Header Ads

Prinsip Dasar Perawatan Ikan Koi

ikan koi

Prinsip Dasar Perawatan Ikan Koi (akuariumhias) -Pada prinsipnya yaitu ikan mas biasa yang tergolong ikan hias air tawar biasa. Langkah pemeliharaannya tidak jauh lain. Namun, yang perlu diingat sebagai ikan hasil kawin silang, koi tidak mempunyai ketahanan tubuh sebagaimana induknya. Belum lagi tidak layaknya ikan mas, koi dipelihara bukan hanya untuk pembesaran namun untuk dipandang keindahannya. menurut tan peng long serta bolly prabanto, sekurang-kurangnya ada tiga perihal basic untuk jadikan ikan koi kita cantik serta sehat. di bawah ini tuturannya.

Mutu air. 
Sehat tidaknya air diantaranya ditentukan oleh tingkat ph, suhu, zat besi, serta amoniak. ph ideal pada 7-8 atau ph netral. bila ph-nya terlampau tinggi dengan kata lain terlampau basa maka warna hitam dapat makin jelas. Tentunya anda tidak ingin bila tiba - tiba ikan koi kesayangan terkena penyakit.

Zat besi yang terdapat didalam air kolam juga tidak bisa terlampau tinggi. itu dapat bikin warna koi yang paling disayangi kita kusam. suhu ideal air kolam yaitu 24 derajat celcius. oleh karenanya, yakinkan kolam senantiasa terkena cahaya matahari.

Perubahan air dengan teratur amat disarankan untuk menetralkan kandungan amoniak dari kotoran ikan. tiap-tiap hari kurang lebih 10 % dari jumlah air kolam baiknya diganti. perubahan ini tidak dapat merepotkan bila kolam kita telah dilengkapi sistem pengatur air. perbandingan volume air dengan besar serta jumlah ikan yang ideal juga butuh di perhatikan.

ikan koi bergerombol
Ada bermacam merk makanan koi yang beredar di pasaran baik lokal akan lalu impor. Makanan impor banyak dipakai oleh pehobi. Pilihan pada makanan impor juga sesuai dengan type koi yang dipelihara. namun, apabila mempunyai cukup waktu senggang, anda juga dapat meracik sendiri dengan nilai gizi yang tinggi. makanan koi umumnya terdiri dari tiga jenis : wheatgerm, spirulina, serta daily.

Wheatgerm - Spirulina
Dipakai untuk perkembangan ikan sekalian menajamkan warna putih. Spirulina untuk mencerahkan warna merah serta hitam, namun daily untuk keperluan teratur harian. untuk memperoleh hasil optimal baiknya pemberian makanan diatur. jangan sempat kita berikan makanan spirulina sepanjang berapakah bln. berturut-turut. warna koi dapat rusak serta beralih kuning. di antara pilihan pola pengaturan didalam 1 minggu yaitu tiga hari untuk spirulina, tiga hari untuk wheatgerm, 1 hari untuk daily. Pemberian makanan seringkali dengan porsi kecil jauh tambah baik dikarenakan usus koi pendek.

Penentuan bibit. 
Bibit ikan koi yang sangat baik sudah pasti yang asli dari jepang. namun tak perlu cemas. saat ini ini telah banyak toko serta peternakan koi yang jual bibit impor. terlebih beberapa dari mereka telah sukses menyilangkan dengan koi lokal. kualitasnya lalu tidak kalah dengan koi impor.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.