Header Ads

Jenis Ikan Koi


Jenis Ikan Koi (akuariumhias) -Saya telah lama tertarik dengan ikan koi ini tetapi baru hari ini selanjutnya saya bisa beli serta memelihara ikan koi, pastinya sesudah semua suatu hal telah disiapkan. Contohnya kolam, filter, penentuan type ikan koi dan lain-lain. Pastinya beberapa besar penduduk kita telah mengetahui serta tahu type ikan koi ini. Ikan koi telah jadi trend. Terutama penggemar ikan hias karena warna, wujud, serta gerakannya yang eksotis. Terlebih harga ikan koi dengan mutu paling baik serta pemenang kontes dapat mempunyai harga yang fantantis, karenanyalah untuk beberapa orang, ikan koi ini adalah sumber mata pencaharian yang mengasyikan dan banyak menghasilkan uang. 

Untuk beberapa orang, ikan koi juga dikira membawa hoki, kedamaian serta ketenangan hingga di taman-taman di lebih kurang rumah banyak dibangun kolam koi. Dengan semua perihal sebagai daya tarik ikan koi inilah maka beberapa orang pingin memelihara ikan koi. Tetapi untuk pemula yang pingin memelihara ikan koi ( seperti saya ini ) maka sebaiknya kita mengetahui terlebih dulu beberapa jenis ikan koi. Supaya kita dapat tahu serta memilih type ikan koi manakah yang dapat kita pelihara.

Pada prinsipnya, ikan koi di indonesia dibagi jadi dua yakni, ikan koi lokal serta ikan koi impor. Koi lokal yaitu hasil persilangan ikan koi yang telah dikembangkan di indonesia dengan koi impor, namun koi impor yaitu koi yang didatangkan segera dari jepang. Perbedaan koi lokal dengan koi impor yaitu dari sisi kecermelangan warnanya serta wujud tubuhnya. warna koi lokal lebih pudar bila dibanding dengan koi impor serta wujud badan koi lokal lebih pipih bila dibanding dengan koi impor. Umumnya koi lokal lebih liar bila dibanding dengan koi impor. harga ikan koi impor lebih mahal dari pada koi lokal.

Beberapa jenis ikan koi menurut pola warna yang dikenal secara umum  :

1. Kohaku
Ikan koi type ini mempunyai komposisi warna merah serta putih ( dwiwarna ). ikan koi kohaku dikira istimewa bila mempunyai gradasi warna yang amat tajam. warna putih seputih salju serta warna merah condong gelap. kohaku dengan bercak merah menyerupai halilintar dimaksud inazuma kohaku namun kohaku yang mempunyai pola seperti topi napoleon dimaksud doitsu kohaku napoleon



2. Kawarimono
Ikan koi type ini mempunyai pola warna yang berbeda dengan type ikan koi yang lain, warnanya perpaduan pada warna merah serta hitam, atau warnanya dapat terdiri dari karasugoi dengan warna hitam,kigoi yang berwarna kuning, chagoi yang berwarna coklat, midorigoi yang berwarna hijau, dan
matsuba yang warna tubuhnya berpola bunga cemara.



3.Asagi
Ikan koi type ini mempunyai pola warna biru atau biru cerah.


4. Taisho sanke
Ikan koi type ini mempunyai komposisi warna dasar putih dihiasi bercak merah serta hitam ( triwarna ).Ikan koi taisho sanke dikira istimewa bila mempunyai gradasi warna yang amat tajam. warna putih seputih salju serta warna merah condong pekat. taisho sanke yang warna merahnya merambat dari kepala sampai ekor dimaksud aka sanke namun yang mempunyai gumpalan warna perak dikepala disebut fuji sanke.

5. Shusui
Ikan koi type ini mempunyai sisik yang besar tetapi berkulit lembut. sisi punggung berwarna biru gelap, ujung hidung, pipi, perut, serta lipatan sirip berwarna merah amat mencolok.


6. Bekko
Ikan koi type ini mempunyai warna dasar perpaduan pada putih, merah serta kuning dengan bercak hitam.
type bekko sendiri ada shiro bekko ( shiro bermakna putih ), ki bekko ( ki bermakna kuning ), aka bekko ( aka bermakna merah )


7. Kinginrin
Ikan koi type ini mempunyai sisik yang berwarna putih perak mengkilat. warna putih perak ini disebabkan
dikarenakan ada sel indopor, yakni sel pigmen yang memiliki kandungan guanin yang memantulkan sinar dan
menyebabkan penampilan seperti intan yang bercahaya.



8. Koromo serta goromo
Koromo bermakna jubah. koi koromo adalah persilangan pada asagi serta sanshoku. hasil persilangan pada asagi serta kohaku merah putih membuahkan ai goromo. warna sisik warna merah terbatas serta 1/2 lingkaran berwarna biru. varietas goromo yang lain yaitu sumi goromo yang mempunyai pola seperti kohaku serta mempunyai bercak warna merah.


9. Hikari utsurimono
Ikan koi type ini adalah persilangan pada utsurimono dengan ogan. pola warnanya merupakan campuran keduanya.

10. Utsurimono
Ikan koi type ini mempunyai warna dasar putih, merah, atau kuning. perbedaan pada utsurimono dengan bekko yaitu pola warna hitamnya. warna utsurimoto sama juga dengan showa shansoku, mempunyai dasar putih serta berpola hitam putih.


11. Tancho
Sisi kepala dihiasi bulatan merah. warna sudah melalui mata atau mulutnya serta bulatan merah menyebar sampai ke punggung tidak dapat di grupkan kedalam type tancho

12. Hikarimoyo-mono
Ikan koi type ini mempunyai warna dasar metalik, adalah hasil persilangan pada ogon, serta koi jenis lain jika type utsuri.
Inilah beberapa perumpamaan beberapa jenis ikan koi. pastinya tetap ada beberapa jenis ikan koi yang lain yang belum terdaftar diatas. Tetapi dari sebagian type ikan koi tersebut pastinya telah bisa berikan sedikit gambaran tentang indahnya pesona ikan koi dari segi pola warna serta wujud tubuh. untuk yang pingin memelihara silakan memastikan type ikan koi yang mana yang dapat dipelihara. Bila mempunyai kolam ikan yang luas pastinya makin banyak type ikan koi yang dipelihara maka dapat makin menarik untuk di nikmati.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.