Header Ads

Ikan Orinoco Peacock Bass


Ikan Orinoco Peacock Bass (akuariumhias) -Adalah ikan family cichlid yang tersebar dimulai dari bantaran sungai amazon, rio negro, rio orinoco serta rio branco. sungai-sungai tersebut ada di venezuela, columbia serta brazil. didalam bhs lokal ikan ini kerap dikenal dengan nama borboleto, taua serta pavon. borboleto sendiri didalam bhs portugis bermakna “kupu-kupu”, perihal ini banyak membingungkan orang pada spesies ikan ini dengan butterfly peacock bass ( cichla ocellaris ). uicn tidak dulu lakukan investigasi pada seluruh spesies peacock bass, oleh dikarenakan itu ikan ini tidak ada didalam daftar merah serta hingga saat ini tak ada laporan yang menyebutkan bahwa ikan didalam situasi terancam.


Ikan orinoco peacock bass terhitung di antara dari lima belas spesies peacock bass yang sudah ditemukan. layaknya halnya ikan peacock bass yang lain, ikan ini memiliki range warna tubuh dari kuning keemasan hingga hijau keemasan yang tersebar di seluruh sisi tubuh. disamping itu, sisi bawah tubuh ( perut ) berwarna kemerahan serta sisi atas tubuh ( punggung ) berwarna kebiruan. ciri khas dari orinoco peacock bass adalah ada tiga pola yang amat jelas yang tersusun vertical di ke-2 segi tubuhnya. pola berupa cincin dengan sisi didalam berwarna hitam mencolok serta berwarna keperakan di bagian garis pinggirnya. kadang-kadang didalam pola tersebut ada pola-pola cincin keemasan yang lebih kecil. di bagian kepala ( pipi ) tidak ada marking gelap layaknya yang ada pada sepupunya cichla temensis. 


IkanOrinoco peacock bass beradaptasi dengan lingkungan berarus cepat embangkan tubuh yang licin dan sirip dada serta anal yang amat kuat. ikan yang memiliki persamaan kata nama latin cichla argus ini adalah ikan yang populer untuk beberapa pemancing, dikarenakan ikan ini memiliki kemampuan yang cukup besar waktu menangkap umpan. ikan dewasa bisa memiliki panjang tubuh lebih kurang 60 cm. rekor ikan yang dulu di bisa memiliki berat tubuh 6, 22 kg serta berlangsung di venezuela. terakhir ini, orinoco peacock bass juga mulai popular sebagai ikan aquarium dikarenakan keindahan warna tubuhnya. periode hidup ikan ini bervariatif yaitu lebih kurang 8-12 th..

Ikan orinoco peacock bass ditemukan hidup pada beragam situasi di habitat aslinya, mereka condong menempati perairan yang dangkal serta berarus tengah. tetapi bila lihat situasi habitat aslinya, ikan ini juga punya kebiasaan dengan perairan berarus cepat. lokasi yang biasa disukai ikan ini yaitu di lebih kurang garis pantai, kolam atau bendungan serta danau tepi'>di tepi laut. satu perihal yang menarik adalah ikan ini umumnya ada apabila di perairan tersebut ditemukan cichla temensis.

Untuk perawatan di akuarium, satu orinoco peacock bass kecil saja memerlukan tangki yang cukup besar. satu ikan dewasa sekurang-kurangnya memerlukan tangki dengan ukuran 8’x3’x3’. tangki yang lebih kecil dapat bikin ikan kekurangan area untuk bergerak serta mengakibatkan ikan tidak bertahan lama. dikarenakan ikan memerlukan banyak area, maka set up yang bagus hanya memasang sedikit ornamen. satu batang kayu besar atau tanaman air yang rindang direkomendasikan sebagai ornamen tangki. ikan ini memerlukan air berkwalitas baik yaitu dengan sedikit polutan serta kaya dapat kandungan oksigen. 

Sistem filtrasi baik dengan mekanis, kimiawi serta biologi sebaiknya kuat hingga menciptakan arus air yang cukup untuk bikin ikan lebih nyaman. disamping itu, filtrasi yang kuat juga mempunyai tujuan untuk bersihkan sisa makanan serta kotoran yang ada pada tangki. setting air pada tangki dengan suhu 27-290c, ph 5, 5-6, 5 serta kesadahan 5-150h.

Ikan Orinoco Peacock Bass memiliki cii-ciri yang agresif serta teritorial. oleh dikarenakan itu, amat tambah baik bila ikan ini dipelihara sendiri didalam tangki. bila ikan ini dipelihara dengan ikan lain maka ukuran tankmate yaitu perihal yang mutlak untuk di perhatikan. tankmate sebaiknya ikan besar layaknya cichlid, catfish, stingray serta arowana. tankmate yang berukuran lebih kecil dapat dimakan dikarenakan dapat dikira sebagai makanan. orinoco peacock bass dapat juga digabung dengan type peacock bass lain baik yang satu spesies ataupun lain spesies.

Ikan Orinoco Peacock Bass berbentuk karnivora (predator), di alam bebas dia dapat mengonsumsi beragam makanan yang ada di ekosistem mereka. makanannya condong binatang hidup layaknya ikan kecil, cacing, crustacea, serangga, kerang ( remis ) serta amfibi. untuk pemeliharaan didalam akuarium, penyediaan makanan mesti dikondisikan layaknya halnya di alam bebas yaitu berbentuk makanan hidup. penyediaan makanan hidup sebaiknya hati-hati mengingat makanan hidup lebih condong mudah membawa bibit penyakit. tak hanya makanan hidup, sebagian makanan komersial juga pas untuk ikan ini layaknya pellet, bloodworm, makanan beku serta yang lain.

sumber : za fish

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.