Header Ads

Tips Merawat Ikan Arwana dalam Akuarium


Tips Merawat Ikan Arwana dalam Akuarium (akuariumhias) -Ikan arwana bisa hidup baik di akuarium. walau demikian, ikan tersebut bisa hidup baik di akuarium jika akuariumnya dapat beri dukungan kehidupan arwana. akuarium yang layaknya apakah yang cocok untuk arwana ? inilah tips memelihara ikan arwana didalam akuarium. 

A. Akuarium serta perlengkapan yang mencukupinya. 
sukses tidaknya akuarium jadi yang nyaman untuk ikan arwana, amat di pengaruhi oleh kelengkapan fasilitas pendukungnya. 
  • Aerator. manfaat aerator atau pompa hawa yaitu menyuplai hawa ke didalam air akuarium sekalian menguapkan atau mendorong hasil sisa-sisa pernapasan ke luar dari akuarium. aerator dikatakan baik, bila arus listrik yang menggerakkannya kecil, namun hawa yang ditiupkannya relatif banyak. 
  • Heater serta thermometer. alat pemanas ( heater ) ini dibutuhkan pada saat suhu air akuarium turun dengan mencolok. namun alat pengontrol suhu air termometer juga dipasang didalam akuarium. di tempat dingin, heater serta termometer ini amat diperlukan. 
  • Filter. manfaat filter atau penyaring air didalam akuarium. filter ini berperan untuk menyedot air akuarium, menyaring serta mengembalikannya lagi ke didalam akuarium didalam situasi bersih. 
  • Lampu TL. keberadaan lampu tl, tak hanya menyinarkan sinar, juga untuk mempercantik tampilan akuarium. walau demikian, cahaya lampu tl justru bisa menyebabkan panas yang melebihi keperluan. idealnya untuk akuarium seluas 80 kali 40 cm membutuhkan lampu tl berdaya 20 watt. 

Rajin lakukan perawatan akuarium. tidak mau'>harus bila anda terlanjur menyukai ikan arwana didalam akuarium, anda mesti rajin lakukan perawatan. dengan perawatan yang baik, maka tampilan arwana didalam akuarium terlihat sehat, fresh serta mengasyikkan. 

B. Pemberian makanan yang cocok keperluan arwana. 
Makanan utama ikan arwana didalam akuarium yaitu kelabang. walau demikian arwana janganlah terus-menerus diberi kelabang. baiknya divariasikan dengan makanan lain. perumpamaannya : udang, kecoa, katak, lipan, kadal, ataupun jangkrik. 

C. Pengontrolan serta penggantian air. 
Tiap-tiap hari anda mesti mengontrol suhu serta ph air. adapun suhu air ideal untuk ikan arwana lebih kurang 25-27 derajat celcius. apabila suhu air dingin, segera nyalakan heater sampai suhu air cocok keperluan. namun ph yang dikehendaki lebih kurang 6-8, 5. andaikata ph terlampau rendah, maka tambahlah kapur kedalam akuarium. disamping itu, sanitasi air butuh di perhatikan juga, silahkan menyembuhkan air akuarium dengan malachite green, dengan frekwensi 3 minggu sekali. 

Serta janganlah lupa, air akuarium juga butuh diganti. tetapi penggantiaa air dipilahkan jadi dua, yaitu : 
penggantian air dengan reguler tiap-tiap 2 hari sekali dengan volume 10% dari semua volume air akuarium, dan 

Keseluruhan penggantian air dikerjakan tiap-tiap 3 bln. sekali. bila anda menggunakan air pam, baiknya dilewatkan 24 jam terlebih dulu supaya kandungan khlor mengendap serta sesudah itu arwana baru dimasukan kedalam akuarium. 

D. Penataan interior akuarium. 
kehidupan didalam akuarium adalah tiruan lingkungan hidup di alam bebas. oleh dikarenakan itu, butuh penataan interior didalam akuarium. perihal ini bermakna menuntut apresiasi estetika, hingga perpaduan pada keindahan akuarium dengan anggunnya ikan arwana sanggup menampilkan nuansa yang serasi. 

E. Tanaman air. 
Mengingat asal-muasal ikan arwana yang senang bersembunyi dibawah tanaman air, maka anda juga mesti sediakan tanaman air. ada sebagian type tanaman air yang bisa dipilih diantaranya : vallisneria spiralis, hidrilla verticillata, riccia fluiutana, higrophila polisperma, pistia stratiotes, najas indica. 

F. Pasir batuan. 
Pasir dipakai sebagai landasan peletakan batuan. baiknya anda menggunakan pasir sungai, yang tetap bercampur dengan humus. selain itu, anda juga butuh berikan batuan serta karang-karangan. ukuran batu yang ideal berdiameter 3 mm. batuan tersebut mempunyai beragam corak serta warna yang bermacam dan indah dilihat.

7 komentar:

  1. arwana memang hewan yang bagus unutk dipelihara , dari segi warna dan harga kedepanya :D

    BalasHapus
  2. betul sekali bro noor,ane pengen banget memelihara beberapa ekor tapi gak ada tempat lagi, akuarium sudah full dengan ikan discus ..

    BalasHapus
  3. Jadi pengen nambah koleksi aquarium lagi..

    BalasHapus
  4. Oh jadi gitu tuh cara merawat nya, makasih atas informasi nya saya jadi mau budidaya Jenis ikan arwana yang Mahal

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl dah jadi budidaya, kabar kabarin ya bro ...pengen main ke tempat ente ..

      Hapus
  5. Arwana saya Golden red ukur 18cm abz ganti air diakuarium mlh mabuk renang terbalik dan jadi angka 1 STLH beberapa jam trz mati pdhl filter dan pakan bersih trz udh pakai rendaman garam ikan 3jam...mohon bimbingan suhu?kurang apa saya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam satu Hobby Mas B,sejauh yang saya biasa lakukan adalah untuk penggantian air akuarium sebaiknya dilakukan 20% - 30% saja dari total air akuarium, hindari air yang langsung dari PDAM/air sumur, sebelum masuk akuarium biasanya saya endapkan airnya selama minimal 10- 12 jam barulah saya masukan berlahan lahan ke akuarium.

      Demikian semoga membantu

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.