Home » , » Penyakit pada ikan arwana

Penyakit pada ikan arwana

Written By harri akbar on Jumat, 08 Maret 2013 | 06.43





Penyakit pada ikan arwana (akuariumhias) -Di antara efek membudidayakan ikan arwana yaitu mati dikarenakan penyakit layaknya redspot, jamur, gigit ekor, stress dan lain-lain. dibawah ini di jabarkan sebagian penyakit yang kerap terkena arwana tanda-tanda serta langkah penanggulangannya. 

1. Penyakit gigit ekor 
Sebelum saat menderita penyakit ini umumnya arwana dapat memberikan tingkah laku yang lain dari pada umumnya. arwana dapat terlihat gelisah dengan berenang hilir mudik ke sana kemari. sekian hari lantas sirip ekor dapat robek-robek selaputnya hingga serupa sisir serta yang tertinggal hanya jari-jari siripnya. tanda-tanda ini awalnya cuma kecil lantas dapat jadi tambah panjang serta sering beberapa dari jari sirip itu dapat hilang. 

Penyakit ini umumnya dikarenakan oleh sejenis parasit yang melekat pada ekor arwana serta mengakibatkan rasa gatal yang tidak tertahankan. arwana berupaya menanganinya dengan langkah berenang hilir mudik serta menggigiti ekornya hingga terlihat compang-camping. 

Penyembuhan penyakit ini tergolong mudah. pindahkan arwana ke didalam aquarium lain yang bersih ( steril ) serta telah berisi air yang mencukupi syarat. masukan lebih kurang 20 tetes obat tropical fish medicine serta biarlah arwana terus didalamnya sepanjang sekian hari. janganlah lupa bersihkan aquarium yang satunya supaya kedepannya arwana dapat tempati kembali tanpa cemas terjangkit lagi. 

2. Tutup insang melengkung 
Arwana yang mati dikarenakan penyakit insang kerap kita tengok tutup insang arwana melengkung keluar, hingga beberapa insangnya terlihat. arwana dengan situasi layaknya ini pasti tidak enak dilihat. ikan arwana yang satu ini mati dikarenakan penyakit insang, dengan tanda-tanda insang ikan beralih jadi hitam. 

Penyebab penyakit ini berbagai macam, yang pertama dikarenakan mutu air didalam aquarium yang tidak mencukupi standar terlebih suhunya. aquarium yang terlampau dingin atau tidak hangat dapat mendorong ikan arwana terkena penyakit ini. penyebab yang lain yaitu pemberian obat-obatan yang kelewat dosis, serangan sejenis bakteri, atau dikarenakan air didalam aquarium rendah kandungan oksigennya. perihal ini bisa diterangkan dikarenakan air yang memiliki kandungan oksigen yang rendah dapat llebih kerap bikin arwana buka serta menutup insangnya. gerakan itu kerap tidak prima. berarti sebelum saat tutup insang benar-benarmenutup, keburu di buka lagi untuk menghirup sedalam-dalamnya air untuk mencukupi tuntutan oksigen. dari gerakan yang tidak prima ini lantas tutup insang arwana terus terbuka serta tubuhnya tidak normal. 

Untuk mencegahnya supaya melindungi kandungan oksigen didalam air terus tinggi diatasi memberikan cukup aerasi pada aquarium. bila butuh aerator diganti dengan tenaga yang semakin besar. lantas tidak lupa melindungi total mutu air terus primasehingga terus layak dihuni oleh arwana. 

Pen-suply-an o2 murni 
Tehnik penyembuhan ikan arwana, di antaranya yaitu dengan menjepit ikan yang sakit di antara dua penjepit kaca di dalam ember, serta men-supply oksigen murni segera kearah insangnya. bila tutup insang yang melengkung ini belum terlampau kronis maka dapat diperbaiki dengan jalur lakukan operasi kecil pada pinggir tutup insangnya.

3. Mogok makan 
Penyakit pada ikan arwana (akuararwna yang mogok makan umumnya terus-terusan diberi kelabang hidup. mereka dapat enggan terima makanan lain, juga kelabang yang telah mati. bila telah layaknya ini maka puasakan arwana sepanjang lebih kurang 1 minggu janganlah diberi makan apa pun. lantas berilah makanan type lain contohnya jangkrik, kadal, kodok kecil, atau ikan kecil. apabila sesudah 1 minggu arwana belum juga akan makan baiknya seiakan ikan hidup saja dikarenakan tahan hidup. butuh di perhatikan supaya untuk melindungi arwana tidak juling baiknya dipilih ikan penghuni permukaan layaknya guppy. karena kita tak perlu cemas serta arwana dapat kembali layaknya awal mulanya. apabila cara itu tetap belum berikan hasil maka kita biarlah saja hingga arwana akan terima makanan. 

Alternatif yang lain yaitu memberikan sebutir obat hobbi fishes ke didalam 200 liter air yang kerap digunakan untuk area arwana bersemayam. obat berupa kapsul ini bermanfaat untuk mengobati stres serta beragam penyakit dan untuk merangsang nafsu makan arwana. pilihan paling akhir berikanlah kelabang 1 minggu sekali berselang seling dengan type makanan lain. 

4. Penyakit mata juling 
Penyakit ini timbul dikarenakan banyak perihal. terus-terusannya ikan arwana berburu ikan di basic atau pojok aquarium dikira sebagai di antara penyebab utama. pasti tidak terlalu berlebih bila ada anjuran untuk berikan makan arwana dengan yang mengapung saja. terus-terusan arwana lihat ikan kecil yang ada di bawahnya mengakibatkan otot matanya jadi tambah panjang. 

Mata yang melorot juga dapat dikarenakan dikarenakan arwana kurang memperoleh cahaya matahari yang cukup. ini barangkali dihubungkan dengan manfaat cahaya matahari pada perkembangan mata manusia. 

Untuk menyembuhkan mata juling dapat dikerjakan memindahkan arwana pada area yang lebih luas serta memperoleh cahaya matahari segera sembari diberi makanan yang terapung. area yang dipilih dapat berbentuk bak berbahan fiberglass atau bak semen. dengan cara itu maka 80% arwana dapat pulih. langkah yang lain yaitu dengan lakukan operasi kecil. 

5. Dubur ikan merah serta membengkak 
jika kita lihat dubur arwana berwarna merah serta membengkak jangan sempat mengira bahwa mereka tengah birahi. itu tandanya bahwa arwana tengah kesusahan, yang bisa berujung pada kematian. 

Dubur arwana memerah serta bengkak dikarenakan dikarenakan oleh pemberian makanan yang tidak bersih. mengakibatkan pencernaan ikan terganggu hingga arwana kesusahan mengeluarkan ekskresinya. 

Untuk mencegahnya maka makanan mesti dibersihkan sebelum saat diberikan pada arwana. apa pun type makanan hidup yang didapatkan baiknya dipuasakan dahulu sepanjang 1-2 hari. arwana yang menderita dubur merah serta bengkak bisaa diobati dengan amonium sulfat. 

6. Sisik berdiri 
Sisik berdiri serta terkadang ada beberapa yang membusuk umumnya dikarenakan dikarenakan oleh lingkungan yang kotor. penggantian air yang teratur bisa menghindari arwana dari penyakit ini. untuk arwana yang tengah dihinggapi penyakit ini bisa diberikan amonium sulfat sebagai obatnya. 
14px ; 

7. Tulang punggung bengkok 
Penyakit ini dapat dikarenakan banyak hal. pertama dikarenakan ada serangan bakteri yang masuk kedalam tubuh arwana hingga menyebabkan perkembangan punggung tidak normal. penyebab lain yaitu dikarenakan kekeliruan saat memberikan obat. penyebab paling akhir yaitu dikarenakan ukuran awuarium yang terlampau kecil. 

Untuk mencegahnya letakkan arwana ke didalam awuarium yang ukurannya cukup. jaga kebersihan aquarium supaya arwana tidak dijangkiti bakteri serta janganlah berikan obat yang salah. 

8. Ekor patah 
Sama layaknya penyakit tulang punggung bengkok penyakit ini dikarenakan dikarenakan ukuran aquarium yang terlampau sempit. disamping itu dapat dikarenakan dikarenakan penanganan yang kurang baik. contohnya pada saat dipindahkan arwana berontak atau waktu pertama kali dimasukan ke didalam aquarium mereka berenang kencang serta menubruk. dikarenakan pemicunya lebih karena factor tehnis maka penanganannya mesti hati-hati. 

9. Sungut tumbuh pendek 
Sungut arwana tidak tumbuh prima serta terlihat janggal dengan wujud badannya yang besar. arwana bersungut tidak imbang dapat berlangsung dikarenakan diletakkan didalam aquarium yang terlampau kecil. nyaris seirama dengan penyebab punggung bengkok, arwana bersungut pendek bisa dikarenakan oleh kekeliruan pemberian obat. 

Untuk memperoleh perkembangan sungut yang normal dapat dikerjakan membersihkan aquarium dengan teratur serta ganti airnya. janganlah lupa, letakkan arwana didalam aquarium yang sebanding dengan besar badan. 

10. Ekor serta sirip mengerut 
Ekor serta sirip yang mengerut dapat berlangsung apabila air didalam aquarium terlalu kotor atau suhu air yang terlampau rendah. penangan dengan kembali mengatur panas dengan menambah heater serta bersihkan aquarium. dapat juga diberi obat amonium sulfat secukupnya. 

11. Sungut menjorok ke bawah 
Arwana yang sehat mempunyai penampilan sungut ke depan. tetapi kerap arwana sungutnya lunglai, menjorok ke bawah. ini adalah tandanya arwana ada pada lingkungan yang tidak tentunya. untuk mengembalikan situasi arwana layaknya awal mulanya baiknya suhu serta kebersihan air aquarium lebih di perhatikan.
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Ikan Hias | Akuarium Hias
Copyright © 2011. Akuarium Ikan Hias - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Akuarium Hias
Proudly powered by Blogger