Cara Mengepak dan Memperlakukan Ikan Koi (akuariumhias) -Para Hobiis biasanya sering sekali membeli ikan hias jenis koi, dan tidak jarang ikan koi tersebut harus mengalami proses pengiriman yang jauh, berikut adalah cara mengepak dan memperlakukan koi dari proses pengepakan s/d sampai ke tujuan.

Pertama, sediakanlah kantung plastik yang berdiameter ( lebar ) 50 cm selama ± 160 cm. plastik tersebut diikat di bagian tengahnya dengan jalur membelitkan sisi ujung yang satu dengan lain-nya. Lantas ke-2 mulut plastik dipertemukan atau dengan kata lain plastik tersebut dibikin rang-kap dengan sisi didalam serta luar sama panjangnya.
mengepak ikan hias
Langkah selanjutnya yaitu mengisi plastik dengan air bersih yang telah mencukupi syarat se-banyak lebih kurang 15 liter atau lebih kurang 12—13 cm tingginya. untuk melindungi perihal yang tidak diingin-kan, plastik hendaknya dicek dulu apakah bocor atau tidak. langkahnya yaitu gelembung-kan plastik serta memegang ujungnya. Air didalam plastik digoyang-goyangkan untuk mengecek bocor tidaknya plastik. sesudah meyakini plastik tidak bocor, dapat diikuti langkah selanjutnya.

Ikan-ikan yang telah diberok sepanjang 1 - 2 hari, Lantas dimasukkan ke didalam kantung yang sudah diisi air. Penangkapan dikerjakan dengan serokan yang halus untuk menghindar stres pada ikan serta luka yang tidak dikehendaki. jumlah ikan atau banyak-nya ikan yang dimasukkan sebaiknya cocok dengan ketetapan tersebut diatas. Dikarenakan umumnya ikan yang dibeli berukuran telah besar maka ketetapan berat badanlah yang sebaiknya digunakan. enam ekor ikan koi yang berukuran tiap-tiap 1/2 kilogram cukup dikemas didalam sesuatu kantung plastik yang lebarnya 50 cm serta tinggi 60 cm ( sesudah diikat kedepannya ).

Sesudah ikan masuk, udara yang ada didalam plastik dikeluarkan. dengan jalur mengurut plastik dari ujung sampai permukaan air, maka udara dapat keluar serta yang tinggal cuma air serta ikan.
Pengangkutan tertutup memerlukan oksigen murni untuk pernapasan koi. Selang oksigen dimasukkan ke didalam plastik serta dipegang pada leher kantung plastik. lantas dengan hati-hati kran oksigen di buka serta oksigen murni dapat mencukupi kantung plastik. Sebelum saat plastik diisi penuh benar, kran dimatikan serta kantung mulai diikat dengan karet gelang.

Untuk melindungi jangan sempat bocor, sisa plastik dipelintir lebih dulu serta karet diikat berlawanan serta diakhiri dengan ikatan pada lipatan plastik. Untuk menjadikan area gerak ikan yang luas, penempatan kantung yang telah dikemas baiknya mendatar serta tidak berdiri.

Bila jumlah kantung sedikit, untuk lebih amannya kantung plastik dapat dimasukkan didalam kardus bekas. didalam jumlah banyak kantung plastik dapat dijejer dengan melapisi karung goni basah pada alasnya. karung ini untuk hindari masuknya benda-benda yang tidak dikehendaki yang dapat mengakibatkan kerusakan kantung plastik.

mengepak ikan hias
mengepak ikan dalam kotak stereofom
Untuk pengangkutan siang had yang terik, didalam kantung dapat ditambahkan bongkahan batu es agar suhu tidak naik sepanjang perjalanan. Pada pengangkutan jarak jauh umumnya pada kantung dengan kardus bekas tetap dilapisi dengan styrofoam atau gedebok pisang yang mungkin saja penghambat panas.

Bila kita mengangkut ikan dengan mobil yang dilengkapi ac ( air conditioning ) atau penyejuk ruangan, dapat semakin bagus bila kantung kita letakkan didalam mobil serta bukannya di bagasi yang umumnya panas.

Perlakuan setelah ikan sampai tujuan

Dikarenakan suhu air didalam kantung serta di kolam tidak sama, maka yang perlu kita kerjakan pertama kali yaitu membiarkan kantung plastik untuk lebih kurang 1/2 jam terapung didalam kolam. Maksudnya tidak lain untuk sesuaikan suhu pada air yang ada didalam kantung serta kolam. panas dari ke-2 media itu dapat saling merubah serta sesudah sama, ikan dapat dilepaskan. karet cukup dilepaskan serta mulut kantung ditenggelamkan, hingga air dari kolam dapat masuk ke didalam kantung serta ikan-ikan tersebut dapat keluar dengan leluasa.

Posting Komentar

 
Top