Budidaya Ikan Mas Koki Mutiara

Budidaya Ikan Mas Koki Mutiara | Akuarium Hias - Ikan koki mutiara adalah type ikan mas yang memiliki badan bulat dengan kepala kecil serta ekor lebar. Ikan ini datang dari daratan Cina, tetapi di Indonesia telah lama bisa dibudidayakan. Pemasaran ikan ini selain didalam negeri juga adalah type ikan yang di eksport serta harganya pun cukup tinggi.

Pemijahan

Penentuan induk
Induk yang baik untuk dipijahkan telah berusia + 8 bln., dengan ukuran minimal sebesar telur itik. Tentukan induk yang berkepala kecil dengan badan bulat, sisik utuh serta tersusun rapi. Bila ikan tengah bergerak, ekor serta sirip bakal terlihat tegak.
Untuk memperoleh keturunan yang berwarna, jadi calon induk yang bakal dipijahkan berwarna polos. Pakai induk jantan berwarna putih serta betina berwarna hitam atau hijau lumut atau demikian sebaliknya.

Cara Membedakan Pejantan dan Betina Mas Koki Mutiara :

Induk Pejantan :
  • Pada sirip dada ada bintik-bintik bulat menonjol apabila diraba terasa kasar.
  • Induk yang sudah siap kawin bila diurut pelan kerarah lubang genital bakal keluar cairan berwarna putih
Induk Betina :
  • Pada sirip dada ada bintik-bintik serta terasa halus bila diraba.
  • Bila diurut, keluar cairan kuning bening. Pada induk yang sudah siap kawin, perut terasa lembek serta lubang genital kemerah-merahan.
Langkah pemijahan
  • Bak/aquarium yang sudah bersih berisi air yang sudah diendapkan + 24 jam, lalu tempatkan eceng gondok untuk menempelkan telurnya.
  • Pastikan induk yang sudah siap kawin dan matang gonad, masukkan kedalam bak pada sore hari. Apabila penentuan induk dikerjakan dengan jeli, umumnya esok harinya telur telah melekat pada akar eceng gondok.
  • Lantaran telur tak perlu dierami, induk bisa selekasnya dipindahkan ke kolam penampungan induk, untuk menanti hingga saat pemijahan erikutnya. Bila perawatannya baik, jadi 3 ~ 4 minggu lalu induk telah bisa dipijahkan kembali.
Budidaya Ikan Mas Koki Mutiara
ikan mas koki siap jual

Pemeliharaan Benih

Sesudah 2 ~ 3 hari telur bakal menetas, hingga berusia 2 ~ 3 hari benih belum di beri makan, lantaran masih tetap memiliki persediaan makanan pada yolk sac-nya (kuning telur).

Pada hari ke 3 ~ 4 benih telah bisa di beri makanan kutu air yang sudah disaring. Sesudah berusia + 15 hari benih mulai dicoba di beri cacing rambut disamping masih tetap di beri kutu air, hingga benih keseluruhannya dapat mengonsumsi cacing rambut baru kemudian pemberian kutu air dapat dihentikan.

Untuk telur yang ditetaskan di aquarium jadi sebaiknya sesudah benih berusia + 1 minggu dipindahkan ke bak/kolam yang lebih luas.

Ketinggian air dalam bak 10 ~ 15 cm dengan perubahan air 5 ~ 7 hari sekali. Tiap-tiap perubahan air pakai air yang sudah diendapkan lebih dulu.

Untuk hindari cahaya matahari yang terlampau terik dibutuhkan sebagian tanaman pelindung berbentuk eceng gondok. Sepasang induk bisa membuahkan telur 2. 000 s/d 3. 000 butir untuk sekali pemijahan.

Pembesaran

Pembesaran ikan dikerjakan sesudah benih berusia sekitar lebih 1 bln. Benih jenis koki mutiara ini  membutuhkan banyak cahaya matahari, karenanya tanaman eceng gondok bisa dikurangi.

Untuk step pertama pembesaran bisa ditebar + 1. 000 ekor ikan dalam bak memiliki ukuran 1, 5 x 2 m. Lalu penjarangan bisa dikerjakan tiap-tiap 2 minggu.

Pergantian air bisa dikerjakan 3 ~ 5 hari sekali, dengan juga air yang sudah diendapkan.
 
Makanan yang didapatkan berbentuk cacing rambut. Makanan diberikan saat pagi hari dengan cara adlibitum (seperlunya). Bila pada sore hari makanan masih tetap tersisa, selekasnya diangkat/dibikin bersih.

Sesudah berusia 4 bln. ikan telah adalah calon induk. Karenanya jantan serta betina selekasnya dipisahkan hingga berusia 8 bln. yang sudah siap dipijahkan. Untuk induk ikan baiknya makanan yang didapatkan yakni berbentuk jentik nyamuk (cuk).
 
Ikan mas koki mutiara memiliki nilai ekonimis tinggi. Untuk benih berusia 1 bln. harga nya sekitar Rp. 30, - s/d Rp. 50, - sedang sepasang induk sekitar Rp. 5. 000, - s/d 10. 000, -. Lewat cara pemeliharaan yang pas dibarengi ketekunan bisa diinginkan pendapatan yang lumayan.

Posting Komentar

 
Top