Home » , » Tips Pembenihan Ikan Hias Black Ghost

Tips Pembenihan Ikan Hias Black Ghost

Written By harri akbar on Senin, 14 Januari 2013 | 01.52


Tips Pembenihan Ikan Hias Black Ghost (akuariumhias) -Ikan black ghost ( afteronotus albifrons, linneaus ) adalah di antara type ikan yang memiliki kesempatan usaha yang mungkin. ikan type ini belum banyak dikenal oleh penduduk namun sekarang ini sebagian entrepreneur ikan hias menghasilkan benih sebagai komoditas lokal ataupun ekspor. 

Black ghost datang dari sungai amazon, amerika selatan adalah ikan pendamai, yang ukurannya bisa meraih 50 cm, tubuhnya memanjang serta pipih dengan warna tubuh hitam. ikan ini digolongkan kedalam ikan pisau ( knifefishes ), dikarenakan dengan total wujud tubuhnya menyerupai pisau melebar dari sisi kepala serta badan lantas melancip dibagian perut. 

Kriteria mutu air media yang dikehendaki ikan black ghost yakni soft ( lunak ) serta condong asam, meskipun demikianlah black ghost relatif bisa hidup pada situasi air yang beragam. black ghost juga menentukan makanan type spesifik, bisa mengonsumsi pakan kering, beku ataupun makanan hidup, meskipun demikianlah lebih senang bila diberi pakan cacing rambut. 

Fasilitas serta bahan yang dibutuhkan untuk menghasilkan ikan black ghost yaitu : 

1. Wadah pemeliharaan & perlengkapan 

  • Akuarium ukuran ( 40 kali 40 kali 80 ) cm sebagai area pemeliharaan induk serta sekalian area pemijahan dilengkapi dengan area penempelan telur berbentuk baki plastik yang berisi batu, atau batang pohon pakis. 
  • akuarium ukuran ( 60 kali 40 kali 40 ) cm sebagai area penetasan telur. 
  • instalasi aerasi berbentuk blower, selang aerasi serta batu aerasi. 
  • peralatan lain layaknya selang untuk ganti air, soope net serta alat-alat pembersih akuarium ( sikat, dan lain-lain ) 

2. Pakan 

  • blood worm yang dipakai sebagai pakan induk. 
  • cacing rambut yang dipakai sebagai pakan ikan mulai usia + 2 minggu hingga dewasa. 
  • artemia, yang dipakai untuk pakan larva. 


Aktivitas operasional 

1. Pembenihan 
Aktivitas pembenihan meliputi pemeliharaan induk serta calon induk, pemijahan dan perawatan larva. 

1. 1. Pemeliharaan induk 
Perbedaan jantan serta betina ikan dewasa terlebih bisa dipandang dari panjang dagunya ( jarak pada ujung mulut dengan tutup insang ). pada ikan jantan, dagunya relatif lebih panjang dibanding dengan ikan betina. ikan jantan relatif lebih langsing dibanding dengan ikan betina yang memiliki wujud perut yang gendut. pada induk jantan dewasa, ada cairan putih ( sperma ) jika diurut sisi perutnya. induk black ghost bisa masak telur sesudah berusia lebih kurang 1 tahun dengan panjang + 15 cm. 

Induk betina serta jantan dipelihara didalam satu wadah berbentuk akuarium berukuran ( 80 kali 40 kali 50 ) cm, yang dilengkapi dengan instalasi aerasi dengan pakan berbentuk blood warm yang didapatkan dengan frekuensi 3 kali/hari dengan ( ad libitum ). perubahan air mesti dikerjakan tiap-tiap hari untuk buang kotoran-kotoran yang ada di basic akuarium serta melindungi mutu media pemeliharaan. 


1. 2. Pemijahan 
Pemijahan dikerjakan dengan masal didalam akuarium yang sekalian sebagai area pemeliharaan induk. perbandingan induk betina serta jantan yaitu 2 : 1. pada wadah pemijahan tersebut, diletakkan baki plastik berukuran ( 30x20x7 )cm yang berisi batu sebagai area penempelan telur serta di bagian sedang baki ditutup dengan baki berlubang ( 20x15x10 ) cm membuat perlindungan telur dari pemangsaan induknya sendiri. untuk akuarium ukuran ( 80 kali 60 kali 50 ) cm bisa dipelihara 10 ekor induk betina serta sangat sedikit 5 ekor jantan. 

Lingkungan area pemeliharaan serta pemijahan ikan black ghost umumnya dibikin relatif gelap, serta ikan ini memijah saat malam hari. menyambut terbit matahari, area penempelan telur berbentuk baki mesti segera di ambil serta dipindahkan ke area penetasan, untuk hindari pemangsaan telur tersebut oleh induknya. telur yang dipanen dari baki pemijahan + 200 butir/hari. 

1. 3. Penetasan telur serta perawatan larva penetasan telur dikerjakan di akuarium, serta dapat menetas pada hari ketiga. makanan berbentuk naupli artemia mulai diberikan pada hari ke-10 sesudah penetasan serta setelah itu diberi cacing rambut dengan ad libitum. 

1. 4. Pendederan serta pembesaran 
Aktivitas pendederan black ghost dikerjakan sesudah larva bisa mengonsumsi cacing rambut, yakni + berusia 2 minggu, hingga ikan meraih ukuran + 1 inchi dengan lama pemeliharaan 1 - 15 bln. namun aktivitas pembesaran ikan black ghost dikerjakan untuk meraih ukuran komersial, yakni 2-3 inchi. wadah yang dipakai bisa berbentuk akuarium atau bak dengan padat tebar 2 - 5 ekor / l. pakan yang didapatkan sepanjang pemeliharaan yaitu cacing rambut dengan ad libitum. ikan black ghost dengan ukuran 2 inchi bisa dicapai kurun waktu dua bln.. namun ukuran 3 inchi bisa dicapai dengan menambah waktu pemeliharaan sepanjang tiga minggu. penyiphonan untuk buang kotoran mesti dikerjakan tiap-tiap hari supaya mutu media terus terjaga. 

Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Ikan Hias | Akuarium Hias
Copyright © 2011. Akuarium Ikan Hias - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Akuarium Hias
Proudly powered by Blogger