ikan kena jamur

Melanjutkan ulasan sebelumnya yang mengenai penyakit jamur pada ikan hias air tawar, maka yang perlu diketahui para hobiis ikan hias adalah jenis dari penyakit jamur itu sendiri dan bagaimana menuntaskannya.

Branchiomycosis

Branchiomyces demigrans atau gill rot ( busuk insang ) dikarenakan oleh jamur branchiomyces sanguinis and branchiomyces demigrans. spesies jamur ini umumnya didapati pada ikan yang alami stres lingkungan, seperti ph rendah ( 5.8 -6.5 ), kandungan oksigen rendah atau perkembangan algae yang berlebih didalam akuarium, branchiomyces sp. tumbuh pada temperatur 14 - 35 derajat celcius, perkembangan maksimal umumnya berlangsung pada selang suhu 25 - 31°c. penyebab utama infeksi umumnya yaitu spora jamur yang terbawa air serta kotoran pada dasar akuarium.

Sinyal tanda penyakit
Branchiomyces sanguinis serta b. demigrans biasanya menyerang insang ikan. Ikan yang terjangkit dapat tunjukkan gejala bernafas dengan tersengal-sengal dipermukaan air serta malas. insang terlihat mengeras serta berwarna pucat, terutama pada tempat yang terjangkit. Pengamatan di bawah mikroskop dapat amat menolong mengetahui serangan jamur ini. jika sisi jaringan yang diserang mati serta terlepas, maka spora jamur dapat turut terbebas serta masuk kedalam air hingga dapat sangat mungkin untuk menyerang ikan yang lain.

Pencegahan serta perawatan

Usaha pencegahan adalah langkah yang amat dianjurkan untuk mengontrol serangan jamur ini. pengelolaan lingkungan akuarium yang baik dapat menciptakan situasi yang tidak disukai oleh jamur tersebut untuk tumbuh.

Jika penyakit sudah terlanjur berjangkit, segera kerjakan isolasi. formalin serta copper sulfat diketahui bisa menghindar kematian disebabkan infekasi branchiomycosis. Akuarium yang terjangkit sebaiknya segera dikuras, serta dikeringkan dan lakukakan tindakan sterilisasi. Jika perihal ini menyerang ikan didalam kolam, keringkan kolam serta berikanlah perlakuan dengan kalsium oksida.

Icthyophonus
Icthyophonus dikarenakan oleh jamur icthyophonus hoferi. jamur ini tumbuh baik pada air tawar ataupun air asin ( laut ). Walau demikianlah, umumnya serangan jamur ini cuma dapat berlangsung pada air dingin 2 - 20 derajat celcius. Penyebaran icthyophonus berjalan melalu kista yang terbawa kotoran ikan atau disebabkan kanibalisme pada ikan yang terjangkit.
sinyal tanda penyakit

Sebaran penyakit umumnya berjalan melewati pencernaan, yakni melewati spora yang termakan. oleh dikarenakan itu, ikan yang diserang mudah hingga tengah umumnya tidak tunjukkan gejala penyakit. pada masalah serangan berat, kulit ikan terlihat beralih kasar seperti amplas. Perihal ini dikarenakan berlangsungnya infeksi di bagian bawah kulit serta jaringan otot. ikan bisa juga tunjukkan gejala pembengkokan tulang. Sisi didalam ikan dapat biasanya terlihat membengkak dibarengi dengan luka-luka berwarna kelabu-putih.
Pencegahan serta perawatan

Tak ada penyembuhan yang dapat dikerjakan pada penyakit ini, ikan umumnya dapat jadi carrier selama hidupnya. pencegahan yaitu hanya satu langkah untuk hindari serangan penyakit icthyophonus. pencegahan bisa dikerjakan dengan tidak berikan ikan mentah atau product ikan mentah pada ikan, jika bahwa pakan ini terbebas dari icthyophonus hoferi. Memasak terlebih dulu pakan tersebuti bisa menolong menyingkirkan jamur infektif yang terdapat. Jika icthyophonus ditemukan pada ikan anda, maka dianjurkan untuk segera memusnahkan ikan tersebut. setelah itu kerjakan sterilisasi pada akuarium yang berkaitan, terhitung filter serta peralatan yang lain. Jika perihal ini menyerang ikan didalam kolam, serta kolam mempunyai dasar pasir atau lumpur maka dapat dibutuhkan pengeringan kolam sepanjang berbulan-bulan untuk menyingkirkan jamur tersebut.

Anti jamur ( fungisida )

Beragam product anti jamur untuk akurium relatif banyak ditemukan di beberapa toko akuarium. biasanya product ini adalah product untuk penyembuhan dengan perlakuan perendaman didalam periode panjang. sebagian anti jamur tersebut juga bisa dipakai untuk menghindar serangan jamur pada telur ikan. sebagian anti jamur yang memiliki kandungan phenoxyethanold apat juga dipakai untuk menyembuhkan infeksi bakteri eksternal.

Metil biru adalah di antara bahan kimia yang umum dipakai sebagai anti jamur. disamping itu, garam juga diketahui efisien saat mengobati disebabkan serangan jamur. gentian violet diketahui amat menolong didalam menangani serangan jamur melewati penyembuhan lokal di tempat yang terinfeksi jamur mudah.

Pemakaian anti jamur sebagai kuratif teratur, atau sebagai profilaktik baiknya dihindarkan. pemakaian anti jamur didalam periode panjang serta dengan terus-terusan bisa menyebabkan dampak yang beresiko. olah dikarenakan itu, pemakaian anti jamur ini untuk perihal yang tak perlu atau perihal yang sesungguhnya bisa dihindari baiknya tidak dikerjakan.

Infeksi Jamur Pada Ikan Hias Air Tawar bag.2

Posting Komentar

 
Top