Home » » Ikan Rainbow

Ikan Rainbow

Written By Harri Akbar on Selasa, 26 Februari 2013 | 06.43


Ikan Rainbow (akuariumhias) -Ikan hias rainbow berasal dari Papua. Ikan type ini cantik serta eksotik. Bila anda mempunyai hobi memelihara serta membudidayakan ikan hias, rainbow atau ikan pelangi bisa juga jadikan alternative pilihan.

Tidak hanya cantik, eksotis serta ramah, ikan hias air tawar yang banyak ditemukan di perairan lokasi Papua ini juga mudah dipelihara serta dibudidayakan. rainbow terdiri dari beragam type, diantaranya : rainbow merah ( glossolepis incisus ), rainbow bosemani, rainbow threadfin, rainbow neon, rainbow frukata, rainbow celebes serta rainbow gertrude. rainbow merah datang dari danau sentani serta sebagian pulau yang lain di lokasi papua serta negara tetangga Papua nugini. rainbow merah pertama kali ditemukan weber pada 1908. type ini mempunyai ciri-ciri pendamai serta amat pas untuk aquascaping. 


Untuk membedakan pada jantan serta betina dengan langkah lihat warna sisik atau tubuhnya. jantan warna merahnya tampak lebih terang, tengah betina condong kuning pucat serta sirip yang transparan. ciri khasnya, Badan separo biru serta separo kuning kemerahan. Ikan rainbow boesemani jantan warna sirip atas serta bawahnya lebih panjang serta warna merahnya lebih menonjol di banding yang betina. Ikan rainbow threadfin di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan iriatherina. warnanya indah, postur tubuh pipih serta sirip atas-bawah berfilamen panjang. mulutnya berupa tabung serta kecil. 

Dikarenakan itu pakan yang didapatkan juga berukuran kecil, layaknya flakes yang sudah diremas halus atau cacing kering yang diremuk kecil-kecil. iriatherina jantan bersirip filamen lebih panjang serta memiliki ukuran tubuh yang semakin besar. rainbow neon tidak jauh tidak sama dengan rainbow boesemani. untuk yang jantan sirip atas serta bawahnya lebih panjang, serta lebih warna merahnya lebih jelas daripada betina. type ini berukuran sangat kecil dibanding type ikan rainbow yang lain. oleh karena itu ikan ini juga dijuluki dwarf rainbow dengan kata lain kerdil. rainbow frukata satu keluarga dengan rainbow celebes ( telmatherina rainbowfish ), condong berenang mendekati permukaan, serta gerakannya agak pelan. frukata jantan memiliki sirip atas serta bawah lebih panjang serta melebar dengan warna yang lebih kentara dibanding betina. rainbow gertrudae terhitung famili psudomugil yang juga dikategorikan sebagai rainbowfish. type ini memiliki susunan serta wujud sirip yang cantik, warna tubuh kuning menyala dihiasi bintik-bintik hitam serta matanya berwarna biru. 


Dikarenakan itu type ini dimaksud spotted blue-eye rainbow. sekilas gertrudae ini serupa rainbow celebes, bedanya cuma pada warna lingkaran mata, warna sirip, dan gerakannya. langkah membudidayakan ikan hias type rainbow ini amat mudah dibudidayakan. ikan ini umumnya bertelur pada tanaman yang tumbuh di air yang bersih, layaknya lumut atau yang lain. namun, untuk membudidayakannya, habitatnya yang sebenarnya ini bisa diganti dengan tali raffia yang diracik halus dimasukkan ke kolam. ikan ini bertelur saat pagi hari, serta baru menetas sesudah melewati pengeraman sepanjang tujuh hari. burayak ( anak yang baru menetas ) lantas dipisahkan dari induknya, serta diberi pakan yang cocok dengan keperluan burayak. sesudah burayak besar serta berukuran 3-5 cm baiknya diindahkan ke akuarium, supaya terhindar dari penyakit. 

Hanya saja bila di masukkan ke akuarium perubahannya lebih lambat daripada di kolam, namun di kolam amat rawan penyakit. satu ikan terkena penyakit, ikan yang lain dapat tertular. satu perihal yang mutlak di perhatikan saat membudidayakan ikan hias ini butuh dijaga supaya kandungan garam didalam air ( gh ) 18-25 dengan ph 7-7. 5 ( netral atau sedikit alkaline ).

-->
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Ikan Hias | Akuarium Hias
Copyright © 2011. Akuarium Ikan Hias - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Akuarium Hias
Proudly powered by Blogger