Header Ads

Biosecurity untuk Ikan Koi

ikan koi
  
Biosecurity untuk Ikan Koi (akuariumhias) -Menghindar tambah baik dari menyembuhkan, tersebut ungkapan yang telah lama kita dengar. bicara tentang kesehatan serta keselamatan ikan koi nampaknya demikianlah juga halnya. walau di tingkat penghobi biosekuriti belum banyak jadi perhatian, tetapi ada juga yang telah menerapkannya dengan tidak sadar, tetapi semakin banyak yang meremehkan perihal tersebut. Untuk breeder koi yang telah besar serta memiliki pengalaman serta juga dealer koi berkwalitas, rencana biosecurity jadi perihal mutlak yang tidak bisa ditinggalkan.

Pada prinsipnya biosecurity didalam memelihara ikan koi mempunyai tujuan membuat perlindungan ikan koi dari penularan penyakit. penularan penyakit ini dapat nampak dari ikan koi sendiri, dari air kolam, peralatan yang digunakan untuk memelihara koi, makanan serta lain sebagainya. beragam jenis bakteri patogen dapat terbawa dari komponen tersebut. mungkin saja patogen tidak menyebabkan jelek pada ikan yang satu dikarenakan mempunyai kekebalan yang baik tetapi mungkin saja menyebabkan jelek pada ikan yang lain.

Untuk beri dukungan supaya penyakit tidak menular serta menjangkit pada ikan koi biosecurity jadi satu perihal mutlak memperoleh perhatian. biosecurity pada prinsipnya yaitu sesuatu sop ( standart operating procedure ) yang diaplikasikan dengan ketat supaya penyakit tidak menular waktu sebagian grup ikan dicampurkana atau bersentuhan dengan dunia luar. rutinitas penghobi ikan koi, dapat mencampurkan demikian saja ikan yang baru dibeli dengan ikan yang telah lama didalam satu kolam. walau ikan baru tersebut terlihat sehat, tetapi belum pasti ia steril dari patogen yang terbawa. karen itu mutlak sebelum saat ikan koi baru dimasukkan kolam dikerjakan karantina terlebih dulu.

ikan koi
Untuk breeder atau dealer besar umumnya mereka mempunyai sebagian kolam yang disiapkan spesial cocok dengan fungsinya. contohnya saja kolam untuk display, kolam karantina, kolam indukan serta lain sebagainya. untuk customer yang dapat masukpun diberikan aturan yang cukup ketat contohnya, mensterilkan diri ( tangan dsan lain-lain ), tidak bisa membawa makanan, tidak bisa berikan makan, tidak bisa menyentuh air serta peralatan serta lain sebagainya.

Nampaknya memanglah terkesan repot serta rumit saat menerapkan perihal tersebut, tetapi mutlak untuk kesehatan koi. untuk penghobi barangkali tidak serumit itu tetapi, rencana biosecurity pantas diadopsi. contohnya saja sumber air yang perlu dipastikan bersih, kontrol ikan yang sakit, karantina ikan sakit, janganlah berikan makan sembarangan serta pastinya kondisi air yang senantiasa sempurna mesti dijaga.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.