Home » » Ikan Buntal Air Tawar

Ikan Buntal Air Tawar

Written By harri akbar on Kamis, 14 Februari 2013 | 06.46

Ikan Buntal Air Tawar (akuariumhias) -Adalah di antara type ikan buntal yang hidup di air tawar. buntal ini yaitu ikan asli indonesia. tempat persebarannya tidak luas, cuma bisa ditemukan di sungai sambas, kalimantan barat serta kabupaten banyuasin, sumatera selatan.

Habitat yang kerap didiami oleh buntal ini yaitu pinggiran sungai yang ada banyak vegetasi terendam. ukuran buntal ini dapat disebut mungil, maksimalnya cuma bisa meraih 4, 5 cm saja. buntal mungil ini mempunyai wujud bulat lonjong dengan mata yang berwarna merah dan ekor yang berwarna kemerahan. tubuhnya berwarna belang hijau muda serta coklat kehijauan dengan sedikit nuansa warna kemerahan. kadang-kadang corak tubuhnya tersebut tidak teratur hingga warna belang hijau-coklatnya tidak terlihat. sisi perutnya mempunyai warna putih, bikin warna pada tubuhnya terlihat jadi kontras.
Ikan buntal ini sangat baik apabila dipelihara didalam akuarium yang ada banyak tanaman air atau aquascape. sebagai area perlindungan, imbuhkan akar atau cabang bogwood tak hanya untuk tambahan dekorasi. pemakaian tanaman air yang mengapung untuk menghambat sinar yang masuk terlalu berlebih juga amat dianjurkan. buntal mungil ini sangat baik dipelihara didalam situasi pencahayaan yang remang-remang atau redup. upayakan situasi sirkulasi air didalam akuarium dijaga terus pada situasi minimum.

Perubahan air dengan teratur adalah sesuatu kewajiban, dikarenakan buntal ini peka pada pergantian mutu air. dikarenakan ukurannya yang kecil, buntal ini bisa dipelihara didalam akuarium yang berukuran kecil, contohkan 45 kali 30 kali 30 cm atau berkapasitas 40 liter. situasi air yang diperlukan untuk pemeliharaan, ph 6-7 temperatur air 24-28°c. buntal ini bisa terima semua type pakan hidup layaknya kerang, siput, bloodworm atau juga bisa diberi pakan beku. siput adalah menu harus yang perlu diberikan dengan teratur untuk mengikis perkembangan giginya yang tajam. layaknya halnya type buntal yang lain, giginya ini jadi problem dikarenakan apabila giginya ini tidak dikikis selalu tumbuh ke bawah sampai gigi tersebut kepanjangan. apabila anda mempunyai aquascape, ikan ini bisa dipakai memangsa siput-siput yang mengakibatkan kerusakan tanaman air
Selanjutnya tentang penjual buntal mata merah ini. atau, sebagai pengganti bisa menggunakan dwarf puffer ( carinotetraodon travancoricus ) yang sesekali dijual di pasar ikan hias. tetapi, apabila dibanding dengan buntal ini, cii-ciri dwarf puffer lebih agresif. buntal mata merah ini pas untuk dipelihara didalam akuarium komune, tetapi waspadalah menentukan tankmates untuk buntal ini. 

Ciri-ciri basic ikan buntal ini yaitu teritorial serta condong senang menggigiti sirip ikan yang bergerak lambat serta bersirip panjang. tankmates yang pas untuk buntal ini yaitu ikan yang bisa bergerak cepat, keduanya sama berukuran kecil, serta tidak bersirip panjang, contohnya rasbora, danio, rainbowfish, atau corydoras. seandainya dipelihara berbarengan tankamates yang pas, buntal ini bisa hidup berdampingan dengan damai berbarengan type ikan yang lain. buntal ini dikenal amat teritorial pada macamnya sendiri, apabila pingin memeliharanya berpasangan perihal itu bisa diatasi dengan langkah berikan area persembunyian yang cukup.


-->
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Ikan Hias | Akuarium Hias
Copyright © 2011. Akuarium Ikan Hias - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Akuarium Hias
Proudly powered by Blogger