cupang kawin
  
Cara Pemijahan Ikan Cupang (akuariumhias) -Bermacam warnanya nan indah dan kemolekan tubuhnya ikan cupang tak hanya di buat jadi ikan aduan juga adalah ikan hias yang cukup menghibur mata dikala penat beraktifitas. Dengan keindahannya itu, yang biasanya di punyai oleh ikan cupang pejantan, bikin ikan tersebut sombong. Perihal ini dapat tampak saat ikan cupang pejantan di asingkan untuk sebagian lama dari teman/keluarganya. Saat cupang jantan yang diasingkan itu di pertemukan kembali ke teman/keluarganya maka perihal yang dapat berlangsung yaitu sesuatu perkelahian yang sangat sengit.

pemijahan cupang
tempat memelihara anakan cupang

Tak ada alasan/motif yang menyebabkan perkelahian tersebut, barangkali hanya untuk memberikan kesombongan dengan kemampuan serta keindahannya, mereka saling menghancurkan wujud serta keindahan lawannya sampai di antara mereka jadi kalah.

pemijahan cupang
anakan cupang berumur 2 minggu

Dikarenakan wujud serta warnanya yang indah serta karakternya, ikan ini banyak yang ketertarikan untuk di memelihara ataupun di kembangkan. Adapun langkah pengembangbiakan ikan cupang amatlah mudah, Langkahnya yakni :
  1. Siapkan wadah yang yang cukup luas, berarti anda bisa dengan leluasa menangkap induk betina sesudah bertelur tanpa mengakibatkan kerusakan sarangnya. Ketinggian air lebih kurang 15-25 cm. letakan di area yang sejuk.
  2. Pastikan indukan ( jantan serta betina ) yang baik serta sehat. untuk jantan dapat di tengok dari mengkilatnya warna sisik, gerakannya agresif serta seritnya tidak tipis. Untuk betina yang telah masak kelamin ( di antara cirinya yaitu ada bayangan telur di lebih kurang perutnya berbentuk bintik-bintik putih )
  3. Masukan cupang jantan terlebih dulu ke didalam wadah, cermati tepian wadah, apakah jantan tersebut telah mulai bikin busa ?
  4. Masukan betina bila pejantan telah bikin busa tepian  wadah.
  5. Tutup wadah lantas tunggulah sampai 2 hingga 3 hari, lantas teliti situasi sarang. Bila ada butiran-butiran putih yang melekat di busa tersebut, cepatlah pisahkan/keluarkan induk betina dari wadah.
  6. Berilah makanan secukupnya untuk pejantan ( 2 jentik nyamuk atau sujung lidi cacing halus ). bermanfaat agar telur tidak dimakan oleh pejantan dikarenakan lapar.
  7. Benih dapat menetas sesudah 2-3 hari. sesudah berusia 3-4 hari di mana kuning telurnya telah hilang, benih cupang dapat di kasih makan biskuit ikan yang dihaluskan secukupnya, dikarenakan dapat meringankan dimakan saat biskut tersebut lunak, atau beri kuning telur tawar. janganlah beri kuning telur terlampau banyak dikarenakan dapat bikin air jadi keruh, bau, serta berminyak.
  8. Beri kutu air sesudah usia 1-2 minggu, lantas untuk mempercepat perkembangan bisa di kasih cacing halus. 
Demikian tips singkatnya semoga bermanfaat.

Posting Komentar

 
Top