Header Ads

Tips Untuk Mulai Memelihara Ikan Hias




Tips Untuk Mulai Memelihara Ikan Hias (akuariumhias) -Terkadang para hobiis pemula sering sekali menemukan kendala dalam merawat ikan hias yang telah mereka beli sebelumnya.Sering juga berakhir dengan kematian ikan hiasnya,Untuk itu dalam artikel ini saya akan sharing tips yang perlu anda ketahui sebelum akan memulai merawat ikan hias di rumah.

 1. Mencari informasi sebanyak-banyaknya sebelum saat beli ikan. cermati faktor-faktor tersebut :
  • Seberapa besar ikan tersebut apabila dewasa serta apakah anda memiliki akuarium yang cukup besar untuk mengakomodasi ukuran tubuh ikan sesudah dewasa.
  • Cari info tentang suhu air, rentang ph dan seterusnya
  • Type dan jenis makanan ikan
  • Temperamen spesies ikan hias. apakah spesies spesifik pas untuk dikumpulkan dengan type ikan yang telah anda punyai atau pingin anda pelihara di periode mendatang.
  • Apakah spesies yang dapat anda pelihara dapat berkembang biak dengan cepat ? apakah anda mempunyai peralatan pada waktu ikan berkembang biak ?
  • Apakah ikan yang dapat dibeli rawan pada penyakit spesifik ?
2. Belilah akuarium yang sesuai dan cocok dengan biaya serta area yang anda punyai. Akuarium yang besar mengakibatkan air didalam akuarium lebih stabil. Sebagai perumpamaan, apabila pemanas suhu rusak, serta beberapa toko jual ikan telah tutup, suhu air dapat lebih stabil didalam akuarium yang besar.

3. Pelajari perihal siklus nitrogen didalam akuarium

4. Pelajari peralatan akuarium

5. Jika perlu belilah buku-buku perihal ikan hias.

6. Siapkan banyak area bersembunyi untuk ikan. area bersembunyi dapat jadi area pengungsian ikan serta dapat turunkan level stress ikan.

7. Beli test kit air akuarium untuk memonitor siklus nitrogen akuarium. anda bisa beli test kit untuk menguji kandungan amonia, nitrit, nitrat serta ph. anda juga mesti menguji air ledeng apabila memakai air pam.

8. Janganlah letakkan akuarium di dekat jendela. sinar matahari yang memasuki akuarium dapat mengakibatkan ledakan ganggang hijau. cahaya matahari segera akan mengakibatkan suhu air didalam akuarium meningkat.

9. Janganlah ikuti aturan 1 inci ikan per 1 galon air. Aturan yang tambah baik yaitu 1 inci ikan per 2-3 galon air. jumlah ikan sesuaikan dengan besarnya akuarium anda.

10. Kerjakan deklorinasi air ledeng sebelum saat dimasukkan ke didalam akuarium

11. beli filter akuarium yang mempunyai sebagian cartridge, hingga anda dapat ganti di antara apabila telah kotor.

12. Janganlah mencuci filter dengan air ledeng. pakai air didalam akuarium yang telah anda saring waktu ganti air ikan hias. klorin serta kloramin didalam air ledeng dapat membunuh bakteri pembasmi nitrit serta nitrat didalam filter.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.