ikan sumpit

Mengenal Ikan Sumpit Bag.1 (akuariumhias) -Tidak sama dng ikan hias lain yg menarik di karenakan warna serta wujud tubuhnya, ikan sumpit ngetop justru oleh keahliannya " menembak " serangga santapannya dng menyemprotkan air dari mulut. Karenanya ia dimaksud ikan sumpit. 

Warna badannya, putih keperakan, berhiaskan 6 (enam) garis hitam tegak yg menyelimuti punggungnya. Wujud badannya pipih dng sirip ekor lebar. Yang bikin agak cantik, barangkali warna hijau kekuningan yg membias di bagian ekornya. Enam garis hitam yg hiasi punggungnya diawali dari mata sampai ke sisi ekor. Hitamnya tidak sama pada ikan yg satu dng yang lain. Ada yg demikian pekat tampak serta ada yg cuma samar-samar. 

Ikan Asli Indonesia 

Ikan sumpit (Toxotes jaculator) ini adalah hanya satu spesies dari genus Toxotes, family Toxotidae, dari ordo Permocorphoidei. Ikan ini banyak ditemukan di Sumatera berbarengan ikan botia serta ikan yang lain. Di ujung Kulon, di sungai Handeleum, ditemukan juga ikan ini. Menurut pembicaraan beberapa pedagang dibanyak sentra penjualan ikan hias, kesusahan memperoleh ikan sumpit di karenakan sepanjang ini pengadaannya tetap memercayakan tangkapan dari alam, namun hasil budidayanya belum ada. 

ikan sumpit

Di alam aslinya, mereka dapat tumbuh sampai memiliki ukuran 22, 5 cm atau apalagi lebih. Tetapi yg biasa ditemukan di akuarium-akuarium penggemar ikan hias, panjangnya lebih kurang 5 - 7, 5 cm. Hingga saat ini belum di ketahui pd ukuran serta usia berapakah ikan sumpit mulai kawin. Apalagi tanda-tanda perbedaan kelaminnya lalu sampai saat ini tetap teka teki. Di alam, ikan sumpit memperoleh makan dng menembak mangsanya memakai peluru air yg dilontarkan dari mulutnya. Mereka mengincar serangga air, seperti lalat, laba-laba serta mahluk kecil yang lain yg berkeliaran di sekitar permukaan air. 

Ikan sumpit umumnya berenang sedikit dibawah permukaan air, dng ujung moncong nampak di permukaan. Ia meninggalkan riak gelombang kecil saat berenang. Riak kecil inilah yg dapat jadikan sinyal hadirnya mereka. Bila mereka berenang seperti itu, sumpit mengisyaratkan dua situasi, mereka siap menyantap mangsanya yg ada di permukaan air atau pandangannya terhambat di karenakan air berlumpur pekat, hingga ia berenang dekat permukaan air utk bersihkan mata (melihat-lihat panorama!!!???...). 

Di dalam air yg amat jelek, ikan sumpit jadi dikhabarkan biasa memangsa buruannya dng kepala keluar dari air. Di dalam air jernih, ia seringkali cuma menunjukkan moncongnya saja. Matanya sngat unik, di karenakan dapat digerakkan ke semua arah, jika ke bawah. 

Bagaimana Ikan ini berburu
Saat lihat mangsa, ia mulai menghimpun air dlm mulutnya yg kecil tetapi berongga panjang. Lalu ia mengambil ancang-ancang utk membidik mangsanya itu, ubah posisi berenangnya yg awal mulanya mendatar jadi hampir tegak lurus. Serangga yg terkena di sembur umumnya jatuh, di karenakan basah, sebelum saat pernah mengerti apa yg tengah berlangsung, ia telah disambar dng mulut ikan sumpit. Sambaran secepat kilat terkadang dikerjakannya juga saat mangsa tetap melayang di udara.

Posting Komentar

 
Top