Home » » Tips membuat kolam terpal

Tips membuat kolam terpal

Written By harri akbar on Jumat, 01 Februari 2013 | 19.02

Tips membuat kolam terpal (akuariumhias). -Sesungguhnya amatlah simple karna cuma perlu terpal serta penyangga supaya terpalnya terus kokoh serta tidak rubuh. namun apakah langkah bikin kolam ikan terpal sekedar hanya menempatkan terpalnya saja ?, pasti tidak ! karna ada langkah'>cara-cara supaya kolam ikan terpal yang dibikin tak hanya berperan dengan baik juga tahan lama serta tidak bocor. adapun manfaat pemakaian kolam ikan terpal bermacam, tetapi pada umunya banyak dipakai untuk budidaya ikan lele sangkuriang atau ikan lele dumbo, namun ada juga yang menggunakan untuk beternak ikan hias, ikan nila serta lain sebagainya yang dapat hidup didalam kolam ikan terpal. 

Sebelum saat menjelaskan bikin kolam ikan terpal ada sebagian pengetahun serta panduan bikin kolam ikan terpal bisa berperan dengan baik serta tahan lama : 

Ukuran : 
bikin kolam terpal ikan lele ada beberpa type ukuran yang dapat dipilih, yakni ukuran ( p kali l kali t ) 4 kali 5 kali 1, 2 kali 3 kali 1, 4 kali 8 kali 1, 5 kali 2 kali 1, 5 m namun seluruhnya terus bergantung selera serta ukuran luas tempat kolam ikan terpal yang dapat dibikin. 

Rangka : 
Rangka kolam ikan terpal berbagai jenis bergantung biaya kolam atau type kolam yang dapat dibikin. ada yang menggunakan bambu, kayu glugu ( batang pohon kelapa ), rangka batako yang disusun sebagai penyangga terpal kolam serta rangka baja yang dilas atau diberi baut. namun untuk bikin kolam ikan terpal lele ataupun ikan hias yang dibenamkan didalam tanah maka tak perlu menggunakan penyangga karna segera disandarkan di dinding lubang tanah. 

Type : 
Saat membuat kolam ikan terpal dengan umum ada 2 type yakni, kolam terpal yang menggunakan rangka yang posisinya ada diatas permukaan tanah serta kolam terpal yang dibenamkan didalam tanah yang pada mulanya dibikin lubang. 

Beberapa bahan serta alat bikin kolam ikan terpal 
  1. Lokasi kolam yang terbuka
  2. Rangka kolam ( untuk kolam ikan terpal dipermukaan ) berbentuk kayu, bamboo, atau baja. 
  3. Pengikat rangka kolam terpal berbentuk, tali, paku atau baut. namun spesial untuk kolam ikan terpal yang disangga dengan batu batako maka cukup disusun layaknya menyusun batu merah untuk rumah dengna langkah selang seling pada sisinya. 
  4. Terpal kolam ikan yang ukurannya sesuai dengan luas kolam 
  5. Tali untuk mengikat ujung terpal supaya tidak turun ke didalam kolam ikan. untuk yang tahan lama baiknya menggunakan tali nilon atau tambang plastic, janganlah tali rapia. 
  6. Pipa lubang pembuangan pada pojok bawah terpal yang dapat dibikin dari potongan pipa atau dibeli segera di toko bangunan. 
  7. Sekam atau gabah yang sudah dibakar. ini spesial yang bikin kolam ikan terpal gurami. langkahnya ditaruh di bawah alas kolam terpal ( bukan hanya di basic kolam ) yang bermanfaat melindungi suhu air pada kolam pada malam hari. 
Beberapa langkah langkah bikin kolam ikan terpal 

Area untuk bikin kolam ikan terpal.

Saat membuat kolam ikan terpal baik yang dibenamkan atau yang diatas permukaan tanah, baiknya pada tanah area letakkan kolam terpal dibikin cerukan kecil ditengahnya, memanjang atau bulat. tak hanya sebagai area mengalirkan air pada waktu dikuras juga sebagai area berkumpulnya kotoran atau sisa makanan ikan, hingga mudah dibersihkan. tengok gambar perumpamaan ceruk kolam ikan terpal di samping ; 

Rangka untuk bikin kolam ikan terpal. 

Rangka yang dipakai macamnya pasti telah dipilih, lantas tinggal menjadikan satu saja hingga membentuk layaknya rangka kubus. antar pemakaian paku serta tali untuk mengikat bagian-bagian rangka kolam terpal maka saya merekomendasikan menggunakan tali saja untuk hindari sebeknya terpal karna tertusuk paku yang dapat mengakibatkan kerugian. namun untuk rangka yang menggunakan baja baiknya jalur masuk baut dari didalam ke luar janganlah sebaliknya karna dapat menyebabkan terpal kolam ikan bocor. serta bila lalu dibikin sebaliknya dari luar ke didalam, maka baiknya panjang baut mesti cocok. serta spesial untuk type kolam ikan terpal yang dibenamkan yang tidak menggunakan rangka, maka baiknya memeriksa dinding kolam jangan sempat ada benda tajam yang tertanam di tanah yang dapat mengakibatkan kolam bocor. 

Terpal saat membuat kolam ikan terpal. 
Pastikan terpal yang berkwalitas yakni terpal kolam yang tidak tipis serta tahan lama. anda dapat mencarinya di pasar-pasar tradisional. adapun langkah-cara pemasangan terpal kolam yaitu : 

Janganlah lupa bersihkan terlebih dulu terpal yang baru dibeli dengan berulang-ulang supaya zat kimianya hilang namun tanpa menggunakan sabun sekalipun. 

Pada waktu menempatkan terpal kolam pasti ada berlebihan dibagian sudutnya,

Langkahnya cukup hanya dilipat keluar ikuti wujud rangka, ingat janganlah dilipat kedalam karna dapat jadi area tumbuhnya bakteri. 

Ikat tiap-tiap segi kolam terpal gunakan tali nilon yang lebih kuat supaya tidak melorot. langkah mengikatnya baiknya diikat mati saja untuk hindari ikatan kolam lepas. 

Janganlah lupa pada waktu pengisian air, posisi serta kerapian terpal terus diawasi supaya tidak berubah atau barangkali ada yang belum rapi dapat dirapikan lagi.
-->
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Ikan Hias | Akuarium Hias
Copyright © 2011. Akuarium Ikan Hias - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Akuarium Hias
Proudly powered by Blogger