Home » , » Mengatasi air kolam koi berwarna hijau

Mengatasi air kolam koi berwarna hijau

Written By Harri Akbar on Minggu, 09 Juni 2013 | 22.29

kolam ikan koi


Mengatasi air kolam koi berwarna hijau (akuariumhias) -Air hijau dalam kolam koi yaitu momok untuk pengemar koi, air yang berwarna hijau bukan sekedar bikin panorama di kolam tidak indah juga bikin koi tidak dapat di nikmati keindahannya. Masalah air kolam berwarna hijau atau green water amat biasa berlangsung serta dihadapi beberapa pengagum koi. Air kolam koi yang berwarna hijau dikarenakan oleh populasi dari ganggang hijau didalam kolam. Ganggang hijau merupakan jenis fitoplankton yang berukuran amat kecil dalam orde mikron yang hidup didalam air kolam koi. Sebagaimana tumbuhan yang lain ganggang mengkonsumsi ammonia untuk tumbuh serta berkembang, hingga ganggang dapat tumbuh dengan amat subur bila ada ammonia yang cukup didalam air. makin tinggi kandungan amonia di kolam koi dapat bikin kolam jadi cepat berwarna hijau.

Ammonia didalam kolam koi dihasilkan dari kotoran ikan koi, sisa makanan, hewan mati serta tumbuh-tumbuhan mati yang membusuk didalam kolam. umumnya perkembangan ganggang dapat berjalan dengan cepat pada waktu suhu didalam kolam mulai meningkat terlebih pada musim panas serta kemarau. Masalah air hijau di kolam koi tidak dapat diatasi gunakan filter mekanis dikarenakan ukuran ganggang yang amat kecil yang tidak sangat mungkin disaring.

Untuk menangani problem air hijau pada kolam koi butuh dicari karena utamanya. Ada sebagian situasi ideal yang sangat mungkin algae tumbuh serta berkembang dengan baik. 

kolam ikan koi

dikarenakan itu jalan keluar untuk menanganinya yaitu mengurangi atau menghilangkan kondidi-kondisi ideal ganggang tumbuh serta berkembang. situasi ideal untuk algae tumbuh cepat jumlahnya yaitu :

1. Suhu didalam kolam cukup hangat, algae tumbuh dengan baik di suhu air yang hangat. pada musim kemarau atau musim panas suhu air didalam kolam condong meningkat hingga sangat mungkin ganggang tumbuh dengan baik.

2. Cahaya matahari yang penuh didalam kolam, sebagaimana halnya tumbuhan lain di, algae membutuhkan cahaya matahari untuk lakukan fotosintesis. Pada kolam outdoor cahaya matahari dapat dengan penuh masuk ke dalam kolam hingga algae bisa tumbuh dengan baik.

3. Sisa makanan koi yang berlebih, sisa makanan ikan yang berlebih dapat membusuk serta membuahkan ammonia. amonia merupakan nutrisi yang baik untuk perkembangan ganggang.

4. Kotoran koi membuahkan amonia. kotorabn koi yang memiliki kandungan ammonia dapat bikin algae tumbuh dengan subur.

Bila beberapa atau total syarat tersebut terpenuhi, ganggang di kolam koi dapat tumbuh dengan baik serta air dapat jadi berwarna hijau. Dikarenakan itu kunci untuk bersihkan air hijau yaitu hilangkan atau meminimalkan situasi ideal untuk perkembangan mereka.

Untuk mengendalikan perkembangan algae di kolam ikan koi bisa dilakukann dengan langkah' seperti berikut ini :

1. Menaungi kolam koi

Kehangatan air serta ketersediaan sinar untuk fotosintesis di pengaruhi oleh cahaya matahari yang masuk ke dalam kolam koi. menaungi kolam dapat kurangi sinar matahari di kolam. bila sinar yang masuk menyusut maka perkembangan ganggang dapat terhalang menaungi kolam bisa dikerjakan memasang atap atau dengan menanam pohon di lebih kurang kolam. menanam pohon di lebih kurang kolam dapat bikin kolam kotor oleh daun-daunan yang terjatuh.

2. Buang seluruh kotoran yang membuahkan ammonia

Menghilangkan kotoran baik yang berbentuk fisik ataupun kimia. pembuangan ini dikerjakan memasang sistem filter kolam koi yang baik serta pas. sistem filter fisik menghilangkan beberapa besar bahan organik yang membusuk di kolam. filter kolam koi mesti mempunyai kapasitas tidak kurang dari 10% dari volume kolam koi, idealnya yaitu 30% volume kolam. air yang telah masuk ke dalam filter dikembalikan lagi ke dalam kolam dalam wujud yang telah bersih menggunakan pompa. pompa ini mesti dapat mengalirkan seluruh volume air kolam dalam satu jam/satu siklus putaran dalam satu jam. contohnya volume kolam yaitu 6000 liter, maka kekuatan pompa sebaiknya 6000 liter/jam serta volume filter 1800 liter.

Filter kolam koi umumnya mempunyai sebagian chamber, filter mekanis, filter biologis serta kimia. material yang tidak dapat di berbagi dengan filter mekanis difilter dengan filter biologi serta kimia. pada area filter biologis bakteri spesifik merubah amonia jadi nitrit ini, yang setelah itu dikonversi oleh bakteri lain ke nitrat. nitrat kurang beresiko dari pada ke-2, namun mereka kuat pupuk untuk seluruh tanaman didalam kolam, terhitung ganggang.

3. Memberikan tanaman pada area filter

Tanaman dapat mengkonsumsi amonia untuk kelangsungan hidupnya. memberikan tanaman air pada area filter dapat kurangi makanan untuk algae hingga tidak bisa tumbuh dengan baik.

4. Berikan zat water cleaner

Water cleaner menggunakan metode kimia untuk mengendalikan algae, water cleaner dapat membunuh algae atau menghalangi seluruh type ganggang yang ada dalam air. dikarenakan water cleaner merupakan zat racun, maka butuh waspada saat menggunakannya. dalam dosis yang terlalu berlebih akan meracuni ikan koi.

5. Memberikan carbon aktif serta batu zeolit

Karbon aktif bisa menyerap zat-zat kimia beresiko didalam kolam koi demikianlah juga dengan batu zeolite.

6. Memberikan lampu ultra violet

Sistem lampu ultraviolet yang dirancang untuk membunuh alga serta bikin mereka menggumpal, setelah itu algae yang telah mati bisa disaring dengan filter mekanis. lampu uv dengan efisien bisa menghilangkan air hijau di kolam koi kurun waktu singkat.

7. Ganti air dengan periodik.

Ganti air dengan periodik 10-30% dari volume air kolam dapat menolong kurangi kandungan amonia dalam air, bila dibutuhkan bisa dikerjakan tiap-tiap hari. bila tidak, anda dapat dikerjakan penggantian air kolam beberapa tiap-tiap minggu. janganlah ganti air kolam total, dikarenakan situasi air yang telah mature dapat kembali dari 0. ikan butuh beradaptasi lagi serta sistem filter biologis tidak bekerja dengan prima.

Langkah-cara tersebut merupakan sebagian alternatif yang dapat dipilih supaya bisa kurangi serta menghilangkan air hijau di kolam. pada prinsipnya air hijau didalam kolam koi bisa diatasi dengan sistem filter kolam yang baik serta mumpuni. Dikarenakan itu bila kolam koi berwarna hijau periksa sistem filternya, dari mulai rancangannya, volumenya, kapasitas pompa dan sebagainya.

-->
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Ikan Hias | Akuarium Hias
Copyright © 2011. Akuarium Ikan Hias - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Akuarium Hias
Proudly powered by Blogger