Home » , » Cara menjodohkan ikan discus

Cara menjodohkan ikan discus

Written By harri akbar on Jumat, 15 Maret 2013 | 23.06





Cara menjodohkan ikan discus (akuariumhias) - Para pehobiis ikan discus pasti sudah tau bagaimana susahnya merawat ikan ini, ikan ini sangat sensitive dan mudah stress, tetapi ane ada pengalaman yang bikin ane inget terus nih sampe sekarang walaupun ikan discusnya sekarang udah ane jual semua karena pindah kontrakan.

Ceritanya dulu dirumah ane punya koleksi discus red marlboro, bluediamond, leopard snake skin, serta golden pigeon. Tidak banyak sih namun lumayan dapat menghibur serta menyingkirkan stress dikarenakan duduk berjam2 didepan computer.. nah dikarenakan barangkali disimpan di satu akuarium tersebut maka berlangsunglah cinta lokasi pada betina bluediamond serta si jantan marlboro. Ciri-cinya tampak saat discus yang lain repot mencari makanan di sela2 peacock moss serta batu2 yang ditumbuhi riccia fluitans, ke-2 sejoli ini asyik mematuk matuk pipa paralon yang sengaja ane gunakan berdiri, yang nyatanya kedepannya berperan juga untuk tempelkan telur hasil pendekate si marlboro ke blue diamond. Kemudian untuk memuluskan percintaan mereka maka ke-2 sejoli itu saya pindahkan ke tank akuarium spesial pembiakan agar mereka bisa lebih romantis.

Hari pertama 
Ikan discus blue diamond  bertelur si blue betina berenang menengadah keatas sembari tempelkan telur2 nya di pipa pralon arah sejajar keatas, disusul si marlboro pejantan yang segera membuahinya dengan style yang sama menengadah sembari berenang keatas. sistem ini mengonsumsi waktu kira2 satu jam.


Hari kedua ( 24 jam sesudah dibuahi ) 
Dua sejoli ikan discus ini menungguin telor yang telah dibuahi sembari terus meniup serta mengipasi telur dengan siripnya. hingga step ini telur yang tidak dibuahi dapat terlihat berwarna putih susu serta mulai dibayangi jamur. sesaat telur yang dibuahi dapat terlihat bintik titik hitam 2 yang kedepannya rupanya itu yaitu mata si jabang bayinya.Agar telur yg tidak dibuahi yg sdh mulai membusuk serta berjamur tidak menularkan jamur ke telur yang sehat baiknya dimasukkan larutan methelyne blue yakni larutan membuat perlindungan telur agar tidak tertular jamur.

Ada teori dari buku ataupun dari mbah google bahwa jika didalam sistem telur hingga menetas baiknya pipa pralon ditutup dengan ram kawat untuk hindari telur dimakan induknya, namun untuk masalah dirumah sekalipun tidak digunakan teori itu, agar menetas sealamiah barangkali dikarenakan saya tetap meyakini jika telor2 itu yaitu buah cinta mereka, lantas gak barangkali dimakan… serta nyatanya memanglah tidak dimakan.


Hari ketiga ( 36 jam lantas ) 
Telur yang sdh dibuahi mulai menetas dengan ditandai timbulnya ekor2 kecil spt jarum yang bergerak gerak lincah melekat ditelur. si induk semakin motivasi menyongsong kelahiran jabang bayi dengan terus mengipasi serta meniup udara ke telur agar dapat lepas anakan ( burayak ) dari telurnya. hingga di sini pakan untuk indukan terus terus diberikan agar terus kenyang sembari melindungi anak2nya,namun janganlah lupa kotorannya mesti disifon/disedot agar terus bersih area bersalinnya.Hari kelima burayak/anakan diskus mulai terlepas dari telur namun tetap melekat di pipa pralon, sang induk dengan kasih sayang memindahkan anaknya ketempat yang lebih aman. umumnya ke pojokan aquarium agar dapat lebih tenang mengawasi anaknya yg telah mulai loncat loncatan. 

Hari keenam 
Anakan mulai dapat berenang serta mulai berenang berlarian dari pralon ke tubuh ke-2 induknya.. oiya.. induk janganlah dipisahkan agar dua2nya rasakan mengasuh anak.. agar dua2nya turut bertanggung jawab.. 

Hari ketujuh 
Anakan telah mulai melekat ditubuh ke-2 induknya bergantian untuk mengonsumsi lendir2 ditubuh induknya didalam per’diskus’an arti ini dimaksud menyusui.. dikarenakan burayak/anakan belum biasa mengonsumsi tak hanya lendir induknya. sistem ini dapat mengonsumsi waktu 10 hingga 20 hari. berhubung ke-2 induknya telah mulai berebut mengasuh anak dampaknya mereka bertengkar serta sebelum saat jatuh talak ke blue diamond maka si blue saya pindahkan ke akuarium lain agar dapat refresh dulu.

Serta pengasuhan burayak saat ini dipegang oleh pejantan marlboro hari kelima belas anakan sdh dapat makan sendiri serta telah mulai berenang dengan normal, serta wujud tubuhnya jg sdh mulai membulat. untuk step ini anakan/burayak telah dapat diberi pakan artemia atau dapat juga kutu air. dikarenakan telah dapat berenang serta makan sendiri lantas telah waktunya anak-anak discus ini dipisah dari induknya, agar sang induk dapat bercinta lagi…. 

Begitulah pengalaman ane jadi mak comblang percintaan si cantik blue diamond dengan si ganteng red marlboro.. sesungguhnya mudah mengembangbiakan discus, kuncinya yaitu air senantiasa situasi bersih tiap-tiap hari disedot / disifon kotorannya lantas ditambah air baru sejumlah kita menyedot air berserta kotoran tsb. air mesti didalam situasi hangat sekitar 32c, untuk meraih suhu segitu mesti dipasang penghangat heater. serta sudah pasti pencahayaan yang cukup dan pakan yang bermutu tinggi. okayyy ? ?.... selamat coba, semoga berguna !

-->
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Ikan Hias | Akuarium Hias
Copyright © 2011. Akuarium Ikan Hias - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Akuarium Hias
Proudly powered by Blogger