Membesarkan Anakan Cupang (akuariumhias) -Pada postingan saya sebelumnya telah kita bahas mengenai cara pemijahan ikan cupang, maka pada postingan kali ini  kita bahas mengenai cara membesarkan burayak anakan cupang.

anakan cupang 5 hari
anakan cupang usia 5 hari
Suatu ketika saya pernah memijahkan ikan cupang,sangat senang rasanya karena ini adalah hari ketiga setelah bertelur, namun begitu kagetnya saya, satu persatu burayak-burayak tersebut melayang tanpa nyawa dengan kata lain mati. 4 wadah pemijahan seluruh burayak yang telah menetas mati. saya kaget serta bingung, namun tidak hingga panik. Saya cari info penyebab, mencari artikel di internet serta buku serta menganalisa dari pengalaman sendiri. nyatanya ada sebagian pemicu :
  • Ikan pejantan kerap bergerak serta mengganggu keberlangsungan hidup burayak yang tetap amat rawan.
  • Telat diberikan makan. Ada sebagian artikel yang saya baca di internet perihal langkah berikan makan burayak cupang, ada yang menulis 3 hari tak perlu diberi makan, ada juga yang segera diberi makan sesudah menetas.
  • Terlampau cepat bersihkan air di wadah pemijahan. hingga burayak cupang kaget. Sepelan apa pun gelombang air yang diakibatkan oleh selang untuk menyedot sisa makanan, tetap harus mengganggu daya tahan burayak.
  • Cupang jantan belum memiliki pengalaman pelihara anakan, hingga pejantan mengonsumsi anakannya sendiri. Ini berlangsung untuk indukan yang baru saja dikawinkan. meskipun tidak seluruhnya demikianlah, karena bergantung juga dari usia induk, bila induk telah berusia lebih 5 bln. Dapat dengan cepat beradaptasi dengan statusnya dan lingkungannya.
  • Tidak diberikan makan atau lupa berikan makan pada induk jantan, maka dari itu burayak yang semestinya di jaga justru jadi santapannya.
anakan cupang
anakan cupang usia 2 bulan
Selanjutnya sesudah tahu pemicu serta menganalisanya, menjaga anakan cupang tidak berat, meskipun juga tidak gampang. Perlu ketelatenan, kesabaran serta kehati-hatian. dari pengalaman tersebut saya akan sharing langkah menjaga anakan cupang  :
  • Hari pertama s/d hari ke-2, tak perlu diberi makan.
  • Hari ketiga dapat dikasih makan dengan kuning telur rebus hingga hari ke 7
  • Hari ke 8 s/d hari 30 dapat diberi makanan cuk, cacing sutra atau kutu air dengan bergantian
  • Menginjak 4 minggu serta setelah itu dapat diberi makan cuk serta cacing sutra
Pola pemberian pakan dari burayak hingga dewasa layaknya yang saya kerjakan dapat membuahkan cupang yang sehat hingga besar dengan jumlah anakan yang hidup berkisar 70 %. Tak hanya pastinya terus melindungi kebersihan air di wadah pemijahan tiap-tiap 2 hari sekali di bersihkan dengan selang kecil.

Posting Komentar

 
Top