Header Ads

Ukuran Ikan Koi


ikan koi

Ukuran Ikan Koi (akuariumhias) -Ikan koi yaitu ikan yang bisa meraih ukuran besar, ikan koi dengan ukuran kian lebih 1 mtr sudah dicapai oleh pengagum koi didunia. Tak hanya ukuran yang dapat meraih ukuran jumbo, koi dikenal memilili umur yang meraih beberapa puluh sampai beberapa ratus th.. Konon koi tertua didunia bernama hanako yang sudah meraih umur 226 th. Berdasarkan penelitian dari susunan sisiknya. Koi tersebut sudah bertukar pemilik berapa kali. Paling akhir ia dimiliki oleh Dr komei koshihara. Perkembangan koi umumnya linier pada usianya, makin tua usianya ukurannya dapat makin meningkat sampai selanjutnya tidak bisa  tambah besar lagi.

Ada sebagian factor yang merubah perkembangan koi diantaranya :

1. Genetik/keturunan koi
Koi jumbo condong mempunyai keturunan yang punya potensi jadi jumbo, hingga mutlak di perhatikan saat memilih koi untuk lihat indukannya.

2. Lingkungan hidup koi
Kolam serta air mempunyai fungsi yang cukup mutlak didalam memastikan hasil pencapaian ukuran ikan koi. mutu air yang jelek membuat koi tidak dapat tumbuh dengan maksimal. mutu air yang jelek dengan kandungan oksigen yang rendah membuat koi condong enggan mengonsumsi makanan. apabila didalam air kolam koi terlampau banyak zat-zat beracun seperti amonia didalam jumlah spesifik dapat menghalangi perkembangan didalam jumlah yang terlalu berlebih apalagi dapat menyebabkan kematian. air kolam yang kotor dapat meringankan penyakit serta jamur menyerang ikan koi.

Kolam yang terlampau sempit serta dangkal akan menghalangi perkembangan koi meraih ukuran optimal. volume kolam dengan jumlah ikan juga butuh di perhatikan supaya perkembangan koi dapat optimal.

ikan koi
3. Makanan
Makanan memegang fungsi yang cukup mutlak untuk kelangsungan perkembangan koi. makanan yang baik yaitu makanan yang memiliki kandungan unsur-unsur yang diperlukan oleh koi. makanan koi umumnya memiliki kandungan unsur stimulasi perkembangan, stimulasi pencerah warna ( color enhancer ) serta untuk kesehatan. dikarenakan kolam koi umumnya membutuhkan kejernihan air jauhi berikan makanan yang berlebihdan serta membuat keruh air kolam.

Tak hanya perihal diatas koi monocolor seperti chagoi umumnya lebih condong mempunyai ukuran yang semakin besar di banding ikan koi dengan multicolor seperti gosanke ( kohaku, sanke, showa ). di negara-negara dengan empat musim, ikan koi relatif alami perlambatan perkembangan pada musim dingin.
Untuk menganalisa perkembangan koi yang kita pelihara apakah cocok dengan yang semestinya atau tidak dibawah ada tabel jalinan pada umur koi serta ukuran panjangnya. walau tidak dengan pas seperti itu namun ini dapat jadikan sebagai patokan. mungkin saja koi yang dipelihara lebih cepat perubahannya mungkin saja lebih lambat, asal tidak terlampau banyak menyimpang.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.