Header Ads

Standar Penilaian Ikan Cupang Kontes



Standar Penilaian Ikan Cupang Kontes (akuariumhias) -Sebagai penggemar cupang yang sudah sukses lakukan budidaya ikan cupang dengan mudahnya serta membuatnya sesuatu usaha. pasti seluruh perihal itu tidak jauh dari yang namanya kontes, dari semua dunia membanggakan ikan hasil breeding-nya sendiri-sendiri. bagaimana dengan nasib penilaian kontes ikan cupang plakat ?

Kita disini pasti dapat mencermati bagaimana seekor ikan cupang untuk turut didalam sesuatu kontes atau kejuaraan. seluruh ikan cupang yang dilombakan memiliki kelasnya tersendiri. serta juga memiliki cii-ciri atau wujud badan yang tidak sama dengan yang lain. bila pingin ikuti kontes serta pingin memenangkan kontes ikan cupang, maka perihal paling baik yaitu mempelajarinya dahulu sebelum saat mengikutkan ikan cupang anda di kontes ikan cupang hias. serta lagi untuk seluruh jadwal kontes yang dapat anda ikuti sudah disimpan jadi artikel di jadwal lengkap kontes ikan cupang internasional.

Layaknya saya, penyuka ikan cupang plakat mesti mencermati seluruh sisi dari tubuh ikan sebagai standar penilaian kontes ikan cupang plakat. seluruh itu mempunyai tujuan untuk memperoleh peluang untuk menang. nah, layaknya apa saja itu standar penilaian kontes ikan cupang plakat ? kita dapat simak dari kutipan di bawah ini :

Sirip punggung : 

Sirip punggung harusnya 1/2 lingkaran serta lebih disukai bukaannya layaknya kipas. yang sangat ideal sirip punggung tumpang tindih dengan sisi atas sirip ekor. ujung depan sirip punggung bisa meruncing atau sedikit membulat. kapasitas dari sirip untuk buka kerap didapatkan tidak dengan besarnya volume, walau demikian dengan banyaknya cabang tulang sirip. sirip atas yang tumpang melalui tubuh kurang disukai.

Sirip ekor : 

Tidak layaknya plakat tradisional, standard penilaian sirip ekor sama juga dengan standar pada cupang kontes, bukaan bentang ekor mesti 180 derajat, tulang yang lurus, ujung sudut meruncing, serta berupa 1/2 lingkaran ( meyerupai huruf d ), tidak lebih panjang dari 1/3 badannya. percabangan tulang ekor mesti sama serta merata disemua tulang serta mempunyai cabang tulang 4 atau lebih tetapi tidak terlalu berlebih.. bukaan ekor kian lebih 180 derajat ( overhalfmoon/ohm ) tidak lebih disukai dari pada bukaan ekor 1/2 lingkaran ( 180 derajat ).

Sirip bawah : 

Sirip bawah mempunyai wujud trapezium dengan ujung sisi depannya ( anterior ) lebih pendek dari ujung sisi belakangnya ( posterior ). dari ujung depan sirip bawah ke ujung belakangnya alami penurunan sampai ujung belakangnya ( posterior ) meruncing. panjang tulang sirip bawah yang terpanjang idealnya 2 x atau lebih ( lebih disukai ) lebih panjang dari tulang ekor yang terpanjang. ( tengok gambar di bawah ) waktu ngedok, ujung depannya terangkat maju serta ujung belakangnya mesti overlap atau tumpang tindih dengan sisi bawah 

Sirip dasi : 

Meruncing layaknya pisau yang menghadap kebawah dengan lancipnya menghadap kebelakang. sirip dasi mesti penuh, sama panjang, serta tidak tampak bersilang dengan permanen. panjang sirip dasi sekurang-kurangnya mesti sama juga dengan panjang sirip bawah yang terpanjang.

Sirip dayung : 

Sama layaknya standard cupang kontes yang lain.
Kekeliruan pada wujud serta sirip plakat kontes :
  • Sirip dasi sedikit lebih pendek dari 2/3 panjang badan ( kekeliruan mudah )
  • Sirip dasi tidak bercabang lebih disukai, bercabang ( kekeliruan mudah )
  • Tulang sirip pada ekor yang paling dekat dengan sirip punggung serta sirip bawah lebih pendek
  • Dari tulang sirip ekor sisi tengahnya, mengakibatkan sudut ekor sisi atas dan
  • Bawahnya membulat ( kekeliruan kecil )
  • Sirip punggung tidak mempunyai cabang utama ( kekeliruan kecil )
  • Panjang sirip dasi 1/2 dari panjang badan atau sedikit kurang ( kekeliruan kecil )
  • Pencabangan pada sirip ekor 3 derajat ( kekeliruan kecil )
  • Sirip bawah tidak tampak jelas berkurangnya dari sisi sangat depan ( anterior ) ke bagian
  • Sangat belakang ( posterior ) ( kekeliruan besar )
  • Ujung pada sirip bawah tidak meruncing serta panjang ( kekeliruan besar )
  • Bukaan sirip ekor kurang dari 180 derajat ( kekeliruan besar )
Nah, apakah ikan cupang plakat anda telah mencukupi standar persyaratan diatas ? bila belum sebaiknya kita breeding ikan cupang plakat dari indukan yang bagus juga. Seluruh anakan umumnya alami penurunan dari indukan baik dari sisi warna ataupun ekor. demikianlah untuk artikel standar penilaian kontes ikan cupang plakat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.