Header Ads

Memelihara Ikan Koi

ikan koi sehat

Memelihara Ikan Koi (akuariumhias) -Hobi memelihara ikan koi ?, Ikan koi adalah di antara type ikan hias air tawar yang banyak digemari. Ikan ini datang dari Jepang serta dikira sebagai ikan dewa. Di jepang, ikan ini dimaksud kai ( ikan berwarna ). Banyak versi perihal asal-usul koi. ada yang menyebutkan bahwa koi datang dari persia, lantas dibawa ke jepang oleh orang cina. Ikan koi masuk ke Indonesia pada 1980-an serta dibawa oleh seorang pengagum ikan bernama hany moniaga yang tinggal di cipanas, cianjur, jawa barat. lantas, ia bikin peternakan koi yang bernama leon serta leonny. Sejak waktu tersebut, ikan koi mulai popular di Indonesia.

ikan koi makan

Ikan koi terhitung type ikan yang gampang dipelihara serta berusia panjang. Makanannya juga tidak terlampau khusus, dikarenakan koi terhitung hewan omnivora. Makanan utama koi yaitu pellet, namun makanan yang lain yakni sayur-sayuran, jeruk, kangkung, serta buah-buahan, lebih utama lagi ada kandungan "Spirulina" Waktu ikuti kontes, ikan ini diberi makanan tambahan serta doping spesial untuk menguatkan warna tubuh koi pada saat karantina. 

Harga ikan koi berbagai macam, dimulai dari beberapa puluh ribu, jutaan, apalagi beberapa ratus juta ( koi juara kontes ). Makin seimbang pola warna tubuh koi (warna bisa dikuatkan dari makanan), maka harga nya dapat makin mahal. Biaya pemeliharaan koi cukup mahal dikarenakan sirkulasi air di kolam tidak bisa berhenti. Kolam ini mesti dibikin dengan ukuran spesifik dengan kedalaman sekurang-kurangnya 80 cm, panjang sekurang-kurangnya 1,5 mtr, serta lebar 1 mtr.. 

Pemeliharaan ikan ini tidak disarankan dipelihara didalam akuarium dikarenakan koi memerlukan area berenang yang luas serta didalam. Keelokan ikan koi terdapat pada punggungnya yang berwarna-warni. Bila dipelihara didalam akuarium, keindahan tubuh serta warnanya tidak bisa di nikmati dengan optimal. Bila kolam yang dibikin terlampau dangkal, tubuh ikan koi dapat terkena cahaya matahari terus-menerus. Cahaya ultraviolet mengakibatkan warna tubuh koi jadi pucat serta pertumbuhannya lalu dapat terhalang. 

Untuk menghindar ikan koi melompat ke daratan, kolam yang dibikin mesti memiliki tinggi sekurang-kurangnya 25 cm dari bibir kolam. Kolam juga mesti dilengkapi saluran pembuangan yang terdapat dibagian bawah kolam. Disamping itu, dibagian atas kolam dipasangi pipa untuk menyuplai air bersih yang telah diendapkan. 


Untuk melindungi kebersihan serta kelancaran pasokan air, dibutuhkan filter empat lapis. 
  • Filter pertama terdiri dari kerikil, ijuk, serta pasir. Filter ini berperan menyaring sampah serta lumpur yang ada di kolam. 
  • Filter ke-2 diisi karbon zeolit serta berperan menghilangkan racun, membunuh bibit penyakit, serta menghilangkan bau tidak enak. 
  • Filter ketiga berbentuk pestisida yang berperan tidak mematikan bakteri pengurai. 
  • Filter keempat berbentuk tanaman yang berperan mengikat kotoran. disamping itu, ph air mesti di perhatikan. derajat keasaman ( ph ) air yang ideal untuk perkembangan ikan koi yaitu 6,5 - 8,5. 
Didalam kolam juga dibutuhkan pompa untuk menyalurkan air sejumlah 25 liter per menit hingga air kolam tak perlu kerap dibersihkan. Perihal yang perlu kerap dikerjakan yaitu membersihkan filter serta bak filter lewat cara menyemprot filter dengan air bersih sepanjang 5-10 menit. 

Pakan berperan untuk membentuk tubuh ideal koi, membuahkan warna ikan yang cemerlang, serta mengobati ikan yang sakit. pakan untuk ikan koi mesti memiliki kandungan protein yang tinggi, layaknya gandum, tepung udang, tepung ikan, kacang kedelai, serta bungkil. 

Perkembangan ikan koi 
Perkembangan ikan ini di pengaruhi oleh temperatur air serta jumlah ikan didalam kolam. 
  • Temperatur air ikan koi dapat makan semakin banyak pada suhu diatas 20 derajat celcius. ikan koi yang belum dewasa umumnya dapat cepat pertumbuhannya pada suhu panas. Ikan koi dewasa umumnya beberapa besar makanannya dipakai untuk menghasilkan telur serta sperma. 
  • Mutu air perkembangan ikan koi amat di pengaruhi oleh mutu air. ikan koi yang hidup di kolam dengan mutu air jelek, nafsu makannya dapat hilang. 
  • Jumlah ikan didalam kolam bila jumlah ikan koi didalam kolam sedikit, tiap-tiap ikan koi dapat memperoleh jumlah makanan serta oksigen semakin banyak. 


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.