Yang perlu anda buat persiapan : 
  • Akuarium 
  • Substrat ( sabut kelapa, pasir pantai, pasir halus atau yang lain ) 
  • Area makan 
  • Dua area minum ( 1 untuk air tawar & 1 untuk air tawar yg di beri sedikit garam ikan ) 
  • Hiasan ( tanaman plastic, akar / ranting kayu, batu karang, dan lain-lain ). 
  • Lampu 
  • Mainan ( tali, bola kecil, tempurung kelapa, dan lain-lain ). 

kelomang cantik



Crabitat tidak kalah indahnya dengan aquascape. apa itu crabitat…. singkatan dari crab habitat yakni satu area yang disiapkan untuk pelihara crab/kepiting atau biasa dimaksud ( land hermit crab, kelomang, umang-umang, pongpongan ) dengan desain layaknya di alam aslinya. 

Merancang crabitat adalah pekerjaan yang mengasyikkan, serta rancangan yang benar dapat bikin kelomang peliharaan kita sehat, suka serta dapat berusia panjang. 

kelomang dalam akuarium

Silakan anda ikuti beberapa langkah seperti berikut : 
  1. Bersihkan akuarium anda, upayakan hingga bersih benar, upayakan dampak kimia bahan pembersih ( sabun, cairan pembersih, dan lain-lain ) hilang sekalipun, agar kelomang tidak keracunan. 
  2. Taburkan subtract ( rekomendasi : pasir pantai ) dengan tidak tipis pasir sekurang-kurangnya 3 kali ukuran kelomang yang sangat besar, contohnya ukuran kelomang yang sangat besar 5 cm, maka tidak tipis pasir yaitu 15 cm. makin tidak tipis pasirnya, makin suka kelomang. karena, saat kelomang bertukar kulit ( moulting ) dia dapat bersembunyi didalam pasir hingga sistem moulting selesai. 
  3. Letakan hiasan, mainan, area makan, area minum serta atur sedemikian rupa cocok dengan desain yang anda kehendaki. sebagian photo desain crabit bisa dipandang didalam album ini. 
ragam kelomang

Panduan pelihara kelomang : 
  1. Beri pakan buah yang berair, terlebih buah yang berbau harum serta telah masak ( jambu biji, mangga, apel, dan lain-lain ). Sesekali di kasi pakan udang yg dibakar ( amat disukai sekali ), namun janganlah terus-terusan, dikarenakan kotorannya mengakibatkan crabit berbau. 
  2. Bila cangkang / shell kelomang telah kotor, bersihkan dengan sikat halus atau kain yang lembut. 
  3. Sesekali semprotkan air tawar ( alat penyemprot diatur agar air yang keluar layaknya kabut ), perihal ini amat disukai kelomang, namun awas, jangan sempat terlampau basah terlebih subtract/pasir, karena dapat menyebabkan jamur yang beresiko untuk kelomang anda. 
  4. Siapkan cangkang/shell dengan 3 ukuran dari kelomang anda ( 1 ukuran lebih kecil, 1 ukuran yang sama, serta 1 semakin besar ). kelomang senang bertukar ‘rumah’.

Posting Komentar

 
Top