Header Ads

Makanan Ikan Cupang

 Banyak pehobiis ikan cupang yang terkadang sulit menemukan makanan yang cocok yang berada di sekitaran rumah, dibawah ini mungkin akan membantu anda menemukan pilihan yang tepat bagi ikan cupang kesayangan anda :

1. Jentik nyamuk ( wiggler ) - akuariumhias

Pakan ini memiliki kandungan banyak protein yang baik untuk ikan cupang. pada musim kemarau, jentik nyamuk banyak diketemukan di air yang menggenang. bila pingin menghemat cost pakan ikan cupang, maka jentik nyamuk yaitu di antara jalan keluarnya. jentik nyamuk yaitu pakan ikan cupang yang sangat murah. umumnya petani ikan cupang hias memperolehnya dengan melacak di got atau parit.

Pemberian jentik nyamuk janganlah terlalu berlebih dikarenakan jentik nyamuk yang tidak termakan dapat beralih jadi nyamuk. berikanlah jentik yang berbentuk larva ( berdiri terbalik di permukaan air ), bukan hanya kepompong ( bulat terlihat layaknya bengkok ). jentik yang telah beralih jadi kepompong tidak baik untuk cupang, dikarenakan dapat mengakibatkan perut buncit serta selanjutnya mati.

Panduan untuk menentukan jentik nyamuk. jentik nyamuk yg di ambil dari alam umumnya tetap kotor serta bercampur dgn larva hewan lain. masukkan jentik nyammuk ke air es, dengan otomatis mereka dapat teler, jentik nyamuk dapat mengendap ke basic namun non-jentik nyamuk dapat mengambang. Jentik nyamuk di ambil dgn saringan halus, lantas dimasukan ke didalam air yg sudah ditetesi pk, dosis 1/2 tetes tuk ember ukuran 15 liter, ini tuk “membangunkan” jentik nyamuk, sesudah itu dicuci dgn air bersih serta siap di sajikan.

2. Cacing darah ( bloodworm )

Cacing ini sesungguhnya tidak terhitung type cacing, namun larva type nyamuk chironomus sp. serta umumnya dijual didalam wujud beku. walau proteinnya tinggi, namun cupang umumnya tdk tertarik untuk memakannya, dikarenakan telah mati.

Jalan keluarnya adalah berikan cacing darah hidup. cacing ini mempunyai kemungkinan bikin perut cupang buncit, dikarenakan cukup keras untuk dicerna.

3. Kutu air ( water flea )

Kutu air adalah makanan yang sangat baik diberikan pada anakan cupang yang telah menetas sesudah lebih kurang 4 hari. disamping itu ikan cupang yang telah dewasa juga suka kutu air lantas baik juga diberikan pada ikan cupang yang telah dewasa. berlebihan dari kutu air adalah mempunyai amat banyak protein yang diperlukan oleh anakan cupang serta juga gampang dicerna, oleh dikarenakan itu amat direkomendasikan bila anakan cupang diberikan kutu air sebisa-bisanya,

Kutu air juga ada dari alam atau dibeli di pedagang ikan. tetapi ktu air tidak senantiasa ada di alam, budidayanya lalu cukup sukar hingga harga nya cukup mahal di pasaran. perumpamaan kutu air yaitu moina serta daphnia.

4. Cacing sutra ( res water worms )

Cacing ini amat gampang ditemukan, baik di alam ( umumnya di bantaran kali ) atau di pedagang. tak hanya teksturnya halus, harga nya terbilang murah. jumlahnya biasa alami penurunan saat musim hujan.

Pakan ikan cupang yang satu ini amatlah bagus untuk mempercepat perkembangan ikan cupang serta membentuk ikan cupang kedalam wujud yang prima. jenis makanan yang satu ini yaitu jenis makanan alami tak hanya jentik nyamuk. Dibalik keunggulannya tersebut, cacing sutra ini mempunyai kelemahan yakni bikin air jadi lebih cepat kotor dari umumnya, dikarenakan itu upayakan sebelum saat berikan pakan ini ke ikan cupang, alangkah sebaiknya dibilas terlebih dulu agar ikan cupang dapat terhindar dari serangan penyakit.

5. Artemia ( brine shrimp )
 
Artemia yaitu embrio yang semula tertidur lantas terbangun. artemia bisa jadikan pakan ikan cupang dikarenakan artemia terhitung udang primitf yang terbentuk melewati sistem metamorphosis saat mereka bebas berenang.

Pemberian artemia pada ikan cupang mesti cocok dengan takaran serta janganlah terlampau banyak dikarenakan dapat mengakibatkan kematian pada ikan cupang. artemia yaitu makhluk hidup yang habitatnya di laut, oleh dikarenakan itu sebelum saat berikan ikan cupang makan artemia, upayakan di basuh terlebih dulu agar kandungan garamnya tidak terlampau banyak.

6. Microworms

Cacing yang amat halus, serta berwarna putih atau krem. pas untuk anakan atau dewasa. cacing ini terhitung gampang saat membudidayakannya.

Microworms yaitu makanan alami termurah yang bisa kita kultur sendri dengan gampang serta cuma membutuhkan area kecil untuk berkembang biak. cukup hanya satu kali beli atau mempersiapkan starter maka kita telah memiliki stock pakan hidup untuk selamanya. burayak ikan cupang dari usia 3 hari samapai 10 hari adalah saat-saat gawat di mana waktu itu burayak telah membutuhkan makanan dikarenakan cadangan kuning telurnya telah habis serta membutuhkan makanan dari luar. karenanya dibutuhkan makanan yang ukurannya amat kecil. microworm amat aktif meliuk-liukan tubuhnya hingga amat menarik perhatian burayak yang lapar untuk melahapnya.

Dampak yang dihasilkan saat burayak diberi pakan berbentuk microworm diantaranya menambah tingkat perkembangan burayak, menambah kecerahan warna, serta menambah kesehatan.

7. Kuning telur ( yolk )

Kuning telur dapat diberikan untuk burayak yang berusia 4 hingga 14 hari sebagai pengganti kutu air jika tengah krisis kutu air.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.