Header Ads

Budidaya Ikan Neon Tetra


Budidaya Ikan Neon Tetra (akuariumhias) -Beberapa pembudidaya (breeder) ikan hias neon tetra mengaku kewalahan hadapi keinginan ekspor. Di antara breeder di Sawangan, Depok, Jawa Barat, menyebutkan keinginan dari eksportir dapat ikan neon tetra itu dua juta ekor per bln.. tetapi, koperasi kami cuma dapat menghasilkan satu juta ekor per bln., kata seorang breeder

Pasar ekspor ikan bernama latin paracheirodon innesi ini terbuka di singapura, amerika serikat, serta eropa. tak hanya sebagai ikan hias, di eropa, ikan neon tetra ini di ambil zat warnanya untuk bahan kosmetika. kesempatan usaha makin manis lantaran baru indonesia serta china yang sukses membenihkan neon tetra.
Breeder itu menyebutkan anakan ikan berukuran 0, 8 cm yang berumur 40 hari dihargai Rp 150 per ekor. tengah harga neon tetra berukuran 3 cm meraih Rp 600 per ekor. kapasitas breeding neon tetra miliknya berkisar 120. 000-200. 000 ekor 1 bulan.


Breeder itu mengaku telah 10 th. membudidayakan neon tetra. dia tertarik ikan ini dikarenakan keinginannya tidak dulu surut. sejak awal budidaya hingga saat ini, harga ikan ini juga stabil. bila harga ikan kardinal tetra itu dapat naik turun berulang-kali lipat, tuturnya.
Beberapa jenis ikan tetra populer cukup indah. berbagai macam type ikan hias tetra yang dikenal di Indonesia layaknya green tetra, blue tetra, silver tetra, neon tetra & banyak lagi yang lain. pada catatan ini diketengahkan type neon tetra yang datang dari sungai amazon Amerika, serta sudah berkembang biak di indonesia. neon tetra ( hyphessobryconnesi ), ikan hias ini terhitung ke didalam grup ikan hias yang sangat menarik.

Tubuhnya berjalur merah serta biru hijau selama tubuhnya dari insang hingga ekornya. didalam budidaya ikan hias ini mudah dipelihara, kuat serta tidak mudah sakit/mati.

Langkah membiakkan
Langkah membiakkan ikan type ini tetap cukup sukar serta membutuhkan ketekunan dan pengalaman yang lama. adapun untuk membiakan & budidaya ikan hias ini dibutuhkan kriteria spesifik diantaranya :

* air mesti steril serta berbentuk asam ( ph lebih kecil dari 6, 4 )
* suka pada area yang gelap.
* suhu lebih kurang 20°c

Langkah membedakan jantan serta betina yaitu seperti berikut :
* jantan : garis tubuh pada type tetra neon lurus, wujud agak panjang.
* betina : bulat pendek serta perut membesar, garis tubuh pada neon tetra agak bengkok.

Langkah membiakkannya :
  1. Pisahkan induk-induk neon tetra.
  2. Air hujan ditampung serta didiamkan hingga + 2 minggu.
  3. Area yang dipergunakan untuk membiakkan, ikan tersebut dibersihkan ter lebih dahulu serta dicuci dengan tawas.
  4. Masukkan air hujan tersebut ke didalam area pemijahan.
  5. Tetesi dengan air rendaman kayu asam.
  6. Didiamkan 2 ~ 3 hari.
  7. Masukkan tanaman atau daun-daunan untuk letakkan telur neon tetra tersebut.
  8. Masukkan induk tetra yang sudah dipisahkan terlebih dulu.
  9. Tutuplah area tersebut serta berilah lubang sinar sedikit supaya agar bisa lihat gerak-gerik ikan tersebut.
  10. Bila tampak jantan serta betina saling berkejar-kejaran, maka + 3 hari lantas telah tampak telur-telur yang melekat pada daun atau akar yang sudah disiapkan.
  11. Pindahkan induknya serta ditutup dengan kain hitam sampai tak ada sinar yang masuk.
  12. Sepanjang + 3 hari telur neon tetra tersebut menetas.
  13. Anak ikan ini bisa diberi makanan infusoria yaitu bakteri pembusuk pada daun kubis/kol yang dibusukkan setetes untuk tetes. anda dapat membelinya di toko ikan hias ataupun area jual ikan hias.
  14. Sesudah + 2 - 3 minggu penutup telah bisa di buka kembali.
  15. Lantas dapat tampak anak-anak ikan tetra.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.