Home » , » Biofilter Kolam Ikan

Biofilter Kolam Ikan

Written By Harri Akbar on Senin, 18 Februari 2013 | 09.04

Biofilter Kolam Ikan (akuariumhias) -Biofilter itu sisi dari sistem perlakuan ( treatment ) pada air dengan biologis ( maka dari itu pakai kata bio ), di mana sistem yg lain menggunakan langkah fisika serta kimiawi. nah pada kali ini kita dapat konsentrasi ke sistem biofilter.

 

 Kenapa perlu biofilter ?
Kita perlu biofilter dikarenakan dengan sarkastik ( kasar ) saya dapat katakan kita tidak ingin ikan kita mati dikarenakan mutu air yang buruk di sistem resirkulasi. titik. garis bawah. tidak ada alesan yang lain... hehehe... hayo pada ngaku, ujung2nya tentu ke sana kan ? hihi.. intinya sih kita pingin nurunin konsentrasi amoniak di air outlet sebelum saat masuk lagi sebagai inlet. kenapa ? dikarenakan amoniak berbentuk racun untuk ikan, dengan umum di atas 1 ppm ( mg/l ) telah membahayakan ikan.

Kapan perlu biofilter :
kita perlu waktu kita pingin berikan perlakuan ke air outlet ( dapat lantas lantas inlet lagi ) agar mutu airnya layak untuk pemeliharaan ikan pada sistem resirkulasi. bila waktu kita gunakan sistem air mengalir, maka keperluan biofilter ini jadi tidak demikian mutlak. jika mutu air inletnya yang jelek, hingga butuh dikerjakan biofiltrasi atau apalagi juga sistem filtrasi yang lain sebelum saat lantas bertindak sebagai air pemeliharaan.

Di mana biofilter :
Biofilter ditempatkan untuk terima air buangan pemeliharaan ikan serta sesudah melewati sistem di biofilter, air itu dapat kembali masuk ke wadah pemeliharaan ikan ( sistem resirkulasi )

Bagaimana biofilter itu?
Biofilter itu senantiasa mempunyai biofilter media, air masuk, wadah/tempat ( terkadang dimaksud bioreactor ) beserta inlet serta outletnya. di antara saja tidak ada, maka tak lagi dapat berperan. telah satu paket sebagai sistem. biofilter media berikan area yang dibutuhkan bakteri nitrifikasi ( pemakan amoniak ) untuk melekat, maka semakin banyak area yang dapat ditempeli bakteri, maka semakin baik type biofilter medianya. hingga saat ini, pasir yaitu biofilter media yg mempunyai specific surface area yang sangat besar.

Rencana biofilter yang baik serta benar dengan ideal yaitu :
  1. High ammonia removal rate : kekuatan menyerap kandungan amoniak yg tinggi, semakin tinggi maka semakin oke performanya
  2. High ssa : terkait dengan penghematan area serta volume biofilter
  3. Low energy and low biaya : semakin irit daya serta semakin tidak menguras kantong serta dompet maka semakin baik
  4. High durability : semakin tahan lama maka semakin baik
  5. Inert : bahan media biofilter tidak atau amat sukar beralih bentuknya
  6. Non toxic : bahan medianya tidak memiliki kandungan bahan beracun, terutama untuk ikan
  7. Easy to be applied : semakin mudah diterapkan di lapangan oleh beberapa orang, maka semakin bai.

sumber : kaskus
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Ikan Hias | Akuarium Hias
Copyright © 2011. Akuarium Ikan Hias - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Akuarium Hias
Proudly powered by Blogger