Home » , , » Pilihan Pakan : Membentuk Corak Ikan Oscar

Pilihan Pakan : Membentuk Corak Ikan Oscar

Written By Harri Akbar on Jumat, 04 Januari 2013 | 00.51

Pakan untuk ikan hias tak hanya untuk mencukupi keperluan gizi untuk hidup serta tumbuh, juga dibutuhkan untuk mencukupi keperluan pigmen ( zat warna ), menurut national research council, pigmen inilah yang dipakai ikan hias untuk membentuk serta mempercantik warna tubuhnya. tiap-tiap ikan hias nyatanya membutuhkan pigmen spesifik untuk memperanggun tampilannya, tidak terkecuali ikan oskar.

Dibalik tampilan berwajah yang seram, wujud mulutnya yang menakutkan, ikan oskar ( astronotus ocellatus cuvier ) mempunyai daya pikat tersendiri. daya pikatnya terdapat pada keindahan bercak-bercak kuning, jingga atau merah yang tersusun demikian indah serta membentuk sejenis batikan pada tubuhnya. dikarenakan nilai seni batikannya itu, oskar banyak digemari. kemolekannya ditentukan oleh ukuran luasan batik serta intensitas ( kecerahan ) warna batikannya. 
Oscar alami pergantian serta perubahan warna yang di pengaruhi oleh ketersediaan pigmen didalam tubuhnya searah dengan pergantian umurnya. ikan oskar yang berusia 2 bln. warnanya tetap buram. pertambahan usia 1bulan lantas, baru-lah timbul warna cerah di bagian leher. serta 2 bln. selanjutnya, tak hanya di bagian leher, di bagian tubuh yang lain juga mulai berwarna cerah. perubahan warna pada ikan oskar bisa dirangsang dengan pemberian pakan yang banyak memiliki kandungan pigmen. perihal ini berikan kemungkinan ditemukannya pakan yang bisa meningkatkan perubahan warna tersebut.
Jenis serta sumber pigmen

Pigment yaitu zat yang berikan mutu warna spesifik pada satu bahan ( ikan ), hingga terlihat oleh mata bahwa benda ( ikan ) tersebut berwarna. pigmen pada ikan tersimpan didalam tubuhnya dengan jumlah yang relatif terus, serta semakin banyak tersimpan pada sisik, kulit/kerangka luar, bulu serta sisi lain dari tubuh sebelah luar.

Ada 2 type pigment yang amat bertindak pada pewarnaan ikan, yaitu karotenoid serta melanin. karotenoid, inilah yang menyebabkan warna kuning, jingga tua/orange serta merah pada sisik, kulit/rangka luar pada hewan-hewan aquatic terhitung ikan. namun melanin, yaitu pigmen yang menyebabkan warna coklat hingga hitam. kadang-kadang, melanin juga bisa menyebabkan warna kuning atau merah. pigmen melanin terlebih bertindak didalam pergantian warna ikan dikarenakan dampak lingkungan atau internal dari didalam tubuh ikan sendiri. untuk situasi normal ( tak ada masalah lingkungan luar serta internal ) pigmen karotenoid-lah yang sangat memastikan mutu warna ikan.

Tetapi sayangnya ikan tidak dapat men-sintesa ( menyusun ) type pigmen ini. hingga kebutuhannya mesti dipenuhi dari luar yaitu dari pakan yang didapatkan. sumber pigmen yang baik yaitu pakan yang memiliki kandungan karetenoid type xanthophyll. 



Menurut penelitian national research council pada th. 1983, pakan yang memiliki kandungan 20 - 25 mg xanthophyll per kilogram bobot kering pakan telah bisa berikan pewarnaan ( pigmentasi ) yang baik untuk ikan-ikan hias. mutu pewarnaan dapat jadi lebih indah lagi apabila pakannya memiliki kandungan 50 -60 mg xanthophyll per kilogram bobot kering pakan.

xanthophyll macamnya berbagai macam. xanthopyll yang sangat bertindak didalam pewarnaan ikan yaitu pigmen kuning lutein, zeaxanthin serta xanthin. type xanthopyll yang diperlukan ikan bergantung dari spesies ikan serta mutu pewarnaan yang di idamkan manusia. dikarenakan tiap-tiap ikan mempunyai kekuatan yang tidak sama saat mengubah type karotenoid yang dicerna jadi type karotenoid yang dibutuhkan.

Pakan
Oscar tergolong ikan karnivora ( pemakan daging ). banyak type jasad pakan yang dapat dimakan oskar, diantaranya, cacing-cacingan, udang-udangan, beragam jenis serangga, serta ikan-ikan kecil. hobbies biasa berikan makan oskar dengan apa saja. bersua kecoak di kamar mandi, dikejar, ditangkap serta jadikan pakan untuk oskar. asal ikan itu akan makan serta hobies bisa nikmati keindahan cara oskar melahap mangsanya yang demikian enak ditonton.
Tetapi untuk beroleh mutu warna serta batikan oskar yang baik kurang cuma asal kenyang. tetapi yang lebih utama yaitu memperhatikan kandungan pigmen pakan yang didapatkan.

Pakan yang gampang didapatkan di pasaran atau di beberapa toko akuarium disamping pakan buatan, yaitu udang rebon serta cacing rambut. nyatanya udang rebon serta cacing rambut semakin bisa mencukupi kepentingan pigmen untuk ikan hias, terhitung oskar. tetapi kandungan pigmen pada udang rebon tambah lebih tinggi di banding cacing rambut. hasil perbandingan dampak pakan udang rebon ( acetes. sp. ), cacing rambut ( tubifex ), serta campuran keduanya menunjukkan bahwa pemberian pakan udang rebon-lah yang membuahkan warna batikan optimal yang condong lebih jingga atau merah.
Serta menurut hasil uji pengamatan mata ( organoleptik ) dengan udang rebon mutu warna batikan serta batikan oskar memperoleh nilai 8, 1. namun pemberian pakan campuran udang rebon serta cacing rambut pada ikan oskar cuma dapat memperoleh nilai organoleptik 4, 3 ( pengujian dikerjakan oleh : ester nuki urs, th. 1992 ).

Berlebihan lain pemberian pakan udang rebon untuk oskar yaitu dapat membuahkan luasan batikan yang berwarna jingga muda kemerah-merahan relatif lebih luas dibanding pemberian makanan pakan campuran.

Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Ikan Hias | Akuarium Hias
Copyright © 2011. Akuarium Ikan Hias - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Akuarium Hias
Proudly powered by Blogger