amazon yaitu omnivora yakni tak saja mengonsumsi daging namun juga biji-bijian dari tanaman yg tumbuh di sungai-sungai Amazon.

Makanan utama piranha yaitu ikan-ikan di sungai-sungai Amazon seperti type cichlid serta catfish. Saat ukuran kecil, piranha mengonsumsi cacing, serangga juga sisik serta sirip ikan yg semakin besar. Ikan piranha kecil ini mendekati dng langkah diam-diam ikan yg di incar serta dng cepat menggigit sisik maupun sirip ikan tsb lantas lari..

Piranha yg hidup bergerombol seperti pygocentrus caribe, pygocentrus piraya umumnya melacak mangsa dng langkah berkelompok. Melacak tujuan ikan yg kurang sehat atau lemah, maka ikan tsb dng gampang terserang tanpa bisa lari menjauh.

Memelihara Ikan Piranha di akuarium
Saat musim anak-anak burung mulai belajar terbang, umumnya piranha caribe bergerombol di bawah ranting-ranting pohon yg ada di atas air sungai. Dengan tujuan menanti ada bayi burung yg terjatuh ke sungai. Sesudah mendarat di air, maka piranha dng cepat melahap, memangsa bayi burung hingga habis.

Piranha yg berkelompok yakni genus pygocentrus, umumnya dapat jadi ganas jika di saat musim kering, di mana air sungai rimba Amazon jadi surut. Mengakibatkan membentuk danau-danau kecil yg terpisah dari aliran sungai besar. Grup-kelompok piranha jadi terkurung di danau-danau kecil tsb. Ikan-ikan sebagai mangsanya makin lama menyusut atau tak ada lagi yg tersisa. Situasi itu bikin grup piranha jadi kelaparan serta kanibalisme pada piranha dapat berlangsung. Pada waktu tersebut, jadi beresiko jika ada manusia masuk berenang ke danau tsb, yg dipenuhi grup ikan piranha yg kelaparan.

Memelihara Ikan Piranha di akuarium
Masyarakat yg menempati sungai-sungai di Amazon telah faham situasi di mana ikan piranha dapat jadi beresiko seperti di danau-danau kecil yg ter-isolasi disaat musim kering serta di mana yg tak jadi ancaman. Mereka telah punya kebiasaan mandi serta menangkap ikan di sungai-sungai Amazon tidak ada rasa kecemasan digigit. Serta ikan-ikan piranha nyatanya yaitu type ikan yg enak utk dikonsumsi.

Ikan piranha sesungguhnya ikan yg gampang takut serta stress jika dipelihara di aquarium. Barangkali sebagian dari genus serrasalmus, seperti serrasalmus rhombeus spesimen dewasa. Menurut Hobbyist memiliki temperamen yg berani serta dapat menggigit apa saja yg masuk ke dlm aquarium, terhitung jari tangan si Hobbyist. Namun itu lebih di karenakan didorong oleh insting teritorialnya. Jadi mesti ber hati-hati bila akan lakukan suatu hal di bagian dlm aquarium.

Memelihara Ikan Piranha di akuarium
Piranha type red bellied nattereri (Pygocentrus Nattereri) yaitu yg umum dipelihara orang. Type ini banyak ada di karenakan gampang di kembang-biakan. Nattereri biasa hidup berkelompok serta dapat jadi gampang stress atau takut bila dipelihara cuma single saja didalam aquarium. Dengan itu baiknya pelihara type ini kian lebih satu ekor utk hindari ikan stress.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.