Hikarimoyo-mono (akuariumhias) -Yaitu keturunan dari perkawinan ogon dengan koi lain ( jika utsuri ), terhitung juga hariwake. yang masuk didalam daftar hikarimoyo-mono yaitu hariwake, yamabuki-hariwake, orange-hariwake, hariwake-matsuba, hariwake-doitsu, kikusui, serta iain-lain.

Hariwake yaitu koi yang memiliki pola emas serta perak, dengan kepala jernih. yamabuki-hariwake yaitu koi yang memiliki pola emas murni serta platinum. Orange-hariwake memiliki warna emas-oranye serta platinum, namun yang polanya layaknya jarum cemara diberi nama hariwake-matsuba, serta yang keturunan koi jerman dimaksud hariwake-doitsu. Kikusui yaitu sebutan untuk yamabuki-hariwake-doitsu yang badannya layaknya platinum serta memiliki hiasan cantik pada segi badannya. hyakunenzakura yaitu sebutan untuk kikusui yang memiliki hiasan berkilauan pada punggungnya.

Platinum-kohaku ( kin-fuji ) yaitu keturunan kohaku serta ogon. koi ini memiliki punggung yang putih berkilauan layaknya platinum. Yamatoni-shiki diberikan untuk menyebut hikarimono dari taisho-sanke yang sukses dikembangkan oleh seikichi hoshino pada th. 1965. koi ini memiliki badan yang serupa gumpalan platinum yang terlihat indah selama hari.

Hikarimono dari shusui diberi nama kinsui yang memiliki warna merah, namun bila tak ada merahnya bernama ginsui. sho-chiku-bai yaitu sebutan untuk keturunan ogon dengan ai-goromo yang memiliki pola berupa kerucut berwarna biru. Kujaku-ogon yaitu koi yang sukses diter-nakkan oleh toshio hirasawa pada th. 1960, yang disebut keturunan dari goshiki serta ogon. yang tetap keluarga koi jerman diberi nama kujaku-doitsu. yang paling akhir yaitu tora-ogon yang disebut keturunan dari ki-bekko. koi emas dengan sinyal tanda hitam pada punggungnya dimaksud tora-ogon.

Posting Komentar

 
Top