Home » , » Budidaya Lobster Air Tawar

Budidaya Lobster Air Tawar

Written By Harri Akbar on Jumat, 04 Januari 2013 | 01.20

Budidaya lobster air tawar bila kita mendengar perihal ini, tentu kita dapat mengira satu perihal yang amat sukar, serta merepotkan. namun nyatanya dugaan itu tidaklah benar, dikarenakan budidaya lobster air tawar nyatanya amatlah gampang. mengapa saya dapat berargumen layaknya ini, dikarenakan perihal ini adalah pengalaman pribadi saya. Lobster air tawar atau nama yang lain red clawn. adalah golongan crustacea. mereka terhitung hewan carnivor bila dialam, mereka umumnya memangsa ikan-ikan kecil, layaknya ikan paray, benter dan lain-lain.

Bila kita pingin membudidayakan lobster air tawar, kita mesti menentukan pingin lebih condong ke arah pembenihan, atau pembesaran. bila kita pingin ke arah pembenihan, kita mesti lakukan perihal layaknya ini :

1. Langkah pertama yaitu memilih induk. induk lobster yang dipilih mesti telah cukup usia lebih kurang lebih kurang 1 tahunan. umumnya harga di pasaran untuk sepasang induk lobster harga nya lebih kurang 30 beberapa ribu.

2. Mempersiapkan area. berlebihan dari budidaya lobster yaitu media area hidupnya tidak membutuhkan tempat yang luas. namun cukup memakai akuarium, atau drum yang telah tidak terpakai. janganlah lupa berikanlah aerator sebagai alat bantu difusi oksigen di wadah area kita budidaya.

3. Lobster diletakkan di drum tadi dengan kepadatan populasi 2x1, maksudnya 2 betina dengan 1 jantan. tehnik ini telah dapat dibuktikan serta sukses. lobster tersebut dilewatkan sepanjang 2 minggu. sesudah 2 minggu, buang air di drum hingga setengahnya. serta angkat lobster betinanya, sesudah itu tengok apakah telah mempunyai telur.

4. Bila lobster betina tersebut telah mempunyai telur, pisahkan dari lobster jantan dikarenakan ditakutkan lobster jantan dapat mengonsumsi telur si betina. periode pengeraman telur ini lebih kurang 1 bln., sesudah 1 bln. umumnya telur dapat menetas, serta ada larva lobster yang jalan atau terlepas dari siinduk.

5. Tidak seluruh larva lobster dapat terlepas dari induknya, umumnya mereka dapat melekat. nah, jika mereka melekat layaknya itu. tehnik untuk melepaskannya, yaitu lewat cara memegang lobsternya lantas angkat hingga di atas permukaan air. reaksi dari lobster itu yaitu mengibaskan ekornya atau berontak. tentu larva lobsternya dapat terlepas dari sang induk. larva tadi siap dipakai untuk sistem pembesaran lobster.
Sesudah pembenihan sukses, larva lobster tadi dapat kita besarkan di akuarium maupun di drum yang kita bikin tersebut. larva lobster yang berusia 0-1 bln. Kita berikanlah tepung pelet lobster maupun tepung pelet udang 1 hari 2 x. bila kita pingin berikan makan lobster gunakan pelet yang berupa tepung, janganlah segera ditebar ke air dikarenakan tepung ini dapat mengambang di permukaan air. tehnik yang bagus yaitu, lewat cara mencampurkan dua sendok makan tepung pellet dengan segelas air. lantas diaduk-aduk hingga tercampur. lantas baru diberikan ke larva lobster.

Lobster yang berusia 1-3 bln. diberikan pellet udang yang berupa butiran, 1 hari 2 x. ingat, waktu pemberian makan lobster baiknya pagi serta malam hari dikarenakan lobster adalah hewan nocturnal. lobster yang berusia 3-6 bln. dapat diberikan pellet udang maupun pakan alami yakni cacing tanah. bila kita membiasakan lobster makan cacing, maka lobster dapat punya kebiasaan makan itu. hingga, lobster tak lagi akan makan pellet udang.
Gampang bukan hanya untuk sistem pembenihan lobster air tawar, umumnya bila kita ikuti kursus untuk pembenihan lobster air tawar dapat menggunakan cost yang tidak sedikit. oleh dikarenakan itu menurut saya cara yang sangat bagus yaitu mencoba sendiri. semoga informasi ini dapat berguna untuk anda. 

Share this article :

+ komentar + 1 komentar

23 Juni 2013 01.39

sampai umur berapa lobster bisa di panen

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Ikan Hias | Akuarium Hias
Copyright © 2011. Akuarium Ikan Hias - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Akuarium Hias
Proudly powered by Blogger