Header Ads

Ikan Terompet

Ikan Terompet (akuariumhias) -Famili aulostomidae adalah family yang amat spesial serta bertipe tunggal, ikan ini memiliki pipa-pipa yang memanjang dari ujung mulut ke sisi rahang serta mirip wujud terompet. ikan ini dikenal juga dengan nama ikan terompet. Ikan jenis aulostomids memiki bentuk yang menyerupai kuda laut. Spesies ikan terompet cuma terdiri dari 3 yakni aulostomus chinensis linnaeus, chinese trumpetfish, aulostomus maculatus valenciennes, trumpetfish.

ikan terompet

Nama aulostomidae datang dari bhs yunani yakni aulos yang artinya seruling/terompet serta stoma yang artinya mulut. nama ini diberikan dikarenakan wujud mulut berbentuk moncong yang panjang. Nama yang lain yaitu flutemouth, tetapi nama ini kurang popler serta jarang dipakai. ikan terompet tersebar di perairan tropis semua dunia. 

Ada dua type spesies di atlantik serta satu di indo pasifik. Ikan ini adalah penghuni terus terumbu karang serta menyenagi darah yang bersubstrat batu. ukurannya semakin besar dari ikan karang biasanya serta meraihpanjang sampai 1 mtr.

Wujud tubuh yang memanjang serta bulat sampai ke pangkal ekor. sirip punggung serta sirip anal berdekatan dengan ekor serta sirip punggung terleah dekat dengan sisi kepala. Nyaris sama juga dengan tubuh kuda laut, yang sisi tubuhnya amat tdak fleksibel dikarenakan susunan tulang yang kaku. 

ikan terompet
Tanda-tanda yang tidak sama dengan family syngnathidae yaitu panjang, pipa moncong berakhir dibagian rahang. dikarenakan wujud rahang yang unik ini berikan kekuatan untuk buka rahang dengan melingkar saat makan. 

Ikan terompet yaitu ikan carnivora. Bergerak mengintai mangsa dengan perlahan tempat lantas dengan sekali gerakan meyergap secepat kilat menerkam mangsanya. Mulut yang berupa tabung berperan untuk menghisap makanan ke sisi rahan. makan ikan teropet yaitu larva ikan kan karang serta telur ikan. Ikan terompet tidak dikonsumsi manusia hingga jarang ditangkap, tetapi ikan ini terkadang diperdagangkan sebagai ikan hias. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.