ikan kena jamur
jamur menyerang koi

Infeksi Jamur Pada Ikan Hias Air Tawar (akuariumhias) - Infeksi jamur pada ikan hias didalam akuarium umumnya dikarenakan oleh jamur dari genus spaprolegnia serta achyla. jamur umumnya cuma dapat menyerang jaringan luar tubuh ikan yang rusak sebagai disebabkan luka atau penyakit lain. Jamur bisa juga menyerang telur ikan. Tak hanya dikarenakan luka, kehadiran jamur bisa juga dikarenakan atau dipicu oleh situasi air akuarium yang jelek, baik dengan fisik ataupun kimia. Ikan-ikan berumur tua diketahui amat rawan pada infeksi jamur. Pada waktu ini, dengan banyaknya fungisida ( obat anti jamur ), maka serangan jamur sedikit banyak akan dikerjakan dengan lebih gampang.

Sebagian jamur diketahui juga menyerang sisi didalam jaringan tubuh ikan. icththyophonus, contohnya diketahui sebagai jamur sistemik yang menyerang ikan. icththyophonus bisa menginfeksi sisi organ tubuh ikan serta menyebabkan gupalan ( nodul ) yang serupa seperti berlangsung pada masalah tbc ikan. untuk serangan jamur sistemik ini belum ada obat yang dijual dengan komersial. walau demikianlah, perendaman dengan malachite green diketahui bisa mengobati serangan jamur sistemik.
saprolegnia.
ikan kena jamur
Saprolegnia adalah genus jamur yang terhitung didalam kelas oomycetes. didalam akuarium, jamur ini sering digunakan sebagai nama umum untuk serangan jamur yang menyerupai kapas pada permukaan tubuh ikan. sebenarnya banyak genus dari oomycetes yang bisa mengakibatkan infeksi jamur pada ikan, salah satunya yaitu achyla.

Saprolegnia atau dikenal juga sebagai water molds bisa menyerang ikan serta juga telur ikan. mereka umum didapati pada air tawar ataupun air payau. jamur ini bisa tumbuh pada selang suhu 0 - 35 derajat celcius, dengan selang perkembangan maksimal 15 - 30 derajat celcius. Biasanya, saprolegnia dapat menyerang sisi tubuh ikan yang terluka, serta setelah itu bisa juga menyebar pada jaringan sehat yang lain. serangan saprolegnia umumnya terkait dengan situasi mutu air yang jelek, seperti sirkulasi air rendah, kandungan oksigen terlarut rendah, atau kandungan amonia tinggi, serta kandungan bahan organik tinggi. kehadiran saproglegnia kerap pulang dibarengi dengan kahadiran infeksi bakteri columnaris, atau parasit eksernal yang lain.

Sinyal tanda penyakit
Kehadiran saprolegnia umumnya ditandai dengan timbulnya benda seperti kapas, berwarna putih, kadang-kadang dengan gabungan kelabu serta coklat, pada kulit, sirip, insang, mata atau telur ikan. jika anda pernah melihatnya dibawah mikroskop maka dapat terlihat jamur ini seperti sesuatu pohon yang bercabang-cabang.
pencegahan serta perawatan

Serangan saprolegnia bisa dihindari dengan lakukan perawatan yang baik pada situasi akuarium, terlebih dengan melindungi mutu air senantiasa didalam situasi maksimal, jauhi pemeliharaan ikan dengan kepadatan tinggi untuk menghindar berlangsungnya luka, serta senantiasa melindungi ikan supaya memperoleh gizi yang cukup. jika gejala serangan saprolegnia ditemukan, segera kerjakan evaluasi mutu air akuarium anda serta kerjakan koreksi yang dibutuhkan. jika situasi serangan pada ikan kronis, kerjakan penyembuhan. tak hanya dengan fungisida spesial ikan, perlakuan dengan pk, formalin serta povidone iodine bisa juga menyembuhkan serangan saprolegnia.

bersambung ke bag.2

Posting Komentar

 
Top