Sistem Filter Wet and Dry (akuariumhias) -Sistem ini dikenal juga sebagai filter tetes ( trickle filter ) bisa disebutkan adalah di antara ujud improvisasi dari filter biologi konvensional. Didalam filter biologi konvensional, media filternya ada didalam situasi terendam air. Namun didalam filter tetes, beberapa dari media filter tersebut sengaja di menonjolkank ke udara terbuka, hingga menciptakan sisi filter didalam situasi kering ( dry ).

Penciptaan situasi kering ini ditujukan untuk menambah efektifitas kinerja bakteri pengurai amonia. Didalam situasi demikianlah, kontak bakteri dengan oksigen dapat makin baik. Selain itu konidis ini lalu dapat meciptakan berlangsungnya susunan tidak tebal air yang dapat menyelimuti media filter, mengakibatkan kontak pada air dengan bakteri jadi tambah baik juga, sehingga air akan diolah dengan biologis dengan tambah baik juga.
system filter wet and dry
filter wet and dry

Pada gambar filter diatas menunjukkan diagram kasar sesuatu filter tetes. filter ini terdiri dari dua sisi utama, yakni sisi yang ada diatas air ( kering ) serta sisi yang ada didalam air. di atas media kering ada sesuatu sprayer yang dapat memecah air jadi butiran-butiran air ( tetesan ). tetesan ini sebaiknya terbagi merata pada semua permukaan media. air setelah itu dapat menjalar pada media dengan gravitasi, alami sistem dengan biologis, lantas jatuh ke sisi filtrasi basah. di bagian basah ini bakteri-bakteri yang hidup dengan kandungan oksigen lebih rendah dapat menggantikan pekerjaan bakteri-bakteri pada mulanya. Air lantas masuk kedalam area pompa serta dikembalikan ke akuarium.

Media didalam sisi kering bisa dipakai media filter biologi biasanya. walau demikianlah bioball bisa berperan dengan baik, dikarenakan bahan ini memanglah dibikin untuk type filter ini. Media di bagian basah yaitu juga media filter biologi biasa. Sebagian hobiis ada yang membiarkan sisi ini kosong tanpa media apa pun, walau demikianlah coba kerjakan test membandingkan hasil dengan serta tanpa media filter di bagian basah ini.

Spayer barangkali dibikin dengan melubangi satu lembar plastik atau bahan kaku anti karat yang lain dengan kepadatan spesifik hingga tercipta sebaran lubang seragam di semua permukaan. Air yang masuk sisi ini, baiknya adalah air prefilter yang sudah alami filtrasi mekanik pada mulanya. karena, bisa menghindar berlangsungnya penyumbatan pada media filter biologi.

Memahami prinsip kerja dari filter ini, anda mungkin dapat memodikasi sktesa tersebut di atas, sesuai dengan keperluan dan volume air kolam/akuarium anda.

Posting Komentar

 
Top