cara membuat kolam ikan
Membuat Kolam Ikan Koi (akuariumhias) -Tidak sama dengan kolam untuk membudidayakan ikan mengonsumsi, kolam koi di taman, tak perlu di-ukur elevasinya. Kolam koi dapat dibikin semuanya dibawah permukaan tanah, diatas permukaan tanah, atau gabungan. Tidak seperti kolam ikan mengonsumsi yang perlu gabungan. Ada kalanya kita butuh bikin kolam koi yang semuanya ada diatas tanah, dikarenakan lokasinya di samping tempat tinggal yang biasa untuk lalu-lalang orang. 

Kolam ikan koi seperti ini pasti dapat cepat kotor bila semuanya dibawah permukaan tanah, maka kita ambillah wujud yang me-nonjol. Satu waktu barangkali orang pingin membangun kolam ikan koi yang cukup luas pada areal taman yang telah bagus, maka dapat terlihat kurang menarik jika kolam ini terlampau menonjol hingga menutupi keindahan sisi taman yang lain. Didalam perihal ini kolam ikan koi yang semuanya ada dibawah permukaan tanah lebih disukai. serta sering mereka menginginkan kolam yang lebih didalam di sudut pekarangan (tamannya ), hingga mereka memendam beberapa kolamnya didalam tanah serta beberapa lagi menonjol ke permukaan tanah. Beragam pilihan memanglah mesti ditentukan sesudah lihat kondisi serta situasi dengan keseluruhannya.

Sesudah memastikan wujud yang dikehendaki, kolam dapat dirancang diatas tanah dengan tali plastik atau slang air supaya bentukan jadinya gampang terlihat. Lantas tanah dapat mulai digali dengan cangkul. bila inginkan kolam dengan dua kedalaman, sisi luar dangkal sebelah sedang lebih didalam, sebaiknya direncanakan sejak awal sampai tidak merepotkan yang kerjakan kolam. kolam dengan dua kedalaman amat bermanfaat untuk ikan koi, terlebih untuk persembunyian mereka dari panas matahari yang terlampau terik.

Bahan baku pembuat kolam sebaiknya digunakan batu bata. Dengan memiliki bentuk yang kecil batu bata dapat dibikin amat fleksibel cocok dengan keinginan kita. Tidak sama dengan batako yang berukuran besar yang menyusahkan kita bila inginkan wujud berlekuk-lekuk. Pada dasar kolam ikan koi dapat dipasang bata atau dicor. tetapi, sebelum saat itu seluruh sebaiknya sedari awal ditentukan dimana letak pintu pembuangan serta pemasukan air. 

Pintu pembuangan untuk kolam yang dibangun semuanya didalam tanah, memanglah mustahil dibikin. untuk semua kolam mesti dipikirkan sirkulasi airnya. Berarti bila kita menginginkan kolam berair terjun atau ber-air mancur telah mesti dipikirkan dimana letak pompa, filter air, serta sisi yang akan dibikin ter-juannya. oleh sebab itu, sekali lagi amat mutlak untuk kita untuk menuangkan angan-angan serta ke-inginan kita ke didalam gambar yang rinci. Jangan sempat kita tetap mesti membongkar gunakan saat bangunan telah selesai. saat bangunan telah rapi serta kita lupa bikin sesuatu lubang maka pasti dapat menambah pekerjaan, dikarenakan kita juga mesti bikin saluran yang terkait dengan lubang itu.

Permukaan kolam sebaiknya janganlah dibikin licin seperti kita bikin tempat tinggal, dikarenakan dapat menyusahkan lumut tumbuh. Dengan melapisi semen ( mengaci ) agak kasar, kita mengharapkan justru kolam dapat jadi licin serta nyaman untuk ikan dikarenakan ada susunan lumut yang ada di permukaannya. pelaksanaan sisi atas kolam tidak senantiasa mesti di-selesaikan dengan bata juga, namun dapat digunakan batu-batuan yang memiliki wujud artistik serta ( bila barangkali ) antik. Dikarenakan kolam mustahil ada sendirian didalam taman, siapkan juga ruangan untuk area menanam tanaman. di latar belakang kolam lebih pas untuk tanaman dikarenakan tidak menghambat pandangan.
 

Posting Komentar

 
Top