Header Ads

Jenis Ikan Mas Koki



Jenis Ikan Mas Koki (akuariumhias) -Menurut riwayatnya, ikan maskoki adalah di antara ikan hasil domestikasi tertua didunia. ikan bernama latin catassius auratus mulai dipelihara di rumah-rumah pada zaman dinasti sung di china pada lebih kurang 960 masehi. lantas, mulai dikomersialkan pada dinasti ming pada 1368-1644 masehi.

Ikan maskoki lantas merambah ke jepang lebih kurang 1500 masehi serta masuk ke benua eropa lebih kurang dua abad lantas. di negeri matahari terbit, perubahan varietas maskoki makin cepat dari hasil perkawinan silang. dihasilkan varietas baru dengan wujud yang variatif seperti yang ada sekarang ini. ikan maskoki yang dihasilkan diantaranya berupa bulat, pendek, benjol-benjol, serta bersirip panjang.

Varietas ikan maskoki dari jepang tersebut lantas mempunyai nama latin catassius auratus var japonicus. dari jepang, ikan maskoki menyebar ke lokasi eropa ataupun amerika. lantas, jadi popular dikarenakan bisa didapati di beberapa toko ikan hias di semua dunia.

Beberapa jenis yang banyak digemari sekarang ini diantaranya :
  • ras bulldog ( mata tampak melotot )
  • spencer ( ada jambul di kepala serta sisik yang menarik )
  • mutiara ( banyak butiran daging disekujur tubuhnya hingga terlihat seperti mutiara yang melekat )
  • red head ( ada bintik merah dibagian kepala )
  • buble eyes ( mata kantong, dikarenakan terlihat gelembung besar di bagian kantung matanya )
  • veil tail ( dengan sirip punggung serta ekor yang agak panjang berumbai )
  • serta ada banyak lagi yang lain.
Tersebut dibawah ini varietas ikan maskoki sebagai unggulan sekarang ini :

1. Goldfish : ikan maskoki type ini wujud fisiknya tetap seperti ikan karper krusian serta belum banyak berlangsung pergantian, dengan warna dasar biru. namun, warna terbaik pada type ikan maskoki yaitu merah serta mantang tanpa warna perak sedikit lalu. goldfish memunyai ekor terbelah dua ( forked ). panjang keseluruhan ikan meraih 8 inci, aslinya datang dari china.

2. Fantail ( loochooo ) : ikan maskoki berekor kipas serta datang dari china. penduduk jepang menyebut ikan ini ryukin, dikarenakan masuk dari china melewati pulau ryukyu. ekornya bersirip kembar, memiliki bentuk mekar serta panjang, dengan sirip ekor melebihi panjang tubuhnya. panjang totalnya meraih 3, 5 inci.

3. Veintail : ikan maskoki berekor rumbai. kerap orang sukar membedakan pada ikan maskoki kipas serta maskoki rumbai. cara membedakannya, sirip ekor ikan maskoki rumbai panjang serta terbelah jadi dua ( kembar ). sirip ekornya amat panjang serta apalagi terlihat mengantung ke bawah, juga memunyai sirip punggung yang tinggi.

4. Teleskop : ikan maskoki dengan ciri khas matanya yang mencuat keluar, seolah-olah matanya menggunakan teleskop. perkawinan pada maskoki lionhead ranchu serta mas koki teleskop membuahkan ikan mas koki demerancu.

5. Oranda : ikan maskoki type ini mempunyai kepala serupa singa, tetapi memunyai sirip punggung. warna oranda yang populer yaitu tancho oranda yakni badannnya berwarna putih serta diatas kepalanya ada warna merah.

6. Lionhead : ikan maskoki yang memunyai kepala serupa kepala singa, tetapi tidak memiliki sirip punggung, sirip anal, serta sirip ekor pendek serta kaku.

7. Nirwana ( celestial ) : ikan maskoki dengan ciri khas wujud pupil matanya yang menghadap ke atas. dikarenakan wujud matanya yang demikianlah mengakibatkan ikan ini sukar memenangi persaingan pakan dengan ikan lain. oleh dikarenakan itu, ikan ini cuma pas dipelihara dengan varietas yang sama. ciri lain yaitu warnanya oranye metalik serta tidak memunyai sirip punggung.

8. Burik : ikan maskoki yang mempunyai warna beragam macam. varietas mas koki burik yang populer yaitu shubunkin bristol.

9. Komet : ikan maskoki yang ekornya yang berupa seperti garpu, memanjang, serta lebih panjang dari pada badannya. dikarenakan itu ekornya yang memanjang itu ia dimaksud komet.

10. Bubble eyes : ikan maskoki yang mempunyai mata normal, tetapi pelupuknya menggelembung seperti balon. gelembung ini mulai tumbuh sesudah ikan berusia tiga bln.. ciri yang lain yaitu ikan ini tidak memunyai sirip punggung.

ll. Sisik mutiara : ikan maskoki yang sisiknya seperti mutiara. warna itu nampak di permukaan kulit, bila diraba merasa berbintil.

12. Blackmoor : ikan maskoki dengan ciri warnanya yang hitam kelam. pada umur muda ikan ini berwarna coklat kemerahan. adapun ekornya seperti kipas serta matanya berkembang seperti maskoki teleskop.

13. Kaliko : cocok namanya ikan ini berwarna-warni, warna yang nampak umumnya kuning, hitam, merah, serta putih...

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.