ikan discus
 
Ikan discus (akuariumhias) -Yaitu spesies ikan air tawar asli lembah sungai amazon, Amerika selatan. Discus pertamakali dikenalkan pada th.1840 oleh Dr. Heckel dengan nama symphysodon discus. Varian discus aslinya digolongkan ke didalam 3 type menurut warna, yakni symphysodon aequifasciata aequifasciata (green discus ), symphysodon aequifasciata axelrodi (brown discus ), serta symphysodon aequifasciata haraldi (the blue variant ). 

Bersamaan dengan makin banyaknya orang yang tertarik memelihara discus, apalagi di sebagian negara di asia, budidaya discus sudah jadi industri besar. Dari situ banyak aktivitas penelitian serta usaha yang dikerjakan untuk membuahkan strains baru dari ikan discus. Hingga tidak heran bila sekarang ini tercatat ada beberapa puluh strains ikan discus yang ada di pasaran. Ikan discus amat popular sebagai ikan akuarium serta terkadang dikatakan sebagai rajanya ikan hias.

Ikan discus yang indah serta mempunyai wujud yang prima, datang dari bibit serta situasi perkembangan yang baik sejak lahir.

Ikan discus yaitu type ikan yang hidup dengan berkelompok ( social fish ). Apalagi di alam bebas, aslinya mereka hidup didalam grup besar serta adalah di antara dari sedikit type ikan yang dapat belajar. Oleh sebab itu, mesti diingat untuk beberapa hobbies untuk beli ikan diskus didalam jumlah kian lebih satu. Discus memerlukan hubungan sosial sesama mereka untuk memunculkan cii-ciri asli ikan diskus.

Sebagian media atau peralatan yang butuh anda buat persiapan untuk mengawali pemeliharaan ikan discus. diantaranya yaitu aquarium yang bisa menyimpan air yang cukup ( idealnya 200 liter untuk 4 ekor discus ). Filter osmosis serta juga lampu ultra violet untuk menolong sterilisasi air. didalam situasi atau tempat spesifik, heater juga dibutuhkan. untuk menanggulangi pergantian suhu hawa yang berubah tiba-tiba. Untuk temperature yang ideal untuk pemeliharaan discus yaitu 28 derajat celcius.

ikan discus
Add caption

Sistem filtrasi yang baik untuk pemeliharaan discus yaitu perihal yang mutlak, apalagi harus. perihal ini yaitu kunci utama untuk melindungi mutu air supaya terus sempurna, disamping itu sudah pasti untuk hindari kewajiban lakukan sistem perubahan air yang terus-terusan.

Perihal utama yang perlu diingat oleh anda yang pingin menekuni didalam pemeliharaan ikan diskus ini yaitu :
  • Tingkat keasaman air ( ph ). Amat baik bila ph air mendekati netral.
  • Pertahankan supaya ph ada pada kisaran ph 6. 0 serta 7. 0.Discus dapat nyaman dengan kisaran ph seperti ini.
  • Kebersihan Air, menjaga air tetap bersih adalah salah satu syarat ikan discus tumbuh sehat.
ikan discus
Untuk melindungi stabilitas ph, maka kesadahan air juga butuh di perhatikan. upayakan supaya kesadahan kalsium ada didalam kisaran 5 -7 kh, namun untuk kesadahan umum pada kisaran 12 – 15 gh. Cermati situasi air di lingkungan area anda memelihara diskus. bila kesadahan air kian lebih 12gh, gunakanlah filter reverse osmosis. Filter ini bisa mengembalikan kesadahan air pada derajat yang diperlukan. cartridge dari filter reverse osmosis butuh diganti dengan berkala, serta frekwensi pergantiannya bergantung seberapa tinggi tingkat senyawa yang terdapat didalam air yang anda gunakan.

Setelah itu yaitu kandungan amonia. amonia yaitu kandungan senyawa yang amat jelek didalam air, yang bisa mengakibatkan kematian pada ikan diskus. Ini senyawa yang dihasilkan dari kotoran yang dibuang oleh ikan dari sisa makanannya. idealnya yaitu, bahwa didalam tangki/aquarium tidak memiliki kandungan amonia sekalipun ( 0% ). Disinilah kenapa filter didalam akuarium diskus yaitu perihal yang harus diaplikasikan.

Posting Komentar

 
Top