Header Ads

Jenis Ikan Arwana


Jenis Ikan Arwana (akuariumhias) -Tak hanya oscar type ikan lain yang cukup popular yang lain didalam dunia ikan hias yaitu arwana ( scleropages formosus ). ikan ini mempunyai tubuh yang memanjang serta sirip dubur terdapat jauh di belakang badan, serta tampak amat indah saat meliuk-liuk di dalam aquarium. 

Arwana juga dikenal dengan ketahanan fisiknya hingga banyak yang berminat serta nilai jualnya juga tergolong tinggi, apalagi dapat mencerminkan pola hidup pemiliknya, dikarenakan ikan hias ini juga tergolong hewan peliharaan mahal. 

Pada dasarnnya ikan arwana yaitu sejenis ikan karnivora air tawar, hingga mengonsumsi serta memburu hewan-hewan kecil, serta untuk memeliharanya biasanya memakai media aquarium, dikarenakan lebih tampak indah jika dipandang dari tepi. 


Ikan arwana sendiri juga banyak macamnya, serta perihal tersebut barangkali juga di pengaruhi oleh warnanya ataupun area asalnya. tersebut sebagian type ikan arwana yang biasanya dipelihara didalam aquarium 

1. Arwana Golden ( cross back golden, cbg ) 
Seperti namanya serta gampang ditebak, type arwana yang satu ini mempunyai warna keemasan serta harga nya relatif lebih mahal dari type arwana yang lain, dikarenakan arwana golden disinyalir telah makin langka keberadaannya. kabarnya ikan ini type ini dapat didapati dibeberapa area di malaysia seperti perak, trengganu, danau bukit merah serta johor, hingga banyak yang menyebutnya sebagai golden pahang, malaysian gold, dan sebagainya. 

Menariknya lagi tak hanya warna emas yang dimiliki dapat merata sampai melalui punggungnya, menurut sisiknya arwana type gold ini tetap dibagi lagi jadi sebagian type, cocok dengan warna dasar sisik seperti blue-based, gold based, silver-based, purple-based. 

2. Arwana Golden red ( red tail golden, rtg ) 
Arwana type ini dapat berukuran semakin besar dibanding dengan cbg, tetapi warna keemasannya cuma meraih baris ke empat pada sisiknya yang dihitung dari bawah perut serta pada punggungnya terus hitam kelabu. 

Red tail golden dapat kita temui di negeri kita di pekan baru, sumatera hingga juga dikatakan sebagai indonesian golden arwana. menariknya nyaris sama juga dengan cbg, red tail golden juga tetap dibagi jadi sebagian type lain menurut warna dasar sisik yakni biru, hijau, serta emas. 

3. Arwana Super red 
Untuk type arwana yang satu ini juga tidak kalah kerennya, dikarenakan seperti namanya super red arwana mempunyai warna merah yang pekat, hingga dapat tampak amat menakjubkan saat meliuk diaquarium. super red dapat kita dapatkan dibeberapa tempat di negeri kita di propinsi kalimantan barat seperti sungai kapuas serta danau sentarum yang disebut lokasi rimba gambut. 

Sebagian type arwana dari super red yaitu merah cabai ( chili red ), merah darah ( blood red ), merah orange ( orange red ), serta merah emas ( golden red ). 


4. Arwana Green arwana/golden pino 
Untuk arwana type ini seperti namanya mempunyai warna dasar hijau serta agak kelabu kehijauan yang dapat ditemukan dibeberapa negara seperti malaysia, thailand, kamboja, myanmar serta indonesia. menariknya bila di banding arwana yang ada dikawasan asia yang lain, type ini mempunyai mulut yang lebih membulat serta besar. 

5. Arwana Silver 
Untuk type yang satu ini datang dari amerika selatan hingga ada yang menyebutnya sebagai arowana brazil. ikan ini dapat tumbuh dengan panjang sampai 60cm dengan wujud tubuh yang tidak sama dari yang lain serta siripnya juga lebih panjang. 

Menariknya walupun type ini datang dari amerika selatan, tetapi kabarnya telah dapat dibudidayakan di indonesia hingga ada kemungkinan lebih gampang untuk memperolehnya. 

6. Arwana Silver black arwana 
Sama seperti type silver, arwana ini juga datang dari amerika selatan, tetapi perbedaannya sirip serta ekornya mempunyai warna hitam. 

7. Arwana jardini arwana ( arwana irian ) 
Jardini arwana sesungguhnya datang dari australia, tetapi juga dapat ditemukan di pulau irian hingga beberapa pengagum dari ikan arwana juga mengenalnya sebagai arwana irian. perihal yang amat menarik dari type arwana ini yaitu memiliki warna dasar hitam kecokelatan tetapi mempunyai bintik kuning ditengah sisiknya, apalagi hingga kepala, sirip serta ekor. 

Disamping itu arwana irian juga dikenal mempunyai dua type yang tidak sama yakni scleropqges jardini yang mempunyai dasar yang lebih gelap, serta scleropqges leichharti yang mempunyai dasar yang lebih terang. 

8. African arwana ( arwana afrika ) 
Arwana type ini amat tidak sama dengan arwana type yang lain dikarenakan wujud kepalanya kecil mulutnya juga tidak monyong seperti arwana yang lain. biasanya warna adri ikan ini adlah silver, serta cocok denagn namanya ikan ini datang dari benua afrika 

9. Araipama gigas 
Ikan ini sesungguhnya yaitu kerabat dari ikan arwana tetapi mempunyai ukuran raksasa serta kabarnya panjangnya dapat meraih sampai 3 m dengan berat 200 kg, hingga tidak heran bila ikan ini adlaah ikan tawar terbesar di dunia. 

Ikan ini hnaya ditemukan di amazon yang tergolong ikan langka yang dilindungi, serta mempunyai keunikan dapat bernafas dengan langkah nampak kepermukaan 5 - 20 menit sekali. disamping itu saat air mulai mengering ikan ini dapat menggulungkan diri membentuk seperti bola, serta lantas dapat membenamkan diri didalam lubang hingga air mengalir kembali. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.