Home » , , » Jenis Ikan Arwana

Jenis Ikan Arwana

Written By Harri Akbar on Rabu, 20 Maret 2013 | 08.57

Jenis Ikan Arwana (akuariumhias) -Arwana terhitung ikan karnivor yang menempati habitat sungai serta danau berair tenang. kadang-kala juga ditemukan di riam yang berarus kuat. tempat pinggiran sungai yang ditumbuhi banyak pohon rimba dengan akar yang terjulur didalam air serta dedaunan yang rimbun di atasnya, jadi habitat favorit untuk arwana. habitat tersebut biasanya sediakan banyak makanan serta tempat perlindungan yang baik.

Sebagai predator spesial permukaan air, keluarga ikan arwana amat pintar melompat ke udara untuk mengejar mangsa yang terdiri dari serangga, reptil serta burung. arwana juga mempunyai kekuatan yang baik saat memperhitungkan posisi mangsa yang terdapat diatas permukaan air. Perihal ini tidak mudah, karena mesti mempertimbangkan sudut pandang yang “bergeser” akibat pembiasan sinar. tidak layaknya ikan biasanya, arwana cuma bernapas dengan langkah segera mengambil oksigen dari udara/permukaan air.

Seperti atlet loncat tinggi olimpiade, kekuatan meloncat arwana tidak tertandingi ikan air tawar manapun. arwana dapat melompat sampai 2 mtr. Di udara. apalagi, arwana dapat menangkap kelelawar besar yang terbang rendah di permukaan air. Kekuatan melompat arwana barangkali cuma bisa ditandingi oleh “jumper master” yang lain, yakni ikan salmon yang kembali ke hulu sungai untuk bertelur.

1. Arwana hijau/green arowana


Arwana hijau terhitung spesies arwana yang mempunyai tempat sebaran sangat luas di asia tenggara. type ini bisa ditemukan di Myanmar, Thailand, Vietnam, Kamboja, Malaysia serta Indonesia. arwana hijau mudah dikenali dari wujud tubuhnya yang lebar serta agak pendek.

2. Arwana perak/Indonesian silver arowana.


Arwana perak terhitung ikan endemik pulau kalimantan. beberapa hobiis serta penangkar arwana mengetahui spesies ini dengan sebutan red banjar. tubuh arwana perak biasanya memanjang dengan warna hijau gelap di bagian punggung. sisik nyaris semuanya berwarna perak agak gelap dengan cincin sisik berwarna hijau zaitun yang samar.

3. Arwana emas/red tail golden arowana
Arwana emas ( red tail golden ) cuma mempunyai tempat sebaran yang terbatas di pulau sumatera saja. type ini biasanya ditemukan di danau-danau/lahan basah gambut di lebih kurang sungai besar layaknya sungai siak di pekan baru, riau serta sungai batang hari di taman nasional berbak, propinsi jambi. arwana emas ini dikenal juga dengan nama indonesian golden arowana.

4. Arwana merah/super red arowana

Arwana merah atau super red arowana terhitung satwa endemik kalimantan barat yang dengan alami mempunyai tempat sebaran terbatas di hulu sungai kapuas serta di danau sentarum. arwana ini mudah dikenali dari warnanya yang merah cerah dimulai dari mulut, penutup insang sampai ekor

5. Arwana papua/jardini/northern.

Tak hanya sumatera serta kalimantan, ikan arwana juga bisa ditemukan di papua. ciri-ciri arwana papua sedikit tidak sama dengan arwana asia.Contohnya, jumlah baris sisik arwana papua semakin banyak yakni : lebih kurang 7-8 baris. ukuran sisik juga lebih kecil dari arwana yang berasal dari asia. Corak warna arwana papua bisa lebih kusam, dengan pola cincin melingkar layaknya bln. sabit pinggir'>di pinggir sisik berwarna hijau atau merah. Bila terkena sinar lampu dari sudut yang pas, sisik arwana papua dapat berkilauan amat indah layaknya mutiara. oleh dikarenakan itu, arwana papua kerap juga dikatakan sebagai arwana mutiara atau pearl arowana.

7. Arwana afrika/african

Arwana afrika adalah spesies arwana yang unik. wujud tubuhnya lebih serupa araipama dibanding dengan arwana biasanya. keunikan yang lain yaitu makanannya yang cuma berbentuk plankton. type ini tersebar nyaris di seluruh danau serta sungai besar Afrika.

8. Arwana perak/silver

 
Arwana perak yaitu type arwana yang sangat popular dari amerika selatan. tempat sebaran meliputi sungai rupununi, oyapock, amazon serta sungai di guyana. tubuh arwana perak biasanya pipih memanjang dengan sisik besar berwarna perak serta sirip punggung, sirip anal serta ekor terlihat menyatu di selama segi tubuh. wujud tubuh arwana ini sepintas serupa dengan ikan layur. panjang tubuh bisa meraih 90 m.

9. Arwana hitam/black 

Arwana hitam mempunyai bentuk tubuh yang hampir sama saja dengan arwana perak. waktu fase juvenil, tubuh arwana hitam didominasi oleh warna gelap ditambah corak kuning yang memanjang dari kepala hingga ekor. waktu panjang tubuh menggapai 15 cm, warna berangsur-angsur berpindah lantas abu abu perak hingga kebiruan dengan garis merah dan kuning di sepanjang sirip dan ekor. Hasil fenomena perubahan warna ini tidak banyak ditemukan pada arwana perak.

10.Arwana hibrida

Untuk menambah mutu warna dan menciptakan varian baru, sebagian penangkar arwana kerjakan kimpoi silang pada 2 spesies arwana berbeda. warna dari arwana hibrida hasil persilangan ini sangat unik dan eksotis yang didominasi oleh warna coklat gelap keemasan.

sumber : kaskus

-->
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Ikan Hias | Akuarium Hias
Copyright © 2011. Akuarium Ikan Hias - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Akuarium Hias
Proudly powered by Blogger