Home » , » Sistem aerator kolam ikan koi

Sistem aerator kolam ikan koi

Written By Harri Akbar on Sabtu, 15 Juni 2013 | 05.21

Sistem aerator kolam koi

Sistem aerator kolam ikan koi (akuariumhias) -Oksigen terlarut dalam air kolam ikan koi bukan sekedar berguna untuk ikan koi sendiri namun juga berguna untuk mikroorganisme yang mengurai amonia jadi nitrit serta nitrate. Oksigen bisa didapatkan dengan alami ataupun dari aerator buatan yang dipasang pada filter atau kolam. bikin sistem aerator pada kolam ikan koi bukan sekedar berikan faedah dengan segera untuk ikan, namun juga menolong menangani kolam berwarna hijau. dengan menambahkan aerator pada kolam dapat menambah kejernihan warna air. ada beragam metode serta langkah yang dapat dikerjakan untuk menambah kandungan oksigen terlarut dalam air kolam, hingga keperluan oksigen untuk ikan tercukupi sesuai keperluan. 

Sebagian pendekatan sistem aerator pada kolam ikan 
Masih banyak langkah dikerjakan untuk bikin aerator pada kolam ikan koi, bila ukuran kolam besar pasti factor efisiensi daya serta faedah optimal jadi pertimbangan. sebagian sumber oksigen pada air kolam diantaranya dihasilkan oleh : 

1. Pergerakan air 
Oksigen dapat larut dalam air dengan baik pada kondisi air yang tambah energi tinggi ( contohnya mengalir, jatuh serta cascading ). Dalam lingkungan alami, aliran air dapat lebih energik layaknya aliran air gunung lebih tinggi ke dataran rendah. di alam sumber oksigen bisa didapatkan juga dari tanaman air, hingga pada kolam koi kerap dibikin veggie filter sebagai penambah oksigen. 

Di kolam ikan koi, air terjun bisa jadi fasilitas yang efisien untuk menambah kandungan oksigen terlarut. tetapi air terjun cuma dapat efisien mengaerasi sisi permukaan air serta tidak dapat menjangkau sisi basic kolam. 

2. Aerasi dengan sistem venturi 
Sistem aerator venturi dapat menambah kandungan udara dalam air sampai 65% volume. Metode ini sangat gampang diinstal melewati dinding kolam dari area filter akhir. Sesuatu venturi yaitu tabung hampa silinder dengan wujud yang unik dimana air dipompa. wujud yang unik ini kerap dikatakan sebagai kaca di mana diameter pintu masuk tabung mengecil ke diameter yang lebih kecil, serta selanjutnya kembali dengan diameter aslinya. 

Sistem aerator kolam koi

Sistem aerator venturi menggunakan prinsip bernoulli yang diaplikasikan pada venturi, yakni saat fluida mengalir dalam sisi pipa yang ketinggiannya nyaris sama. saat fluida melalui sisi pipa yang penampangnya kecil, maka laju fluida jadi tambah ( dari persamaan kontinuitas ). menurut prinsip bernoulli, tekanan fluida dibagian pipa yang sempit lebih kecil bila laju aliran fluida semakin besar. 

Langkah kerja aerator sistem venturi 

Pemakaian buluh venturi sebagai aerator banyak mempunyai keuntungan. buluh venturi tidak membutuhkan pompa eksternal untuk beroperasi. metode ini tidak menggunakan peralatan yang bergerak hingga memperpanjang umur penggunaan serta kurangi kemungkinan untuk rusak. 

Rangkaian tabung venturi umumnya terbuat dari plastik hingga tahan pada beberapa besar bahan kimia ( tidak korosif ) dan transparan hingga gampang untuk mengamati fenomena yang berlangsung. dikarenakan peralatannya cukup sederhana, cost pembuatan lalu jadi murah di banding dengan peralatan aerator yang lain. 

Tantangan dalam aplikasi sistem ini yaitu tehnik untuk membuahkan gelembung mikro serta nano yang luas permukaannya besar. luas permukaan gelembung yang besar sangat mungkin transfer ( difusi ) massa ke dalam cairan dengan efisien. 

3. Metode diffused aeration 

Ada beragam type diffusers aerator yang ada untuk pengagum ikan hias, dimulai dari airstone biasa sampai self-cleaning difusser. gelembung udara yang dihasilkan aerasi jenis ini disebarkan pada seluruh sisi air, ukuran gelembung udara yang halus dapat berikan luas permukaan transfer oksigen yang baik. 
sebagai perumpamaan, bila ukuran gelembung 1/ 4 inch direduksi jadi gelembung halus seperempat dari ukuran yang (1/16 inch ) luas permukaan meningkat dengan factor besar 16. 
Sistem aerator kolam koi

Aliran oksigen pada jenis difussed aerator 

Diffusers udara tradisional ( airstones ) saat ini dikira tidak efektif dikarenakan volume pasokan udara yang meningkat untuk menambah aerasi, ukuran gelembung juga meningkat hingga kurangi tingkat pertukaran gas. mereka juga rawan pada menyumbat serta menghambat atas, kurangi aliran udara cukup. 

Sesuatu diffuser karet relatif baru serta unik yang fleksibel ( dimaksud airdome ) saat ini ada yang sudah dengan spesial dikembangkan untuk mencukupi seluruh persyaratan yang dibutuhkan untuk pertukaran gas yang maksimal. tak hanya karakter fleksibel dari unit mempunyai karakter self-cleaningt yang menanggung efisiensi maksimal sepanjang pemakaian periode panjang. 

Memberikan oksigen pada air kolam koi dapat dibuktikan dapat menambah kualitas air serta kesehatan ikan. banyak langkah dapat dikerjakan untuk menambah do air. selamat menentukan metode yang sangat sesuai.

-->
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Ikan Hias | Akuarium Hias
Copyright © 2011. Akuarium Ikan Hias - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Akuarium Hias
Proudly powered by Blogger