Jenis Pakan Ikan Cupang (akuariumhias) - Di area penangkaran atau pemeliharaan layaknya akuarium atau kolam, keperluan gizi ikan cupang mesti dipenuhi penangkar atau pemeliharanya. Zat gizi yang diperlukan ikan diantaranya protein, lemak, karbohidrat, mineral, serta vit.. di antara zat yang perlu ada untuk ikan cupang adu serta ikan hias yaitu protein.
  • Protein yang diperlukan sekurang-kurangnya 45% protein.
  • Lemak diperlukan untuk metabolisme daya serta melakukan perbaikan susunan sel didalam tubuhnya.
  • Karbohidrat diperlukan sebagai sumber daya.
  • Mineral terdiri dari 22 macam :fosfor ( p ), kalsium ( ca ), kalium ( k ), natrium ( na ), klorin ( cl ), magnesium ( mg ), sulfur ( s ),besi ( fe ), seng ( zn ), tembaga ( cu ), mangan ( mn ), iodin ( i ), fluorin ( f ), kobalt ( co ), molibdenum ( mo ), selenium ( se ), kromium ( cr ), nikel ( ni ), tin ( sn ), silikon ( si ), vanadium ( v ), arsen ( as ).
  • Vitamin komponen yang diperlukan didalam jumlah sedikit. dengan umum kekurangan vit. mengakibatkan turunnya nafsu makan ikan cupang, terhalang perkembangan, serta pudarnya warna tubuh.
Ikan cupang adu yang dipertarungkan disebutkan bertubuh ideal bila tubuhnya bulat serta tidak terlampau tidak tipis. lebar tubuh nyaris sama juga dengan lebar sirip perut hingga terlihat gagah.

Membentuk tubuh ideal diawali sejak ikan cupang tetap burayak. langkahnya atur pakan yang perlu di mengonsumsi. Type/jenis pakan ikan cupang adu.
a. Pakan alami
Pakan ikan cupang adu – pakan alami artinya pakan yang datang dari alam tanpa sistem kelanjutan.Type pakan alami.Kutu air ( daphnia ), jentik nyamuk ( cuk ), infusoria, cacing sutera atau cacing rambut atau cacing darah ( blood woorm ), serta udang renik ( artemia salina ).
  • Infusoria. Yaitu jasad renik yang berukuran amat kecil, cuma lebih kurang 0, 04 – 0, 1 mm dan ini adalah pakan alami yang baik untuk anak ikan cupang pada awal kehidupannya.
  • Kutu air. Umumnya di ambil dari air yang tergenang. hidupnya berkoloni, berwarna merah.
  • Jentik nyamuk. Layaknya kutu air, jentik nyamuk juga umumnya diambil dari air yang tergenang. baik itu selokan dan seterusnya. untuk burayak cupang adu yang berusia 3 – 4 bln. Umumnya diberikan jentik nyamuk yang halus. Pemberian jentik nyamuk baiknya dengan teratur, agar ikan cupang tidak berkembang terlampau cepat. Pemberian pakan yang sangat pas pada jam 07. 00 -08. 00 serta jam 16. 00 -17. 00.
  • Cacing sutera.
  • Cacing sutera umumnya tidak diberikan pada ikan cupang adu hasil penangkaran. Dikarenakan cacing sutera bisa bikin ikan jadi gemuk yang menyebabkan sisik jadi lunak serta gampang terlepas dan gerakannya jadi lambat. walau demikian cacing

b. Pakan buatan
Sesungguhnya pakan buatan tidak layak diberikan untuk burayak, anak ikan, ataupun cupang adu muda. tetapi pakan buatan ini bisa jadi alternatif waktu pakan alami sukar ditemukan. umumnya perihal ini berlangsung pada waktu musim kemarau.

Perumpamaan pakan buatan : tubifex form. pakan buatan ini dibikin dengan bahan cacing sutera yang di fermentasi.

Pemberian pakan ikan umumnya dikerjakan 2 – 3 kali 1 hari serta upayakan ikan mrnghabiskan pakan kurun waktu 10 – 15 menit. Cupang adu yang di memelihara mesti dibatasi naluri makan hingga kenyang. upayakan cupang janganlah terlampau kenyang. Disamping itu upayakan pakan yang didapatkan mesti habis, dikarenakan sisa pakan dapat mengotori air yang bisa mengakibatkan cupang adu terjangkit penyakit,

Posting Komentar

 
Top