Header Ads

Karantina Ikan Koi

ikan koi sehat

Karantina Ikan Koi (akuariumhias) - Karantina ikan koi adalah langkah yang nyaris “WAJIB” untuk penghobis koi waktu menambah koleksi koi yang paling disayanginya. Karantina koi dikerjakan untuk isolasi ikan koi dengan koi-koi yang lain didalam tempat/kolam yang terpisah. Karantina umumnya dikerjakan jika ada ikan koi yang diserang penyakit atau ikan koi baru saja datang dari area lain. Ikan yang diserang penyakit dapat menularkan penyakit tersebut ke ikan koi yang lain, disamping itu ikan sakit dapat terganggu oleh kegiatan ikan sehat hingga butuh dikerjakan karantina. Dengan karantina ikan koi yang sakit lebih gampang dikerjakan penyembuhan bila penyembuhan digabung maka ikan sehat dapat turut “menikmati” obat untuk ikan sakit. 

Ikan yang baru saja kita beli tidak punya potensi membawa penyakit, walau dari penjual telah ada jaminan tidak berpenyakit terlampau beresiko bila ikan-ikan koi yang baru saja dibeli tersebut dicampurkan dengan ikan yang jelas telah sehat. Walau ikan dari penjual diklaim sehat, namun stress sepanjang pengangkutan juga punya potensi menyebabkan penyakit pada ikan koi. Pergantian suhu pada kolam asal, kantong pengangkutan serta kolam baru juga rawan menyebabkan stress pada ikan koi. ikan yang stress gampang diserang penyakit serta daya tahan tubuh alami penurunan. 

Karantina koi dikerjakan supaya ada penyesuaian pada lingkungan lama serta lingkungan baru, disamping itu supaya penyakit tidak menular pada ikan yang telah ada. bila di kolam belum ada ikan koi tidak masalah segera di masukkan ke didalam kolam, asal situasi air telah mature serta sesuai dengan kolam asal. 

Kolam karantina 
Mengingat pentingnya karantina ikan koi maka butuh disiapkan area untuk mengkarantina ikan koi. Area karantina dapat terbuat dari kolam semen, bak fiber atau media yang lain yang mempunyai kapasitas air lebih kurang 1000 liter air. Yang butuh di perhatikan janganlah mengkarantina ikan dengan jumlah yang terlampau banyak didalam bak tersebut. Cermati mutu air, perhatikan filternya, air mesti betul-betul mature, suhu air yang terjaga serta aerasi yang cukup. waktu karantina umumnya dikerjakan lebih kurang 3 minggu. 

Perihal yang butuh di perhatikan saat melakukan karantina koi yaitu seperti berikut : 
  1. Siapkan area karantina serta fasilitasnya dengan baik, contoh aerator, ukuran, filter dan sebagainya. hingga air betul-betul mature. 
  2. Ganti air sebagian dengan regular. 
  3. Monitor situasi air layaknya kandungan amonia serta nitrat. 
  4. Janganlah berikan makan terlalu berlebih 
  5. Amati tingkah laku koi, bila tunjukkan tanda-tanda tidak sehat segera periksa. 
  6. Sterilkan bak karantina sebelum saat diisi ikan koi baru. 
  7. Suhu air diupayakan stabil pada suhu lebih kurang 17,5 derajat celcius, pada karantina ikan sakit suhu air dinaikkan sampai di atas suhu 20 derajat celcius. 
  8. Pada karantina ikan sakit, beri garam ikan dengan konsentrasi 1 s/d 3kg per 1000 liter air serta elbayou ( atau merk lain ). ini bermanfaat untuk turunkan stress pada ikan koi. suhu diset sekitar 20 derajat celcius.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.