Home » , » Penyebab Air Kolam Ikan Berbusa

Penyebab Air Kolam Ikan Berbusa

Written By Harri Akbar on Kamis, 15 Agustus 2013 | 04.29


Penyebab Air Kolam Ikan Berbusa (akuariumhias) -Tidak jarang pembudidaya ikan yang menjumpai air kolam ikan ada banyak busa/buih. kondisi air kolam yang berbusa butuh jadi perhatian untuk para hobiis. Busa pada kolam ikan dapat menjadi sinyal bahwa kondisi air kolam condong tidak sehat. 

Air kolam yang tidak sehat pastinya dapat mengakibatkan ikan rawan terkena penyakit yang ujung-ujungnya ikan dapat mati. bila demikianlah pembudidaya ikan dapat alami kerugian. 

Ada sebagian kemungkinan penyebab air kolam ikan jadi berbusa/berbuih. 

Kemungkinan pertama air kolam jadi berbusa dikarenakan berlangsung peningkatan kandungan gas CO2 serta banyak plankton yang mati. tak hanya air yang berbusa, kondisi ini umumnya juga mengakibatkan air kolam jadi keruh serta pekat. 

Kemungkinan ke-2 timbulnya busa pada kolam karena tingginya kandungan organik terlarut didalam air. bahan organik ini dapat datang dari sisa kotoran ikan yang tidak terurai dan sisa pakan yang tidak termakan oleh ikan. 

Kemungkinan ketiga penyebab air kolam berbusa yaitu fenomena ledakan alga atau biasa dimaksud algae blooming. kondisi ini berlangsung dikarenakan sistem pemupukan yang terlalu berlebih atau over dosis pemakaian katalis plankton. 

Perihal ini mengakibatkan populasi alga jadi tidak termonitor. tak hanya timbulnya busa, ledakan alga ini juga mengakibatkan air kolam jadi pekat. 

Tak hanya kemungkinan diatas, timbulnya busa pada air kolam mungkin saja karena anda baru saja lakukan penggaraman pada kolam. penggaraman biasa dikerjakan pembudidaya ikan untuk menyetabilkan ph air sesudah kolam terguyur air hujan. disamping itu penggaraman biasa dikerjakan untuk terapi penyembuhan ataupun menghindar penyakit ikan.

Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Ikan Hias | Akuarium Hias
Copyright © 2011. Akuarium Ikan Hias - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Akuarium Hias
Proudly powered by Blogger