Header Ads

Tips Merawat Ikan Discus dalam Akuarium

ikan discus

Tips Merawat Ikan Discus dalam Akuarium (akuariumhias) -Sesudah kita memperoleh ikan yang cocok dengan apa yang kita kehendaki, ada kalanya waktu pertama kali discus dipindahkan ke area yang baru dengan pada suhu yg penting ( lebih dingin ), discus dapat amat kaget serta dampaknya yg pertama jelas penurunan nafsu makan maupun barangkali lebih rawan terkena penyakit. langkah menanganinya, dapat dipancing agar akan makan dengan langkah makanannya saya pegang saat berikan makan. umumnya sesudah 3-4 hari discus dapat kembali normal nafsu makannya.

Sebagian langkah yg bisa aplikasikan tiap-tiap dapat mengkondisikan discus ke suhu dingin yaitu :
  • Discus dibiasakan untuk akan makan dengan langkah pakan yg tetap dipegang. ini sekalian melatih mental discus supaya akrab dengan majikannya. pakannya umumnya berbentuk bloodworm atau cacing beku.
  • Umumnya discus dapat mulai mengetahui pakan didalam tangan sesudah 2-4hari. janganlah lakukan gerakan yg dapat mengagetkan discus. dikarenakan umumnya discus dapat jadi malas untuk makan ( stress ).
  • Pemakaian heater ( bila memakai ) mulai dikurangi intensitasnya. sebagai perumpamaan heater cuma dipakai sepanjang sangat lama 5 jam serta upayakan pemakaian heater cuma untuk kondisi spesifik saja, contohnya waktu hujan atau malam hari.
  • Step di atas memerlukan waktu aklimatisasi ( adaptasi ) 5-6hari.
  • Lantas discus mulai dibiasakan dengan intensitas sinar tinggi dengan bertahap. umumnya untuk jenis- type discus dengan warna yang solid ( marlboro, blue diamond, pigeon, rising sun, red melon dan lain-lain ) dapat timbul spot hitam yang biasa dimaksud pasir oleh hobies yg mulai nampak dari sisi kepala serta sirip. Ini dikarenakan mutu indukan yg memanglah telah mempunyai spot hitam pada mulanya atau juga dikarenakan pemakaian lampu dengan intensitas spektrum warna merah berlebih ( perumpamaannya lampu uv ). Bila discus anda mempunyai perihal demikianlah maka mutu diskus anda terhitung kurang bagus, dikarenakan apabila dikawinkan spot hitam itu dapat alami penurunan ke anaknya.Sesudah discus punya kebiasaan pada sinar terang serta tanpa heater maka dia dapat selanjutnya seperti itu.
ikan discus

Discus didalam aquascape

Disamping itu ada banyak hal yang butuh di perhatikan juga bahwa pada saat penyesuaian suhu, penyakit yg sangat umum menyerang yaitu white spot serta velvet (new discus disease). Bila ini berlangsung anda janganlah segera panik dengan pemakaian obat-obatan yg memiliki bahan kimia (bisa meyebabkan resistensi). Coba menangani dengan garam obat yg dilarutkan ( 50mg/10lt air ). 

Sesudah discus punya kebiasaan diberi pakan dengan tangan coba pemberian pakan burger. pada awal 3-4 hari discus dapat mogok makan, serta janganlah dikarenakan dia mogok makan lantas kita berikanlah pakan lain, namun paksa terus hingga dia akan, berikanlah sedikit untuk sedikit. lama- kelamaan dia tentu dapat akan juga ( ramuan burger bergantung selera kita ). Burger dapat amat merubah kecemerlangan warna discus. Menurut hasil tersebut, discus jadi tambah lebih sehat serta tidak gampang diserang penyakit, disamping itu daya tahannya juga tambah lebih unggul dari discus yg dipelihara dengan suhu standar.

ikan discus
Penyakit discus
Jika nyatanya ikan kita terkena penyakit white feces atau berak putih yang disebut di antara penyakit yang kerap menyerang discus ( penyakit ini ditularkan melewati air yang sudah terkontaminasi oleh sejenis telur parasit. discus yang terkena white feces umumnya dapat mengeluarkan kotoran berwarna putih ) maka di bawah ini langkah yang umumnya ( serta dapat ) dipakai untuk mengobatinya :
  • Karantina discus yang terkena white feces.
  • Larutkan 2 gr metronidazole / 100 liter.
  • Imbuhkan garam 1-2 sendok makan.
  • Gunakan heater 30 c.
  • Gunakan aerator.
  • Baiknya, tiap-tiap 8 jam ubah air 1/2nya serta imbuhkan metronidazole 1 gr. atau sekurang-kurangnya 24 jam.
Untuk type penyakit lain seperti penyakit cacing pita, bisa diobati dengan levamisol yang didapatkan melewati pakan. bintik putih ( white spot ) pada discus bisa diobati dengan langkah merendam discus memakai acriflavin dengan campuran 50ml acriflavin/22, 5 liter air. Untuk black spot ( pasir ), telah saya ulas di sini. sirip rusak bisa diobati dengan melarutkan clorampenicol 2 gr/100 liter air, kerjakan sepanjang 3-5 hari. paling akhir untuk velvet, ikannya memang warna badannya jd gelap/hitam, sirip fin-nya menguncup, senang menggesekkan tubuhnya ke benda di sekelilingnya serta umumnya ngumpul di sudut/mojok. umumnya bisa sembuh dengan langkah :
  • Karantina discus yang dianggap terkena velvet
  • Masukkan chlorampenicol 1, 5 gram+ acriflavine 20 ml + 1-2 garam ikan ke didalam tank diisi lebih kurang 100 liter untuk karantina.
  • Gunakan aerator yang agak besar.
  • Gunakan heater 30 c.
  • Bila airnya keruh putih di besok lusa, sifon. imbuhkan larutan sama seperti pada mulanya. kerjakan selanjutnya hingga discus tampak sehat ( umumnya 1 minggu ).
  • Kasih makan dikit saja ( puasa ).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.