Alasan Ikan Aligator di Jatiluhur Harus Ditangkap !!  (akuariumhias) -Ikan aligator di Waduk Jatiluhur berpotensi membahayakan. Karena itu, musti segera ditangkap. Ahli ikan mengungkapkan  alasannya.
ikan aligator

Dosen Biologi Perikanan Fakultas Ilmu Perikanan serta Ilmu Kelautan (FIPIK) IPB, Sulistiono, pernah meneliti ikan di beberapa tempat. Dia juga membantu penanganan warga yg alami problem dgn ikan bermoncong buaya itu

Berikut lima komentar Sulistiono waktu berbincang dgn detikcom, Jumat (13/9/2013), tentang ikan aligator di Jatiluhur:

Bisa Memakan 600 Ekor Ikan
Menurut Sulistiono, ikan aligator memiliki perbandingan bobot serta makan 1:10. Artinya kalau dia berbobot 10 kilogram, maka ikan yg dimakan musti 100 ekor.

Ikan aligator masuk dalam golongan carnivora. Biasanya, mereka tahan untk tidak makan berhari-hari. Namun kalau di tempat tsb tersedia banyak makanan, ikan aligator dapat makan sebanyak-banyaknya.

Berdasarkan keterangan Kepala Balai Penelitian, Pemulihan, serta Konservasi Sumber Daya Ikan di Balitbang Kementerian Kelautan serta Perikanan, Fayukun Satria, bobot ikan aligator yg lepas di Jatiluhur meraih 60 kilogram. Artinya dia bisa makan ikan hingga 600 ekor!
ikan aligator

Populasi Ikan Jatiluhur Terancam

Bila satu ekor ikan aligator bisa memakan 600 ikan di Waduk Jatiluhur, maka populasi ikan di lokasi tsb terancam. Data dari pihak Balai Penelitian Pemulihan serta Konservasi Sumber Daya Ikan di Balitbang Kementerian Kelautan serta Perikanan, sedikitnya adanya 7-10 ekor ikan yg lepas dari jala nelayan.

Menurut Sulistiono, setiap ikan asing carnivora yg datang ke Indonesia, berpotensi menjadi hama. Seharusnya, para pemilik menjaga ikan itu dgn baik kalau menggunakannya sebagai ikan hias.

Ditambahkan dosen senior tersebut, tak adanya predator mengalami yg bisa memakan ikan aligator di Jatiluhur. Berbeda dgn di tempat asalnya, masih banyak ikan atau hewan lain yg bisa memangsa sang aligator.

Bobot Terberat Bisa 100 kilogram.

Berdasarkan catatan Sulistiono, ikan aligator terbesar yg pernah ditemukan merupakan sepanjang dua meter. Bobotnya meraih 100 kilogram.

Ikan tsb juga mudah berkembang biak. kalau adanya satu induk betina yg telah memiliki bobot besar, maka dia bisa bertelur hingga 400 butir. Dari jumlah itu, 10 persen di antaranya bisa tumbuh jadi ikan besar. Tak Cuma itu, umur ikan aligator juga cukup panjang. Bisa meraih puluhan tahun.


Bisa Menyerang Manusia?

Menurut Sulistiono, kalau ikan aligator itu berbobot lebih besar dari manusia, maka bisa saja manusia jadi target. Namun keadaan ini bisa berlangsung Cuma waktu populasi ikan di Jatiluhur telah tak ada "Bisa aja dia menyerang anak-anak, tetapi bukan dimakan," kata Sulistiono.

Karena itu, ikan aligator musti segera ditangkap. Pemilik ikan yg menangkarkannya di waduk Jatiluhur juga musti bertanggung jawab.

sumber :detik

Posting Komentar

 
Top