Ikan Cupang Plakat (akuariumhias) - ikan cupang plakat yaitu ikan cupang hias dengan wujud ekor yang lebih pendek atau biasa dimaksud ikan ekor pendek. cupang plakat datang dari thailand yang pertama kali mengembangbiakannya.

Pada th. 2000-an cupang plakat mulai dikenal luas oleh beberapa hobies di indonesia. dikarenakan pada mulanya lebih di nominasi oleh ikan type serit ataupun halfmoon. ikan cupang plakat pertama kali dibawa & diperkenalkan di Indonesia oleh henry gunawan, hermanus & joty atmadjaja. Pada th. 2003 pertama kali ikan cupang plakad di konteskan oleh inbs didalam pagelaran inbs award ii di gajah mada plaza, tetapai pada waktu itu tetap pada step eksebisi. Plakat sengaja di perkenalkan untuk menggairahkan pasar ikan cupang dalam rencana melawan boomingnya lou han. sejak itu ikan plakat semakin banyak penggemarnya dikarenakan tampak dengan warna baru & wujud yang amat unik. sukurnya ikan cuang mulai kembali di lirik beberapa penggemar ikan cupang.

Ikan cupang plakat pada awal kemunculannya memiliki ekor berupa layaknya skop atau spade tail dengan tulang ekor yang cuma dua cabang. Cupang yang layaknya ini biasa di sebut cupang plakat tradisional. mempunyai ujung yang memanjang. dikarenakan sirip dasinya atau ventralnya lebih panjang dari pada sirip bawahnya.

Didalam perubahannya plakat dikimpoikan dengan ikan cupang half moon, yang membuahkan ekor yang berupa 1/2 lingkaran mirip huruf d namun wujud besarannya tidak sebesar cupang half moon, lantas tampak lebih imut. serta memiliki tulang ekor yang semakin banyak untuk menyokong ekornya yang berupa half moon jadilah ikan type plakat halfmoon berekor pendek. apalagi ikan cupang plakat ekor mawar ( rose tail ) memiliki cabang ekor kian lebih 8 batang.

Persilangan plakat dengan double tail membuahkan plakat double tail atau cupang cagak ekor pendek serta simetris, yang juga menambah variasi ikan cupang hias, namun ikan cupang plakat cagak ini tetap belum banyak di pasaran untuk saat ini ini. Plakat simetris atau symmetrical plakat mempunyai sirip punggung ( dorsal ) yang tinggi serta lebar, dikarenakan mempunyai grn double tail yang resesif. tampilan ikan cupang plakat simetris amat menawan hingga oleh international betta congress ( ibc ) dimasukan ke didalam kelas tersendiri. untuk membedakan dengan plakat halfmoon & plakat tradisional.

Ada juga cupang plakat untuk dikembangkan agar tubuhnya tumbuh semakin besar & indah dibanding dengan cupang biasanya yakni ber ukuran lebih kurang 10 - 12 cm diukur dari ujung mulut samapai ujung ekornnya.Lantas besarnya lebih kurang 2 x besar ikan cupang normal. yang disebut persilangan pada cupang alam dengan plakat yang berbadan agak besar sebagaikan ikan type baru yakni ikan cupang giant plakat. tentang histori ikan cupang raksasa ( cupang giant ) telah saya ulas pada artikel histori ikan cupang raksasa pada peluang pada mulanya. Pada waktu pertama kali di perkenalkan di jakarta international betta show 2007 di arena flora 2007 lapangan banteng, jakarta pusat. ikan cupang cupang raksasa plakat ini dibandrol dengan harga US$1.000, - atau setara dengan Rp. 10.000. 000, - pada waktu itu.

Posting Komentar

 
Top