Header Ads

Memijahkan Ikan Koi


Memijahkan Ikan Koi (akuariumhias) -Kenapa koi baik demikian mahal ? jawabannya dikarenakan sistem seleksi untuk mendapatkan kualitas koi yang baik amat panjang serta rumit. Dari beberapa ribu anakan koi yang menetas cuma sebagian yang lolos seleksi dalam kelompok koi yang baik. Koi yang mencukupi aturan-aturan spesifik dalam penjurian. koi yang mempunyai spesifikasi standar koi yang baik amat jarang diantara beberapa ribu tosai ( anakan koi ). Koi yang masuk dalam pilihan yaitu koi yang terbaik. Sistem pemijahan koi ( breeding koi )dimulai memilih indukan koi yang baik, mentukan pasangan, setelah itu sistem pemijahan. sesudah sistem pemijahan koi membuahkan anakan koi setelah itu yaitu langkah untuk langkah sistem seleksi dalam beragam ukuran ikan koi. Sistem seleksi dapat membuahkan ikan koi dengan beragam kualitas. koi dengan kualitas terbaik dapat jadi mahal serta jadi pemenang di koi juara. koi yang tidak lolos seleksi jadi koi kualitas show dapat jadi koi kelas kolam ( pond quality ), ornamental quality apalagi kelas sayur.

 

Menentukan indukan koi.

Ikan koi dipilih sebagai induk bila betul-betul berumur yang cukup untuk dipijahkan. umur koi siap untuk dipijahkan lebih kurang dua tahun. idealnya koi betina mesti telah menggendong telur didalam perutnya sepanjang 6 sampai 9 bln.. Disamping itu indukan betina mesti mempunyai postur tubuh yang bagus, dikarenakan indukan betina dapat mempunyai peran yang sangat penting untuk wujud tubuh anakan koi. indukan betina juga idealnya mempunyai ukuran jumbo, lebih kurang 75 cm. indukan jantan mesti mempunyai kualitas kulit serta warna yang cemerlang. ukuran indukan koi jantan dapat lebih kecil dari betina. rasio jantan serta betina yaitu betina 2-3 jantan. Jumlah telur koi lebih kurang 100.000 per kilogram berat tubuhnya. saat koi betina mulai masak telur didalam rongga tubuh mereka dapat terlihat mulai membengkak di sekitar perutnya, bila ditekan perlahan dapat keluar telur-telurnya. pada indukan jantan bila ditekan pada perutnya dapat keluar cairan berwarna putih.

Sistem pemijahan koi

Ikan koi dapat berupaya untuk bertelur bila air dalam situasi hangat, suhu 20 c. koi betina dapat letakkan telur-telurnya pada rumput yang tenggelam di kolam koi atau tanaman gulma sejenis enceng gondok atau substrat buatan. bila tak ada gulma atau rumput yang terendam terendam dalam kolam, maka perlu menambahkan media buatan (kakaban), substrat yang terbuat dari sebagian tali rafia atau ijuk. menambahkan media ini dapat mendorong koi untuk mengeluarkan telurnya. 

Umumnya terbaik untuk memberikan media ini 1 minggu sebelum saat koi bertelur. koi betina dapat menyiapkan diri untuk bertelur pada media namun koi jantan dapat ikuti serta menutupi koi betina untuk membuahi telur yang dikeluarkan. Ikan koi betina terkadang dapat berhenti serta bersihkan segi kolam dalam usaha untuk bersihkan lokasi dimana ia dapat letakkan telurnya. Sepanjang waktu pemijahan diupayakan supaya kondisi lingkungan tenang serta baiknya meninggalkan ikan-ikan sepanjang sistem pemijahan.
 
Disamping itu yakinkan tak ada benda-benda beresiko serta tajam didalam kolam layaknya pot bunga, batu-batuan supaya tidak melukai ikan koi pada waktu pemijahan. berikan perangkat layaknya air mancur serta air terjun dapat menolong merangsang ikan koi mengeluarkan telur-telurnya. ikan betina anda dapat jalan melewati substrat pemijahan, menarik perhatian beberapa ikan jantan, yang dapat senantiasa ikuti pada jarak yang sedekat barangkali. sesudah sebagian waktu, ikan betina dapat letakkan telur ke dalam substrat serta ikan jantan dapat membuahinya. telur mesti dibuahi kurun waktu 20 detik dari waktu ditempatkan pada media, hingga ikan jantan mesti amat dekat serta siap demikian telur dikeluarkan. Sesudah mereka selesai bertelur, betina dapat menggantung kepala ke bawah, serta ikan lain dapat jadi kurang bersemangat. koi mesti segera dikeluarkan dari lokasi pemijahan dengan segera dikarenakan mereka dapat mengonsumsi telur-telur yang dikeluarkan.

Masa inkubasi serta menetas 

Sesudah sistem pemijahan selesai, indukan dipisahkan dari telur, telur-telur dalam masa inkubasi untuk menanti menetas. telur-telur yang telah dibuahi telur dapat menetas dalam 4-5 hari. Burayak koi dengan naluriah dapat melacak perlindungan serta bersembunyi di tiap-tiap penutup yang bisa mereka dapatkan. pada saat awal menetas ini burayak koi dapat makan dari cadangan makanan yang ada dalam telur setelah itu kita dapat berikan kuning telur rebus jadi untuk makanan untuk pertama. disamping itu dapat diberikan juga larva udang atau cacing sutera. cacing sutera merupakan makanan yang bagus serta bernilai tinggi untuk burayak koi.

Sesudah 1 minggu burayak koi dapat diberikan pellet yang berupa pasta atau sebuk-serbuk dari pelet ukuran besar. tak hanya diberi makanan dengan nutrisi tinggi perlu dikerjakan pembersihan kolam dari kotoran, burayak koi yang mati serta amoniak lewat cara menganti air beberapa dengan teratur. sesudah berumur 3 sampai 4 minggu burayak burayak koi dapat tumbuh dengan panjang lebih kurang 5-10 mm serta mulai membutuhkan area yang lebih luas. umumnya burayak pada umur ini dapat ditebar pada kolam lumpur ( mud pond ) atau bak dengan ukuran besar. mud pond merupakan area yang baik untuk perkembangan burayak, dikarenakan makanan alami melimpah ada pada kolam lumpur.
culling koi

Sesudah dipelihara didalam kolam lumpur, bak atau aqurium sepanjang lebih kurang tiga minggu, burayak ikan koi mulai sistem culling serta seleksi yang pertama, burayak berukuran jumbo dipisahkan dengan burayak dengan ukuran lebih kecil. perihal ini ditujukan agar burayak berukuran kecil tidak kalah berkompetisi memperebutkan makanan. dikarenakan koi berkwalitas bagus terkadang ada yang pertumbuhannya terlampau cepat. Ikan koi berukuran jumbo umumnya lebih agresif saat mengkonsumsi makanan. dengan ukuran burayak koi yang seimbang dalam satu kolam, tiap-tiap burayak diinginkan bisa tumbuh dengan maksimal.

Sesudah koi berukuran semakin besar serta mudah untuk dilihat warna serta polanya, mulai dikerjakan beragam seleksi yakni seleksi warna, seleksi wujud, serta seleksi pola warna. burayak dengan ukuran 2 sampai 5 cm telah dikerjakan seleksi warna. burayak koi yang diprediksikan mempunyai warna yang baik dapat dipilih namun burayak yang mempunyai warna yang kurang baik dapat disortir. hasil sortiran ini dimusnahkan sebagai makanan ikan lain atau ternak atau dipelihara jadikan sebagai ikan sayur.

Pada umur 45 hari burayak koi telah meraih ukuran 7-8 cm dikerjakan seleksi pola warna. pada umur ini pola warna lebih mudah untuk dilihat serta diseleksi. pada umur 70 hari sampai 90 hari burayak koi telah meraih lebih kurang 10 cm, warna serta pola ( pattern ) telah makin jelas hingga sistem seleksi jadi lebih mudah lagi. pada fase ini bisa diklasifikasikan koi dalam kelompok grade a, grade b dan sebagainya. burayak koi dengan kualitas punya potensi jadi super diberi makanan spesial yang berkwalitas tinggi digabungkan dengan makanan untuk color enhancher ( menambah kualitas warna ).

Dari beberapa ribu burayak yang menetas dari telur indukan koi berkwalitas cuma sebagian puluh saja yang dapat mempunyai potensi jadi kelas super hingga, harga koi dengan kualitas super amat mahal. walau demikian harga yang mahal sepadan dengan keindahan koi yang menakjubkan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.