Membuat Sendiri Chiller Pendingin Aquascape  (akuariumhias) -Tidak dapat dipungkiri agar perkembangan tanaman di aquascape dapat maksimal dibutuhkan suhu yang cocok dengan habitat tanaman. Jika suhu normal air di aquarium berkisar 30-35 celcius, yang sudah pasti kurang maksimal untuk perkembangan tanaman di air. Untuk mengantisipasinya kita dapat menempatkan chiller ( pendingin ) yang harga nya lumayan mahal. naahh... karenanya kita mesti dapat mengakali agar dengan biaya murah kita dapat terus turunkan suhu di aquascape lantas menjadi sekitar 26-27 celcius. 

Langkahnya?,  kipas angin sebagai pengganti manfaat chiller cukup mujarab. Suhu dapat turun hingga 26-27 celcius Untuk aquarium ukuran 100x50x50. Sesaat bila untuk aquarium ukuran besar dapat menambah dengan gunakan 3 - 4 kipas. Tinggal diatur saja posisinya. 

Berikut ini cara membuatnya : 
1. Bikin rancangan pola bahan baku untuk area menyangga kipas baiknya bahan yang transparan layaknya kaca atau acrylic. Namun semakin bagus menggunakan acrylic dikarenakan gampang untuk memotong polanya. Bikin pola gambar persegi panjang ukuran kira-kira  sama juga dengan bidang lebar akuarium. 

pola chiller aquascape
buat dahulu polanya



pola chiller
pola chiller dengan tiga dimensi



Lantas gambar lingkaran cocok dengan besar kipas yang dapat digunakan. cocokkan jumlah gambar lingkaran dengan jumlah kipas yang ada serta cocokkan dengan besarnya kuarium. janganlah lupa bikin lubang kecil untuk ventilasi udara dari akuarium. potong bahan cocok pola yang telah dibikin dengan gergaji besi agar hasil potongannya halus. gb. 1 gambar pola lingkaran

2. Merakit kipas sesudah bahan terpotong / berlubang cocok pola. bikin lobang dengan bor untuk posisi baut kipas. Baiknya pakai kipas ukuran 6-8 inchi. kipas ini banyak dijual murah di tempat toko elektronik atau di area jualan barang bekas umumnya banyak dengan harga super miring dan murah. 

pola aquascape chiller
pola chiller yang sudah final
Gunakan kipas dengan baut hingga kuat tidak goyang.Hal ini untuk menghindari dari lepasnya kipas jatuh ke akuarium.

3. Terapkan ke aquarium sesudah seluruh terakir, tinggal diterapkan ke aquarium. hati hati dikarenakan terkait dengan aliran listrik maka kabel mesti benar didalam situasi aman tidak ada yang menjuntai serta punya potensi nyemplung ke air. Kalau sampai nyemplung ke akuarium ya habislah isi akuarium kita.
penerapan chiller pada aquascape
chiller yang di pasang di aquascape

Yakinkan aman dengan menutup rapat celah-celah kabel dengan isolasi serta tersambung kuat. Untuk hindari arus kuat baiknya pakai kipas yang menggunakan arus dc.. langkah paling akhir tinggal colokan ke listrik serta simak didalam 1 hari suhu dapat turun serta tanaman dapat mulai tumbuh tunas baru dan makin subur.

Posting Komentar

  1. Thanks infonya bung akbar .
    idenya mantab , haha
    Kreatif , Efisien ,& Murah ,

    BalasHapus
  2. nanya juragan itu kipasnya sebagai intek fan atau exhaust fan. trim's

    BalasHapus
  3. kalo pake itu suhunya bisa jadi berapaan gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya bisa diturunkan sekitar 3 - 10 derajat celcius, tergantung suhu udara lingkungan juga.

      Hapus
  4. Makasih bang, ide nya ajib deh.. :D

    BalasHapus
  5. Ane pake kipas bekas CPU,d nyalain lngsung panas,trus kbakar,udah 2 kali coba tetep sama aja,mohon pencerahan'y gan😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. bro, untuk kipas sebaiknya disesuaikan dengan power supply yang anda pakai,tegangan dan ampernya, biasanya keluaran CPU tegangannya DC: 3,3V,5V dan 12V, power supply agan udah disesuaikan dengan tegangan kerja dan arus fan?

      Hapus

 
Top