Header Ads

Mewaspadai Penyakit Ulcer pada Koi

ulcer pada koi

Mewaspadai Penyakit Ulcer pada Koi (akuariumhias) -Ulcer atau borok ikan adalah penyakit yang sering didapati pada ikan hias terhitung ikan koi. ulcer dikarenakan oleh bakteri yang menyerang kulit koi sampai menyebabkan peradangan serta lantas jadi luka borok yang cukup didalam. Borok yang diakibatkan oleh ulcer ini dapat menyebabkan timbulnya infeksi sekunder dang serangan jamur di bagian yang luka. bila tidak segera diobati dapat dapat menyebabkan kematian pada koi. Bila ulcer telah menyerang sebanyak besar ikan didalam kolam dapat lebih sukar saat mengobatinya. tetapi penyakit ulcer ini relatif dapat sembuh dengan kesuksesan yang cukup tinggi.

Infeksi ulcer dikarenakan oleh bakteri dari golongan aeromonas, pseudomonas, myobaker, serta vibrio. bakteri penyebab ulcer mengeluarkan enzim yang dapat larut pada nutrisi jadi wujud yang dapat diserap oleh dinding sel hingga bakteri dapat memperoleh makanan. Enzim ini dapat mengakibatkan kerusakan jaringan serta membentuk borok pada ikan. bila ikan telah kehilangan banyak nutrisi dikarenakan ulcer ini maka daya tahan tubuh jadi alami penurunan, hingga makin rawan. sinyal tanda fisik ikan koi yang terkena ulcer yaitu ada luka yang hingga mengeluarkan nanah ( lendir berwarna putih ).

Penyebab ulcer yaitu lingkungan kolam yang jelek serta stress yang berlehihan pada ikan koi. dikarenakan itu tambah baik menghindar berlangsungnya ulcer dengan melindungi lingkungan air kolam senantiasa didalam kondisi yang baik.

Bila infeksi telah berlangsung, segera pisahkan ikan koi yang sakit dengan koi yang sehat pada bak karantina. bersihkan luka disebabkan ulcer dengan kapas atau media lain yang lembut, setelah itu bersihkan dengan disinfektan supaya infeksi tidak berkembang.

Sesudah perlakuan tersebut dikerjakan, ikan ditempatkan pada bak karantina dengan menambahkan garam ikan, suhu air yang hangat serta oksigen yang cukup. kerjakan penggantian air pada bak karantina lebih kurang 10-50% tiap-tiap hari supaya air senantiasa didalam kondisi baik. tiap-tiap penggantian air janganlah lupa menambah garam ikan. kerjakan pembersihan luka serta pemberia disinfektan dengan berkala bila luka betul-betul kronis.

Bila borok ulcer belum terlampau kronis serta tetap akan makan, dapat diberikan antibiotik melewati makanan. tetapi bila telah tidak ingin makan antibiotik mesti diberikan melewati penyuntikan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.