Home » , , » Budidaya Udang Hias Air Tawar

Budidaya Udang Hias Air Tawar

Written By harri akbar on Jumat, 25 Januari 2013 | 11.10


Budidaya Udang Hias Air Tawar (akuariumhias) -Tak hanya udang mengonsumsi, budidaya udang hias air tawar atau dwarf freshwater shrimp juga tidak kalah menjanjikan. dari sekian banyak varian udang hias air tawar, di antara yang sangat banyak jadi buruan yaitu red cherry atau dikenal dengan nama red cherry shrimp ( rcs ). 

Cocok dengan namanya, udang ini mempunyai warna basic merah dengan garis-garis putih berkilat dibagian punggungnya. wujud tubuh udang ini mungil dengan ukuran 1, 5 cm. ( cm ). tak hanya indah, udang ini dapat melindungi kebersihan akuarium. 

Lantaran keinginannya lumayan tinggi, saat ini beberapa orang mulai membudidayakan udang red cherry. di antaranya adalah setiawan budi, pemilik cv fajar alam jaya aquatic & plants di kota bandung, jawa barat. 

Ia mulai membudidayakan red cherry sejak th. 2003. namun, menurut budi, udang ini baru mulai booming didalam 1 tahun paling akhir. “udang red cherry senantiasa dicari beberapa pehobi ikan hias serta pasarnya terus meningkat dari th. ke th., ” tuturnya. 

Didalam 1 bulan, budi dapat jual sampai 60. 000 ekor red cherry. pelanggannya dimulai dari toko ikan hias sampai beberapa eksportir yang sering melempar udang ini ke pasar mancanegara. “kebanyakan yang berminat dari lokal, yaitu dari bogor, jakarta, serta lokasi lain di indonesia, ” jelasnya. 

Dengan harga jual sebesar rp 500 per ekor, budi dapat memperoleh omzet sampai rp 30 juta tiap-tiap bln.. udang red cherry yang ia lego rata-rata berumur satu sampai dua bln.. 

Budi katakan, harga red cherry dapat melonjak tinggi bila pembudidaya dapat mengeluarkan warna yang menawan. “harganya dapat meraih rp 2. 000 – rp 3. 000 per ekor, ” tutur dia. 

Tingginya keinginan red cherry, budi menyebutkan, tetap dapat berlanjut didalam satu tahun lebih ke depan. pasalnya, pehobi tanaman aquascape makin jadi tambah serta mereka biasanya memerlukan udang ini sebagai pembersih. “permasalahan utama didalam aquascape yaitu cepat dihinggapi lumut, serta lumut inilah yang dimakan oleh red cherry, ” papar budi. 

Tak hanya keinginannnya tinggi, budidaya udang ini juga relatif gampang. budidaya dapat dikerjakan di kolam ataupun akuarium. 

Pembudidaya yang lain yaitu zulfikri asal sidoarjo, jawa timur. ia mengakui, budidaya udang red cherry saat ini cukup menjanjikan. zulfikri sudah jadi pembudidaya udang hias terhitung type red cherry sejak th. 2008. 

Didalam 1 bulan, zulfikri memasarkan sekurang-kurangnya 2. 000 ekor anakan udang red cherry. harga jual per ekor rp 1. 000. tak hanya anakan, ia juga jual indukan red cherry dengan harga rp 5. 000 per ekor. 

Saban bln., zulfikri dapat menlego sejumlah 50 gunakan indukan red cherry. pelanggan zulfikri umumnya datang dari lokasi jawa timur, layaknya di kota surabaya serta sidoarjo. ( surabayapost )
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Ikan Hias | Akuarium Hias
Copyright © 2011. Akuarium Ikan Hias - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Akuarium Hias
Proudly powered by Blogger